#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Format Undian Piala Eropa 2020 Dinilai Penuh Skandal
22 November 2019 09:30 WIB
BUKARES - Putaran final Piala Eropa 2020 baru berlangsung pada pertengahn tahun depan. Tetapi, tata cara undian grup yang baru akan dilakukan pada 30 November mendatang di Bukares, Rumania, sudah menuai kritik. Pasalnya, beberapa tim telah mengetahui siapa saja lawan yang akan mereka hadapi di fase grup turnamen paling bergengsi di Eropa itu sebelum undian tersebut digelar.

Berbeda dengan seluruh edisi sebelumnya, Piala Eropa 2020 akan digelar di 12 negara berbeda. UEFA telah menetapkan 12 kota negera-negara itu yang akan jadi tuan rumah. Kota-kota itu adalah London (Inggris), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Amsterdam (Belanda), Baku (Azerbaijan), Bukares (Rumania), Saint Petersburg (Rusia), Dublin (Republik Irlandia), Bilbao (Spanyol), Budapest (Hungaria), Glasgow (Skotlandia), dan Kopenhagen (Denmark).

Format yang tidak bisa ini membuat UEFA harus berpusing ria untuk memastikan tim-tim tuan rumah yang berhasil lolos tampil di kandang pada fase grup nanti. Sementara itu, Stadion Wembley di London terpilih untuk menggelar kedua partai semifinal dan satu partai final.


Baca Juga :
- Jika City Tanpa Pep...
- Salah Simpan Ambisi Kejar Pencapaian Legenda Man. City

Selain itu, UEFA juga harus memastikan bahwa sejumlah tim tidak tergabung dalam grup yang sama di putaran final nanti lantaran alasan politis. Sebagai contoh, Ukraina dan Rusia tidak boleh saling bertemu di fase grup lantaran konflik antara kedua negara itu di wilayah timur Ukraina.

Batasan-batasan ini membuat sejumlah tim bisa langsung mengetahui lawan yang akan mereka hadapi. Salah satunya Belgia yang dipastikan bakal tergabung di Grup B bersama Rusia dan Denmark. Kenyataan ini tidak pelak membuat kesal gelandang De Rode Duivels, Kevin De Bryune.

“Ini jelas sebuah skandal,” kata bintang Manchester City itu. “Sepak bola tidak lagi jadi sepak bola, tapi berubah jadi sebuah bisnis. Buat saya ini seperti kompetisi palsu. Format ini menghilangkan semua ketegangan yang biasa dihadapi saat undian dilakukan.”

Tim lain yang juga sudah mengetahui lawan yang akan dihadapi adalah Belanda. Tim Oranye akan masuk ke dalam Grup C bersama Ukraina. Wajar jika pelatih Ronald Koeman tidak lagi memandang serius undian nanti.


Baca Juga :
- Guardiola Akui Standar Man. City Anjlok
- Taklukkan Tottenham dan City, Solskjaer Bingung MU Tak Bisa Menang Lawan Tim Kecil

“Saya tidak terlalu mengerti dengan format baru ini. Saya telah menanyakan kepada pihak federasi (KNVB) apakah saya tetap harus menghadiri undian pada 30 November nanti atau tidak,” ujarnya.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Seeding Undian Piala Eropa 2020
Pot 1: Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Ukraina
Pot 2: Prancia, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, Rusia
Pot 3: Portugal, Turki, Denmark, Austria, Swedia, Rep. Ceko
Pot 4: Wales, Finlandia, empat pemenang babak play-off
*Undian akan digelar di Bukares, Rumania pada 30 November.

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA