#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Mencari Pendamping Paling Pas untuk Messi-Suarez
21 November 2019 13:59 WIB
BARCELONA – Setelah menjalani 16 pertandingan di semua ajang, FC Barcelona nampaknya masih belum bisa menemukan komposisi skuat terkuatnya. Beberapa area memang sudah ada pemilik tetapnya tapi untuk serangan terlihat belum jelas. Pelatih Barca, Ernesto Valverde masih kesulitan mendapatkan pendamping tepat untuk Lionel Messi dan Luis Suarez dalam formula tridente tim.

Trisula merupakan basis dari serangan Los Azulgrana. Ini sudah dilakukan dalam kurun lima tahun terakhir, tepatnya ketika Suarez baru datang (2014/15). Kala itu mereka memiliki tridente maut berisikan Messi, Suarez, dan Neymar Junior, atau yang biasa disebut dengan MSN.

Setelah Neymar pergi ke Paris Saint-Germain pada 2017, trisula Barca mulai tidak jelas. Suarez dan Messi masih tak tergantikan, namun partner kedua pemain selalu silih berganti. Mereka mendatangkan Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele, hingga teranyar Antoine Griezmann untuk menempati pos tersebut.


Baca Juga :
- Aksi Tsunami Democratic Ancam El Clasico
- Kekuatan La Masia Hantam Inter

Namun, tidak ada yang benar-benar nyambung dengan Messi dan Suarez. Bahkan, keberadaan Griezmann musim ini pun masih diperdebatkan. Penyerang Prancis berbanderol 120 juta euro (sekitar Rp1,8 triliun) itu kesulitan beradaptasi dan itu memang diakui sang pemain.

Valverde sendiri tidak kekurangan opsi untuk menjajal penyerang lain. Selain Dembele dan Griezmann, juga ada penyerang muda potensial dari tim B, Ansu Fati dan Carlos Perez. Berikut statitik serangan mereka sepanjang musim ini menurut analisis Marca:

Griezmann Masih Gagap

Awalnya Griezmann dinilai paling cocok mendampingi duo serangan Barca. Dia mampu bermain di semua pososi dalam serangan tim. Namun  masalahnya gaya bermain Barca sangat berbeda sehingga iapun kesulitan menyamakan irama permainan. Akibatnya, statistik pemain ini pun dianggap mengecewakan: hanya mencetak empat gol dan tiga assist dari 15 laga. Uniknya, rapor pertahanan pemain ini cukup meyakinkan.

Dembele Belum Maksimal

Datang lebih dulu ketimbang Griezmann, teryata tak membuat Dembele mendapatkan posisi inti di trisula. Cedera menjadi problem terbesarnya di Barca, termasuk musim ini (hamstring dan otot). Dembele hanya bermain tujuh laga dan menyumbang satu gol. Meski terkadang diragukan, tetapi secara skill, Dembele lebih baik ketimbang Griezmann. Dia lebih terlibat dalam permainan dan punya pemahaman terhadap Suarez dan Messi.

Opsi Ansu Fati

Musim ini, di luar dugaan, Ansu Fati mendapatkan menit bermain lebih sering ketimbang Dembele (388 berbanding 376). Pemain berusia 17 tahun tersebut telah membuktikan kualitasnya. Fati mampu menyatu dengan Messi dan Suarez, serta bisa statusnya di ruang ganti tak pernah menuai masalah. Memang benar bahwa masih banyak hal yang harus ditingkatkan, tetapi Fati telah menjadi opsi menarik di skuat.

Carles Perez


Baca Juga :
- Neto Jawab Keraguan
- Ferran Impresif, Valencia Waspada

Carles Perez tidak banyak dibicarakan. Tetapi ketika Valverde memberikannya menit bermain, ia menunjukan performa gemilang. Perez punya kepercayaan diri dan selalu mengincar gol. Seperti Fati, dia paham gaya bermain Barcelona. Dalam tujuh laga dengan tim utama pada musim ini, Perez telah mencetak satu gol dan dua assist.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA