#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Luka Doncic Samai Torehan King James
20 November 2019 13:15 WIB
DALLAS – Penampilan gemilang konsisten diperlihatkan Luka Doncic pada fase-fase awal kariernya di NBA. Saking hebatnya, pemain asal Slovenia tersebut kerap dibandingkan dengan megabintang Los Angeles (LA) Lakers, LeBron James, pada dekade 2000-an silam.

Senin (18/11) atau Selasa pagi WIB, andalan Dallas Mavericks ini menggila saat timnya menang 117-110 kala menjamu San Antonio Spurs di American Airlines Center, Dallas, Texas. Doncic mencetak torehan fantastis dengan 42 poin, 11 poin, dan 12 assist

Tak hanya membuatnya dijuluki Super Doncic, raihan itu juga tercatat sebagai sejarah karena bisa menyamai capaian James kala masih membela Cleveland Cavaliers, 2004/05. Doncic jadi pemain kedua yang membukukan triple-double dengan 40 angka atau lebih.


Baca Juga :
- Gemilangnya Luka Doncic di Awal Karier NBA
- Diusir dari Pertandingan, Maskot Tim NBA Ini Tertawai Luka Doncic

Apa yang diperlihatkan oleh Doncic membuatnya digadang sebagai bintang masa depan NBA. “Setiap hari, ada statistik (permainan) yang tidak saya ketahui. Tapi, setelah membacanya, rasanya luar biasa,” ucap pebasket yang kini berusia 20 tahun.

Hasil tersebut seolah menegaskan kepantasannya dinobatkan sebagai Rookie of the Year (ROTY) NBA 2018/19. Walaupun hingga saat ini, perdebatan siapa yang lebih pantas menjadi ROTY, ketika itu, apakah Doncic dan Trae Young (Atlanta Hawks), masih terjadi. 

Penyebabnya, setelah NBA All-Star Game 2019, aksi-aksi Young di lapangan dinilai lebih memikat daripada Doncic. Namun, saat ini, Doncic kembali unggul atas pemain kelahiran Lubbock, Texas, Amerika Serikat (AS) tersebut. Setidaknya, untuk sementara.

Mantan pemain klub Spanyol, Real Madrid itu berhasil menempatkan Mavs di peringkat kelima Wilayah Barat dengan delapan kemenangan dan lima kekalahan. Sebaliknya, Young masih kesulitan membawa Hawks, meski sejatinya punya penampilan menawan.

Young belum bisa menempatkan Hawks di zona play-off Wilayah Timur. “Ia (Doncic) mampu melakukan apa pun yang ia mau (di lapangan). Punya daya magis yang luar biasa. Apa yang ia perlihatkan merupakan sesuatu yang fenomenal,” Young menuturkan.

Yang jelas, Doncic mulai diunggulkan sebagai salah satu calon peraih Most Valuable Player (MVP). Jika mampu melakukannya, Doncic bakal memecahkan rekor Derrick Rose yang dinobatkan sebagai pemain terbaik NBA kala usianya masih 22 tahun.

Kendati demikian, bisa menjadi MVP 2019/20 bukan sebuah pekerjaan mudah bagi Doncic karena bintang-bintang lama juga menunjukkan kehebatan di awal musim. James Harden misalnya, yang tak henti membukukan lebih dari 30 angka dalam satu gim.

Belum lagi, duet Lakers, James dan Anthony Davis, yang mampu membuat timnya kembali disegani setelah lama tenggelam. Kini, klub yang identik dengan jersey kuning-ungu tersebut digadang sebagai calon kuat juara NBA 2019/20. 

Makin Parah

Di sisi lain, kekalahan dari Mavs membuat Spurs, kian tenggelam. Keberhasilan menembus play-off lebih dari dua dekade, terancam putus musim ini. Tim asuhan Gregg Popovich ada di posisi ke-13 klasemen Wilayah Barat dengan lima kemenangan dan sembilan kekalahan.

Bahkan, enam kekalahan di antaranya terjadi secara beruntun, sekaligus menjadi streak negatif terpanjang mereka sejak NBA 2010/11. Termasuk kiprah mereka di awal musim, menjadi yang terburuk sejak 1996/97 atau saat belum dibela sang legenda, Tim Duncan.

Popovich harus segera menemukan solusi untuk mengembalikan Spurs ke jalur kemenangan. Jika tidak, mereka bakal semakin tertinggal dari para pesaing di Wilayah Barat, menyusul persaingan yang semakin ketat.*KRISNA C. DHANESWARA DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA