#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Hati-hati 10 Pemain Persib Terancam Akumulasi Kartu
22 November 2019 15:25 WIB
BANDUNG -  Liga 1 2019 akan berakhir satu bulan lagi. Sudah jadi rahasia umum, menjelang kompetisi berakhir kerap banyak intrik yang muncul. Tak sedikit, tim-tim yang tengah bersaing untuk meraih gelar juara maupun berjuang mengamankan posisi dan menyelamatkan diri dari ancaman degradasi, merasa diuntungkan atau bahkan  dirugikan.

Salah satu yang selalu dipergunakan untuk bermain intrik adalah masalah kartu kuning. Karena, untuk hal yang satu ini cukup efektif untuk mengerjai salah satu tim agar kekuatannya rapuh. Tidak menutup kemungkinan, Persib termasuk tim yang bisa menjadi korban. 

Karena itu, pelatih Persib Robert Rene Alberts selalu mengingatkan kepada anak asuhannya untuk tidak mengambil risiko yang berakibat fatal dalam tujuh laga terakhir yang krusial. Ia mengimbau bagi pemain yang telah mengantongi beberapa kartu kuning agar tidak melakukan pelanggaran yang tidak penting.


Baca Juga :
- Sampai di Indonesia Nama Shin Taeyong Tidak Disebut Segamblang di Manila
- Shin Tae-yong Putuskan Melatih Shenzhen FC

Sebab, bukan saja terancam tidak bisa tampil pada pertandingan berikutnya.  Salah-salah pelanggaran yang tidak seharusnya dilakukan  membuahkan hukuman penalti di saat pertandingan berlangsung.

Menghadapi Barito Putera di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11), menjadi fokus perhatian Robert untuk masalah yang satu ini. Maklum, saat ini di tim asuhannya, hampir semua pemain vital telah mengantongi kartu kuning lebih dari satu.

Yang menjadi persoalannya untuk masalah kartu kuning ini adalah menghadapi pertandingan berikutnya. Apabila para pemain yang telah mengantongi dua sampai tiga kartu kuning lalu kembali mendapatkan satu kartu kuning saja ketika melawan Barito Putera, praktis menghadapi Bali United di laga berikutnya tidak bisa tampil.

“Oleh karena itu, bukan saja saya harus memikirkan hal teknis, tetapi saya pun harus memikirkan non teknis seperti masalah kartu kuning untuk satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Karena itu lagi kami harus  membuat cara agar masalah ini aman dan tidak merugikan tim kami,” ucap Robert.

Cara efektif untuk mengantisipasi hal tersebut kata Robert, adalah mengistirahatkan pemain yang telah mengantongi dua sampai tiga kartu kuning saat menghadapi Barito Putra nanti. Sebaliknya, para pemain yang terbilang aman dari ancaman tersebut akan diproyeksikan masuk starting line up.

“Berarti kami harus melakukan rotasi  dan mempersiapkan pemain penggantinya. Tetapi, untuk pemain penggantinya itu harus benar-benar siap sehingga ketika satu atau sampai dua pemain harus terkena akumulasi kami tidak kesulitan mencari penggantinya dan tidak dalam kondisi kelelahan, betul hal ini sangatlah penting untuk kami pikirkan,” ujar pelatih berdarah Belanda itu.

Saat ini ada 10 pemain Persib yang terancam hukuman akumulasi kartu. Mereka adalah Ahmad Jufrianto (delapan kartu kuning), Ardi Idrus, Febri Hariadi, Hariono (empat kartu kuning),  Made Wirawan, Erwin Ramdani, Abdul Aziz , Kevin van Kippersluis, Indra Mustafa, dan Nick Kuippes dengan masing-masing dua kartu kuning.

Sebab, dalam Pasal 57regulasi Liga 1 diatur bahwa Pemain yang memperoleh akumulasi tiga kartu kuning dalam tiga Pertandingan yang berbeda tidak diperkenankan untuk bermain satu kali Pertandingan pada pertandingan berikutnya. Aturan ini juga berlaku untuk kelipatan berikutnya (kelima, ketujuh, kesembilan, dan seterusnya).

“Kami harus hindari ancaman kartu kuning ini. Ini jangan sampai terjadi, karena kami akan menghadapi pertandingan-pertandingan penting ke depannya dan kami jangan sampai kehilangan satu pun pemain akibat kartu kuning,” ucap Robert.

Robert berharap, dengan situasi dan kondisi seperti itu, ada sisi positif yang akan teradopsi baik bagi tim maupun para pemain. “Terutama bagi pemain pelapis, mereka akan selalu siap dan memiliki kesempatan, kebugaran juga akan terjaga dan sama dengan pemain inti,” ucap Robert.***ARIEF NUGRAHA KUSUMANINGRAT


Baca Juga :
- Hindari Sanksi, Panpel Imbau Suporter PSIS
- Songsong Liga 1, Stadion Brawijaya Ditutup

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA