#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Play-Off Piala Eropa 2020 Panjang dan Rumit
21 November 2019 13:15 WIB
ZURICH - Wales menjadi tim terakhir yang lolos otomatis ke putaran final Piala Eropa 2020 lewat kualifikasi. Kepastian itu mereka dapatkan usai mengalahkan Hungaria, 2-0, lewat gol yang diborong Aaron Ramsey, Selasa (19/11) malam.

Dengan begitu, Wales mengikuti 19 negara lain yang sudah lolos sebelumnya. Mereka adalah Inggris, Republik Ceko, Ukraina, Portugal, Jerman, Belanda, Swiss, Denmark, Kroasia, Spanyol, Swedia, Polandia, Austria, Prancis, Turki, Belgia, Rusia, Italia, dan Finlandia. 

Karena tiket dari kualifikasi hanya 20 negara, tinggal tersisa empat tempat ke putaran final yang akan diperebutkan oleh 16 tim melalui jalur play-off. Pada dasarnya, ke-16 tempat di babak play-off ini diberikan kepada tim-tim yang menjadi juara grup pada setiap liga di Liga Negara-negara Eropa (LNE) 2018/19.


Baca Juga :
- Bale “Mengolok” Madrid
- Cetak Hattrick, Wijnaldum Kirim Pesan Sudahi Rasisme

Jika di antara para juara grup tersebut ada yang telah lolos otomatis ke putaran final, maka tempat mereka di babak play-off diberikan kepada tim yang finis di peringkat berikutnya di LNE 2018/19. Sebagai contoh, 11 dari 12 tim yang berada di Liga A telah lolos otomatis lewat jalur kualifikasi kecuali Islandia. Jadi, mereka berhak tampil di play-off dan ditempatkan pada peringkat pertama di Path A.

Sementara itu, Path B diisi oleh empat tim dari Liga B yang terdiri dari satu juara grup yaitu Bosnia & Herzegovina, dan tiga bukan juara grup. Sebab, delapan tim lain dari Liga B telah lolos otomatis termasuk ketiga juara grup Denmark, Swedia, dan Ukraina.

Liga C mengirimkan wakil terbanyak di babak play-off yaitu tujuh tim dengan ketiga juara grup masuk ke dalam Path C. Di pihak lain, empat tim lain yang bukan juara grup, Bulgaria, Israel, Hungaria, dan Rumania, akan diundi terlebih dahulu. Satu dari mereka akan ditempatkan di Path C dan tiga lainnya masuk ke Path A. Komposisi Path D lebih mudah karena diisi oleh keempat tim yang jadi juara grup di Liga D.

Pertandingan di setiap path dimulai dengan dua laga semifinal. Tim peringkat pertama diadu dengan tim keempat di setiap path dan tim peringkat kedua bertemu tim peringkat ketiga. Tim-tim dengan peringkat lebih tinggi otomatis menjadi tuan rumah.

Kedua pemenang partai semifinal ini akan saling bertarung di final dan UEFA akan mengundi siapa yang jadi tuan rumah partai tersebut. Laga-laga semifinal akan dimainkan pada 26 Maret 2020 sementara partai final digelar lima hari kemudian.

Di antara ke-16 tim yang akan berlaga di babak play-off, terdapat enam tim yang berharap lolos ke Piala Eropa untuk kali pertama yaitu Israel, Bosnia, Georgia, Kosovo, Makedonia, dan Belarus. Sebaliknya, Serbia dan Rumania, merupakan dua kontestan play-off yang paling berpengalaman karena masing-masing telah lima kali tampil di turnamen ini sebelumnya.

Serbia bahkan pernah menjadi runner-up pada Piala Eropa 1960 dan 1968 saat masih tergabung dalam Yugoslavia. Tapi, sejak menjadi negara independen pada 2006 tim berjulukan Orlovi alias Rajawali ini belum pernah lolos ke putaran final.

Meski begitu, peluang Serbia mengukir sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 cukup terbuka. Pasalnya, tim asuhan Ljubisa Tumbakovic ini menunjukkan performa menjanjikan belakangan ini. Aleksandar Mitrovic dan kawan-kawan tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir dengan empat kali menang dan sekali imbang.

Serbia akan dijamu Norwegia dalam laga semifinal Path C pada 26 Maret 2020. Ini akan jadi pertemuan ketiga antara kedua tim. Sebelumnya, Serbia telah dua kali berhadapan dengan Norwegia dalam laga persahabatan. Serbia ditahan imbang 1-1 pada uji coba di Beograd pada 2006 dan kalah 0-1 dalam duel dua tahun sebelumnya.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Tim-tim yang Lolos ke Play-Off Piala Eropa 2020

Path A
1. Islandia
2. A2 (dari LigaC)
3. A3 (dari LigaC)
4. A4 (dari LigaC)

Path B
1. Bosnia-Herzegovina
2. Slovakia
3. Republik Irlandia
4. Irlandia Utara       

Path C
1. Skotlandia
2. Norwegia
3. Serbia
4. C4 (dari LigaC)

Path D
1. Georgia
2. Makedonia Utara
3. Kosovo
4. Belarus

Empat Tim Non-Juara Grup dari Liga C yang Ikut Play-Off
1. Bulgaria
2. Israel
3. Hungaria
4. Rumania

Keterangan: UEFA akan melakukan undian pada Jumat (22/11) untuk menentukan salah satu dari Bulgaria, Israel, Hongaria, dan Rumania yang masuk Path C dan tiga tim yang masuk Path A.

Jadwal Pertandingan

Path A
Semifinal 

Islandia vs Tim peringkat keempat
Tim peringkat kedua vs Tim peringkat ketiga
Final
Pemenang semifinal 1 vs Pemenang semifinal 2*

====================================

Path B
Semifinal

Bosnia-Herzegovina vs Irlandia Utara
Slowakia vs Republik Irlandia
Final
Pemenang semifinal 1 vs Pemenang semifinal 2*

====================================

Path C
Semifinal

Skotlandia vs Tim peringkat keempat
Norwegia vs Serbia
Final
Pemenang semifinal 1 vs Pemenang semifinal 2*

====================================

Path D
Semifinal

Georgia vs Belarus
Makedonia Utara vs Kosovo
Final
Pemenang semifinal 1 vs Pemenang semifinal 2*

Keterangan: Undian akan dilakukan untuk menentukan tim-tim pemenang semifinal yang jadi tuan rumah partai final play-off di setiap path.


Baca Juga :
- Konyol! Penterjemah Tak Kenal Gareth Bale, Wanita Itu Langsung Dipecat
- Tenggat untuk Pelatih Arsenal Sudah Ditetapkan

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA