#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Dobel Pivot Atletico
22 November 2019 13:22 WIB
MADRID – Diego Costa, Jose Gimenez, dan Stefan Savic belum bisa memperkuat Atletico Madrid pada laga jornada 14 LaLiga 2019/20, akhir pekan nanti. Namun pelatih Diego “El Cholo” Simeone sudah harus ditambah pusing soal pemilihan pemain lainnya. Thomas Partey dan Saul Niguez juga harus absen bertandang lawan Granada CF (23/11) karena sanksi.

Baik Partey ataupun Saul sama-sama telah menerima lima kartu kuning sejauh LaLiga musim ini bergulir, sehingga harus menepi satu pertandingan. Padahal, peran keduanya vital bagi lini tengah Los Rojiblancos, julukan Atletico. Alhasil kini Simeone harus mencari alternatif, dan opsi itu ada pada diri Marcos Llorente-Hector Herrera.

Di atas kertas, mereka memang memiliki profil yang sama dengan dua gelandang yang harus digantikan perannya. Partey dan Llorente merupakan gelandang bertahan murni, sementara Saul dan Herrera adalah gelandang tengah, yang bisa melakoni peran bertahan ataupun membangun permainan. Artinya opsi ini tak mengubah pola pelatih.


Baca Juga :
- Felipe Pengganti Ideal Godin
- Felix Antar Atletico ke 16 Besar

Sejatinya masih ada pilihan lainnya untuk mengisi salah satu posisi gelandang dalam formasi 4-4-2 andalan. El Cholo bisa menggeser Koke Resurreccion ke posisi aslinya (gelandang), setelah sebelumnya lebih sering dioperasikan di posisi sayap. Namun sang pelatih sendiri yang menegaskan tak mau mendorong ke tengah kapten timnya itu.

Dengan mengandalkan Llorente-Herrera, Los Rojiblancos sejatinya mendapatkan penawaran untuk tampil lebih solid dalam bertahan. Pasalnya nama kedua cenderung lebih bertahan ketimbang menjadi pembangun permainan. Namun karena hal itu pula, Atletico sempat gagal total saat Simeone memilih tampil dengan perpaduan pivot ini.

Gelandang 24 dan 29 tahun itu pernah tampil bersama sebaga starter pada satu pertandingan musim ini. Itu terjadi di  jornada 11 saat tandang menghadapi Deportivo Alaves (skor akhir 1-1). Saat itu pelatih menerapkan rotasi; Partey diistirahatkan dan Saul beroperasi di posisi sayap (dengan tujuan mengistirahatkan Koke).

Pertaruhan itu tak berjalan baik. Terlepas dari hasil akhir, proses permainan pun berjalan buruk. Sirkulasi bola menjadi tak menentu, dan hampir tidak pernah mengalir melalui tengah. Permainan selalu dibangun dari sayap sebab Llorente-Herrera terus memindahkan bola ke sisi lapangan. Meskipun itu juga tak lepas dari tekanan lawannya.

Sadar mengalami kegagalan total pada percobaannya itu, Simeone lekas menarik keluar Llorente yang sudah mendapat kartu kuning saat babak kedua baru bergulir. Dan Herrera pun harus digantikan pada menit 60 atas dasar memerkuat serangan; pemain yang dimasukan untuk keduanya adalah Partey dan Alvaro Morata.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 


Baca Juga :
- Llorente Terlupakan
- Duel lawan Lokomotiv, Momentum Felix

 

SOROT
MUSIM ini Llorente baru merasakan dua kali starter dari sembilan penampilannya (total punya 228 menit main). Sedangkan Herrera empat kali berada di starting 11 Atletico dari sembilan laga yang dijalani (388).

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA