#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Menunggu Gabriel Jesus Sempurna
21 November 2019 15:23 WIB
MANCHESTER - Pencetak gol mana pun dengan level serangan Liga Primer yang lebih baik daripada Ruud van Nistelrooy, Luis Suarez, dan Robin van Persie harus menjadi penantang bagi hampir semua tim di planet ini. Tetapi Gabriel Jesus, dengan kualitas itu, harus berjuang keras setiap hari hanya untuk sesekali mendapatkan kesempatan.

Kehadiran Jesus di Manchester City FC pada 2017 menjadi sorotan. Pelatih Josep “Pep” Guardiola memboyongnya ke Etihad lantaran kepincut kombinasi gol dan skill tinggi yang dipunyainya. Sesaat itu membuat masa depan Sergio Aguero dipertanyakan. Singkat kata, Aguero terus tampil brilian dan Jesus pun tercabut dari pusat perhatian.

Tetapi setelah Aguero kembali gagal mencetak gol di Anfield, Minggu (10/11), kendati mendapatkan tiga peluang besar dengan standarnya sendiri yang luar biasa, tak pelak muncul argumen bahwa Jesus yang asa Brasil itu kian mendekati hari ketika dia akan mengambil alih posisi terhormat Aguero di starting line-up Man. City.


Baca Juga :
- Taklukkan Tottenham dan City, Solskjaer Bingung MU Tak Bisa Menang Lawan Tim Kecil
- Guardiola Tidak Pedulikan Kritik soal Taktik

Sebelumnya ada anggapan kualitas Jesus yang sebenarnya tak akan terlihat di lapangan sampai Aguero melambaikan tangan ke depan publik Etihad. Setidaknya, itulah yang terjadi pada Fernandinho, yang baru benar-benar menunjukkan kapasitas dirinya yang sebenarnya begitu dia berhasil mendepak Yaya Toure yang sudah tua dari Man. City.

Tetapi, 30 gol Jesus di Liga Primer yang mencatatkan rata-rata satu gol setiap 126 menit masih menjadi salah satu dari enam rekor teratas dalam sejarah kompetisi. Hanya Mohamed Salah (124 menit), Thierry Henry (122), Pierre-Emerick Aubameyang (119), Harry Kane (118) dan Aguero (108) yang lebih mematikan dibandingkan Jesus.

Dari uraian di atas, sejauh ini belum ada tanda-tanda Jesus akan mengambil bagian awal yang lebih besar daripada Aguero untuk The Citizens. Sejauh ini striker 22 tahun itu telah memainkan empat laga starter di liga dan dua di Liga Champions, lebih sedikit dibanding empat laga liga dan tiga laga Liga Champions yang dilakukannya musim lalu.

ManchesterEveningNews  menilai Jesus masih jadi kandidat utama pengganti Aguero. Namun, eksekusi penalti yang gagal dijalankan Jesus baru-baru ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Sementara selama ini itu merupakan tugas dan spesialisasi Aguero, yang tidak lain adalah pencetak gol terbanyak klub.

Pertama, saat lawan Atalanta BC di Liga Champions. Sepekan kemudian ketika Brasil menghadapi Argentina, Jesus yang lagi-lagi ditunjuk sebagai eksekutor, menendang bola ke luar sisi tiang yang lainnya. Konsekuensinya, statistik penaltinyapun menurun, untuk klub dan negara, 8 dari 11 penalti (72%) menjadi 8 dari 13 (62%). 

Sebagai pengganti Aguero kala cedera pun hanya menghasilkan 75 persen penalti sukses dari 36 penalti. Lebih seringnya, Jesus selalu menendang bola dengan bagian dalam kakinya dan mengincar sudut kiri bawah.

Empat dari delapan penalti sukses Jesus terarah ke sudut kiri gawang. Dia juga dua kali mengenai tiang kiri, digagalkan kiper satu lagi dan satu lagi (vs Atalanta) ke atas gawang. Selain itu, 10 dari 13 tendangan spotnya berada di sepertiga kiri gawang dan kiper melakukan penyelamatan untuk lima dari enam penaltinya yang terakhir.


Baca Juga :
- Inilah Rahasia Teknis di Balik Sukses Man. United
- Reaksi Pep Guardiola Usai Manchester City Tumbang dari MU

Sebaliknya, catatan penalti Aguero menunjukkan sisi yang berlawanan dengan Jesus. Striker asal Argentina itu lebih menyukai sebelah kanan gawang, empat dari lima penalti terakhirnya bersarang di kiri gawang, dan beberapa mengarah ke tengah.

Di antara pemain Man. City yang minimal telah mengambil lima penalti, Jesus memiliki rasio keberhasilan terbaik ketiga di belakang Aguero dan Ilkay Guendogan (100 persen dari tujuh penalti). Tapi jika ingin tetap di depan Riyad Mahrez dan Raheem Sterling dalam kontes penalti sukses, Jesus harus lebih keras mempertajam tekniknya.*

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA