#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Semifinal Indonesia vs Malaysia: Ada Gengsi dan Emosi, Siaran Langsung di Streaming Menoreh TV
22 November 2019 01:35 WIB
BALIPAPAN - Rivalitas antara Indonesia dan Malaysia tak pernah berujung di lapangan rumput. Acap mengundang emosi. Gengsi dan harga diri dipertaruhkan. Pertemuan kedua negara tak ubahnya laga klasik El Clasico. 

"Ya sejarah rivalitas dari tim nasional baik senior maupun yunior sudah mengakar. Ini seperti El Clasico-nya Asia Tenggara. Pertandingan pasti sengit," kata Bambang Waskito, pelatih tim Pelajar U-18 Indonesia. 

Pertandingan semifinal Asian Schools Football Championship U-18 ini akan berlangsung di Stadion Batakan, Balikapapn, Kalimantan Timur, Jumat (22/11).  Laga ini akan disiarkan Live Streaming Menoreh TV pada pukul 20.00 WITA atau 19.00 WIB.


Baca Juga :
- Pelatih Timnas U-22 Malaysia: Juara Piala Dunia pun Saya Tetap Dipecat
- Menpora Yakin Indonesia Bisa Bawa Pulang Medali Emas Sepak Bola SEA Games 2019

Indonesia berstatus juara Grup B setelah menaklukkan Korsel 2-1, memangkas Sri Lanka 8-0 dan menelan kekalahan 1-2 dari Cina. Sedangkan Malaysia runner-up Grup A yang dalam perjalanannya mengalahkan India 6-1, menekuk Singapura 3-0 dan kalah 2-4 dari Thailand. 

"Kami berharap para pemain mampu mengontrol emosi. Bermain sabar dengan sentuhan bola-bola pendek. Kalau emosi permainan jadi tidak terukur karena main otot. Ini sebuah kerugian karena secara skill individu kami lebih unggul," kata pelatih tim Pelajar U-18 Indonesia, Bambang Warsito.

Tapi Bambang Warsito belum bisa memastikan kapten Muhammad Supriadi dapat ikut tampil dalam partai tersebut. Pada sesi latihan Kamis (21/11) sore, penyerang timnas U-19 itu hanya menyaksikan rekan-rekannya berlatih. 

"Supriadi masih dalam perawatan dokter, kita tunggu hasilnya semoga membaik dan bisa ikut bermain," ujar Bambang.

Supriadi--yang pernah menimba ilmu di Liverpool - mengalami cedera tulang kering di kaki kirinya ketika melawan Korsel. Absennya Supriadi diakui Bambang Warsito bisa mempengaruhi daya gedor.

Namun hal tersebut tidak membuat sang arsitek kehilangan akal. Dia sudah menyiapkan berbagai cara dan strategi untuk melawan Malaysia. "Saya akan berusaha terus menggali lubang kelemahan Malaysia agar bisa ditekan anak-anak. Kita tidak boleh kehilangan akal tanpa Supriadi," tuturnya.

Bambang Warsito menekankan tim berjuluk 'Elang Muda Asia' untuk bermain secara tim, kolektivitas dan lebih mempercepat sirkulasi bola. Serta lebih menekan pertahanan lawan. 

Menurutnya kekuatan Malaysia sama kuatnya dengan Indonesia, hanya saja Indonesia unggul dalam skil Individunya. Sedangkan Timnas Malaysia kerjasama timnya bagus.

Di pihak lain, pelatih Malahysia Sabri bin Abdul Saffar mengakui pertandingan ini sangat bergengsi. Menurutnya timnmya dalam kondisi 100 persen siap tempur, tidak ada yang cedera. Dia menyebut peluang kedua tim sama besar: 50-50. 

"Kami ingin menembus final. Kami hanya fokus pada tim kami, bukan lawan," kata Sabri. 

Aiman Danish yang mencetak trigol ketika Malaysia melipat India 6-1 di fase grup menjadi andalan. Tapi, dia menyadari seorang Aiman Danish tidak cukup. Karenanya, dia menekankan timnya untuk bermain kolektif dalam skema 4-4-2. 

"Kami sadar butuh kerja keras. Kami bukan hanya berhadapan melawan 11 pemain di lapangan tapi juga dukungan suporter Indonesia yang fanatik. Tentu ini akan mempengaruhi permainan kami," ujar Sabri.*

Daftar Pemain Tim Pelajar U-18
Kiper:
Sabda Yoga Bhuana Putra, Hendrikus Rani Kumi

Belakang: Wenvi Adhana, Bagas Arga Syachputra, Sandi Kusumah, Fatur Adam Setiawan, Fadhillah Nur Rahman, Komang Teguh Trisnand, Muhamad Salman Alfarid, Nicholas Saputra.

Tengah: M. Zein Amarullah, Muhammad Reza Alfariz, Fernando Ahmad Fauzan, Ikwan Ali Tanamal, Muhammad Supriadi, Asdi Ohorella, Jason Armandi J Tandi.


Baca Juga :
- Indonesia Paceklik Emas 28 Tahun, Vietnam Lebih Parah, 60 Tahun!
- Perolehan Medali SEA Games Filipina: Indonesia Kukuh di Posisi Kedua Tinggalkan Malaysia dan Vietnam

Depan: Christian Robertus Rumbiak, Lutfi El Hakim Saragih, Sulistianto, Ahmad Attalah Araihan, Robbani Tasnim Siddiq, Rizki Armando

Pelatih: Bambang Wasito

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA