#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Enam Pergantian Pelatih di La Roja dalam Empat Tahun
30 November -1 00:00 WIB
MADRID – Rumor kembalinya Luis “Lucho” Enrique kembali melatih tim nasional Spanyol akhirnya jadi kenyataan. Selasa (19/11) siang waktu Spanyol, atau enam jam setelah kemenangan La Roja atas Rumania, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales resmi mengumumkan hal itu.

Pelatih kelahiran Asturian itu mengambil tempat yang sempat diduduki asistennya, Robert Moreno selama lima bulan terakhir. Pro dan kontra pun tak terelakan menyusul rapor apik Morena selama menangani La Roja. Di tangannya, Spanyol lolos meyakinkan ke putaran Piala Eropa 2020 dengan status tak terkalahkan di fase grup (7 menang dan 2 seri).

Situasi ini sebenarnya sudah diantisipasi Moreno sejak Lucho mundur karena harus merawat putrinya yang sakit keras. “Luis adalah teman dan di atasnya segalanya persahabatan yang utama. Jika suatu hari dia memutuskan ingin kembali saya akan dengan senang hati mundur dan bekerja bersamanya lagi,” kata pelatih asal Katalunya itu beberapa bulan lalu.


Baca Juga :
- Sevilla Cerminan Atletico
- Untung-Rugi Kembalinya Enrique

Rubiales memang bertekad mempertahankan komitmennya sejak awal, pasca kegagalan di Piala Dunia 2018. Dia menunjuk Enrique per 9 Juli 2018 untuk bisa membentuk tim baru yang kuat untuk berprestasi pada 2020. Akan tetapi pada 19 Juni lalu pelatih 49 tahun itu memutuskan mundur lantaran urusan pribadi.

Sekarang urusannya itu telah selesai. Xana, putri Enrique, telah tutup usia pada Agustus lalu setelah lima bulan terakhir bertempur dengan kanker tulang yang diderita. RFEF pun tak mau bergerak lama setelah La Roja menyelesaikan kualifikasi dan lolos putaran final Piala Eropa 2020, untuk meminta sang entrenador kembali bekerja sama, dan kali ini diterima Lucho.

Dengan begitu, Spanyol kini telah berganti pelatih sebanyak enam kali sejak 2016. Pamitnya Vicente del Bosque setelah Piala Eropa di Prancis membuka jalan untuk Julen Lopetegui melatih La Roja. Namun, Lopetegui dipecat jelang Piala Dunia 2018 lantaran menerima pinangan Real Madrid.

Fernando Hierro akhirnya mendampingi Sergio Ramos dan kawan-kawan yang gagal menembus 16 besar. Enrique kemudian ditunjuk, lalu Moreno, dan kini kembali ke mantan pelatih FC Barcelona itu. Federasi mengakui kinerja apik Moreno tapi mereka ragu ia bisa melakukan tugasnya di ajang sebesar Piala Eropa, mengingat minimnya jam terbang pria 42 tahun itu.***


Baca Juga :
- Ada Enam Pergantian Pelatih di La Roja dalam Empat Tahun
- Gerard Moreno Minta Tempat di Piala Eropa 2020

TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA