#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
PB PON Minta Publik Tak Khawatir Persiapan Papua 2020
21 November 2019 09:05 WIB
JAKARTA - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX/2020 kembali menegaskan kesiapan Papua sebagai tuan rumah, 9-21 September mendatang. Elia Loupatty selaku Sekretaris Umum PB PON mengungkapkan, sejauh ini, persiapan berjalan dengan baik.

Bahkan, Stadion Utama Papua Bangkit yang menjadi venue utama pesta olahraga empat tahunan itu telah rampung. Elia mengungkapkan, bangunan ini jadi yang terbesar kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Sedangkan venue lain masih dalam tahap penyelesaian.

“Februari-April, diharapkan selesai dan kami selalu memantau. Intinya, tak usah ada kekhawatiran karena Papua siap menjadi juan rumah PON. Kami terus melakukan koordinasi pada masing-masing bidang,” kata Elia dalam konferensi pers di Gedung TVRI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11).


Baca Juga :
- Songsong Liga 1, Stadion Brawijaya Ditutup
- Gebrakan Baru, Tak Ingin Jadwal Kompetisi Liga 1 2020 Berubah-ubah, LIB Akan Mou dengan Polisi

Elia menambahkan, PON Papua akan menggelar 37 cabang olahraga (cabor), 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan. Dalam penyelenggaraannya, cabor-cabor tersebut bakal terbagi dalam empat cluster masing-masing di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Terkait sarana pendukung seperti hotel, Elia menegaskan bakal terpenuhi. Bahkan, untuk menampung seluruh atlet dan ofisial, Papua membangun rumah susun di Jayapura, Timika, dan Merauke. Selain itu, penyelenggara akan memanfaatkan asrama, wisma, atau mes, beberapa instansi.

Baik itu pemerintahan hingga TNI/Polri. “Jika masih kurang, kami sudah berkoordinasi dengan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk menyiapkan kapal yang bisa digunakan sebagai penginapan. Jadi, tidak perlu khawatir. Kami, Papua, telah siap (menyelenggarakan PON),” Elia menegaskan.


Baca Juga :
- Tak Main-main, Liga 1 2019 Belum Rampung Persita Malah Bersiap Mulai 11 Desember untuk 2020
- Baru Sembilan Pemain Arema yang Lanjut Hingga 2020, Sisanya Menunggu Kepastian

Dalam dua tahun terakhir, Elia mengatakan, seluruh stakeholder dan masyarakat Papua telah berbenah dengan membangun venue yang akan dipertandingkan. Dari segi keamanan, pihaknya sudah mendapat jaminan dari KODAM XVII/Cenderawasih yang berkolaborasi dengan Polda Papua.

Keraguan memang sempat muncul, menyusul dipindahkannya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 ke Jakarta. Papua tak menyanggupi karena faktor infrastruktur yang belum siap. Akhirnya, Kemenpora menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Jawa Barat.*MUHAMMAD RAMDAN

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA