#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Demi Evan dan Zulfiandi, Tiga Gelandang Timnas U-23 Ini Rela Dikorbankan
21 November 2019 10:25 WIB
JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 menggelar latihan terakhir jelang tampil dalam SEA Games Manila, Filipina, Rabu (20/11) pagi. Latihan yang digelar di lapangan C, Senayan, Jakarta, masih diikuti oleh 24 pemain.

Rencana pelatih kepala Indra Sjafri mengumumkan 20 pemain yang berangkat pada Selasa (19/11) malam urung dilakukan. Pelatih asal Sumatera Barat tersebut tampaknya ingin lebih memastikan kondisi terakhir para pemainnya sebelum mengambil keputusan. Akhirnya, diputuskan empat pemain tidak diboyong ke Filipina yaitu tiga gelandang: M Luthfi, Gian Zola, Kadek Agung, dan kiper Awan Seto. Tiga gelandang tersebut dicoret karena lini tengah timnas U-23 terlalu gemuk. Apalagi, Indra memaksimalkan kuota bantuan dua pemain senior yang diisi Evan Dimas dan Zulfiandi.

Sebelumnya, Indra juga sudah memulangkan empat pemain, yakni Hanif Sjahbandi, Alberto Goncalves, Muhammad Hambali Tolib, dan Muhammad Rifad Marasabessy. Sehingga kini skuat timnas sudah berjumlah 20 pemain sesuai regulasi SEA Games. Tim ini rencananya akan berangkat menuju Filipina, melalui Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (21/11) siang.


Baca Juga :
- Kemenpora Pastikan Bonus SEA Games Rampung Sebelum Natal
- Akhiri Paceklik Emas di SEA Games, PBVSI Pertahankan Li Qiujiang

“Pemain yang bertahan dalam tim adalah mereka yang terbaik, serta pemain yang memang saya nilai sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim. Kini puzzle saya sudah lengkap dan tersusun rapi. Saya harap mereka bisa memberikan yang terbaik di SEA Games nanti,” kata Indra.

Dalam persiapan akhir, Indra tidak banyak memberikan materi latihan seperti biasanya. Set piece menjadi satu-satunya menu yang diberikan pelatih kelahiran Pesisir Selatan, Sumbar tersebut selama kurang lebih satu setengah jam berlatih.

“Hari ini (kemarin) kami latihan set piece dan ada penalti kick juga. Ini persiapan terakhir kami sebelum berangkat,” kata Indra usai latihan. “Pada intinya semua proses set piece disiapkan. Set piece itu ada penalti, ada sepak pojok, free kick, lemparan ke dalam, jadi semua elemen yang berkaitan dengan game plan, kami persiapkan,” ucap Indra.

Penjaga gawang timnas Nadeo Argawinata, yang berpeluang besar menjadi kiper utama timnas U-23, optimistis akan peluang timnya berprestasi di Filipina mendatang. “Saya rasa semua pemain sudah sangat siap dan mantap untuk bisa meraih hasil bagus di SEA Games,” penjaga gawang Borneo FC itu menuturkan.

Nadeo semakin membuktikan kalau dirinya layak mendapat tempat utama di bawah mistar gawang Garuda Muda. Dalam latihan kemarin, Nadeo sukses mementahkan sejumlah tendangan penalti dari rekan-rekannya.

“Ya itu hanya felling saja sih kalau lagi latihan begini sama latihan mental. Saya rasa semua kiper juga bagus ada Riyandi, Awan juga. Posisi bagus mereka nebak arah bolanya juga banyak. Jadi selagi kamilatihan manfaatkan itu untuk membuat mental juga semakin bagus,” kata Nadeo.

Sementara Indra pun memastikan mental dan kondisi fisik para pemainnya dalam kondisi ideal. Persiapan intensif selama hampir satu setengah bulan sejak 2 Oktober, diharapkan berbuah hasil manis. Medali emas SEA Games akan menjadi kado akhir tahun yang istimewa bagi seluruh pecinta sepak bola tanah air.*FURQON AL FAUZI

 

Skuat Timnas SEA Games

Kiper: Muhammad Riyandi, Nadeo Argawinata

Bek: Asnawi Mangkualam, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Nur Hidayat Haris, Dodi Alekvan Djin, Firza Andika


Baca Juga :
- Daftar Pemain Timnas U-22 Indonesia yang Masih Bisa Dipakai untuk SEA Games 2021
- Shin Tae-yong Putuskan Melatih Shenzhen FC

Tengah: Rachmat Irianto, Sani Rizki Fauzi, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu,  Evan Dimas, Zulfiandi

Depan: Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Feby Eka Putra, Irkham Zahrul Mila, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA