#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Kane Berpeluang Kejar Rekor Gol Inggris dan Ronaldo
21 November 2019 13:51 WIB
LONDON – Dengan statistik yang dicatatkan Harry Kane selama kualifikasi Piala Eropa 2020, wajar bila timnas Inggris optimistis menghadapi putaran final musim panas mendatang. Sang striker mencetak 12 gol dalam delapan pertandingan. Jumlah itu memastikannya memuncaki daftar top scorer, mengungguli penyerang top seperti Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, atau Romelu Lukaku.

Torehan tersebut juga membantu Kane melesat ke posisi keenam daftar penyumbang gol terbanyak Inggris sepanjang masa. Bahkan, di antara lima pemain di atasnya, rasio pemain 26 tahun itu dalam menjebol gawang lawan menjadi yang terbaik kedua. Kane rata-rata mencetak 0,71 gol per laga. Catatannya hanya kalah dari striker The Three Lions era 1959-1967, Jimmy Greaves, dengan 0,77 gol setiap laga.

Selain Greaves yang mengoleksi 44 gol, pemain lain yang rekornya diburu Kane adalah Michael Owen (40 gol), Gary Lineker (48 gol), Sir Bobby Charlton (49 gol), dan Wayne Rooney (53 gol). Jika mampu menjaga rasionya saat ini, kapten The Three Lions itu tidak butuh waktu yang terlalu lama mengejar kelimanya. Untuk merebut status top scorer sepanjang masa Inggris dari Rooney, Kane butuh minimal 31 laga.  


Baca Juga :
- Juventus Paling Sering Taklukkan Udinese di Seri A
- Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Bersaing Lagi

Dengan The Three Lions telah meraih tiket ke putaran final Piala Eropa 2020, torehan golnya dipastikan bisa terus bertambah. Dan turnamen itu pun tidak akan menjadi yang terakhir bagi Kane. Dengan usianya saat ini, striker Tottenham Hotspur FC tersebut juga diyakini bakal vital dalam upaya Inggris dapat tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun semua bakal bergantung bagaimana Kane mampu menjaga performanya.

Pelatih Gareth Southgate dan publik Inggris tentu berharap ke depannya sang striker dapat kembali melanjutkan apa yang telah diperlihatkannya selama kualifikasi. Ya, Kane selalu mencatatkan nama di papan skor dalam delapan laga yang dilakoni The Three Lions. Prestasi itu hanya mampu dilakukan olehnya seorang. Lewandowski, Lukaku, bahkan Ronaldo pun tidak sanggup.

Sepanjang kualifikasi, Kane dua kali membukukan hattrick (tiga gol dalam satu laga), yakni saat Inggris membungkam Kosovo, 7-0, pekan lalu dan Bulgaria, 4-0, September lalu. Ia menjadi penyumbang terbesar bagi total 38 gol yang dicetak Inggris selama kualifikasi di mana mereka tergabung di Grup A. Dengan kata lain, 31,5 persen gol The Three Lions bersumber dari Kane.

Semua itu membuktikan bahwa ia merupakan salah satu striker terbaik dunia. Bahkan top scorer sepanjang masa timnas Spanyol, David Villa mengklaim Kane layak berada di posisi teratas daftar tersebut. “Dia punya hampir semua aspek yang perlu dimiliki oleh seorang striker,” kata Villa yang mencetak 59 gol dalam 98 caps bersama Spanyol. “Jelas dia salah satu kandidat peraih Golden Boot di Piala Eropa nanti.”

Kane memang sangat konsisten dalam menjebol gawang lawan. Ia selalu membuat lebih dari 20 gol untuk Tottenham sejak 2014/15. Bersama Inggris, sumbangsih Kane terus berprogres dalam tiga tahun terakhir. Pada 2017, ia membuat tujuh gol dalam enam laga, delapan gol dari 12 penampilan pada 2018, dan 12 gol dari 10 pertandingan sepanjang tahun ini.

Saat ini, Ronaldo adalah top scorer untuk timnas yang masih aktif. Pemain Juventus FC itu telah mencetak 99 gol untuk timnas Portugal. Ia berpeluang merebut status legenda Iran, Ali Daei yang membukukan 109 gol di level internasional. Namun koleksi Ronaldo itu tidak aman karena ancaman akan datang dari Kane. Dengan ketajamannya, mesin gol Inggris itu berpeluang mengejar sang megabintang.

Sebagai perbandingan, ketika seusia Kane saat ini, Ronaldo hanya mencetak 26 gol dalam 80 laga. Kane pun diprediksi mampu menjadi top scorer sepanjang masa Inggris. Jika terus mampu menjaga ketajamannya, sangat mungkin baginya untuk mengejar pula status sebagai pencetak gol terbanyak di level internasional.***    

Harry Kane vs Top Scorer Sepanjang Masa Inggris

Harry Kane (2015-...)
Laga: 45
Gol: 32
Rata-rata gol/laga: 0,71

Michael Owen (1998-2008)
Laga: 89
Gol: 40
Rata-rata gol/laga: 0,45
Laga dibutuhkan Kane lewati Owen: 12

Jimmy Greaves (1959-1967)
Laga: 57
Gol: 44
Rata-rata gol/laga: 0,77
Laga dibutuhkan Kane lewati Greaves: 18

Gary Lineker (1984-1992)
Laga: 80
Gol: 48
Rata-rata gol/laga: 0,60
Laga dibutuhkan Kane lewati Lineker: 24

Bobby Charlton (1958-1970)
Laga: 106
Gol: 49
Rata-rata gol/laga: 0,46
Laga dibutuhkan Kane lewati Charlton: 25

Wayne Rooney (2003-2018)
Laga: 120
Gol: 53
Rata-rata gol/laga: 0,44
Laga dibutuhkan Kane lewati Rooney: 31

 

             

 


Baca Juga :
- Vardy Berpeluang Kembali Dapat Panggilan Timnas Inggris
- Lingard di Jalur yang Benar

  

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA