#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ini Yang Dilakukan Marquez Sebelum Liburan Musim Dingin
29 November 2019 09:02 WIB
JEREZ – Marc Marquez melewati operasi bahu kanan dengan sukses. Dislokasi yang dialami, menyusul kecelakaan saat kualifikasi putaran ke-18 MotoGP 2019 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 3 November lalu, memburuk. Penyebabnya adalah insiden besar saat tes di Sirkuit Jerez, Spanyol, 25 November lalu.

Tak ingin semakin parah, Marquez memutuskan cepat melakukan operasi bahu kanan. Maklum, pembalap asal Spanyol itu pernah mengalami momen lebih buruk lantaran cedera bahu kiri. Sepanjang 2018, ia merasakan sakit lantaran terlalu mudah dislokasi. Namun, pengujung tahun itu, dirinya memutuskan naik ke meja operasi.

Ketika itu, dokter menanamkan logam untuk memperkuat bahu kiri. “Setelah merasakan ketidaknyamanan pada bahu kanan akibat insiden pada tes (pramusim) hari pertama di Jerez, Marc memilih melakukan operasi sebagai tindakan pencegahan. Ia akan beristirahat 48 jam setelah ini,” ujar Honda dalam pernyataan resmi.


Baca Juga :
- Alex Marquez Debut Bersama Honda, Baru Delapan Lap Sudah Jatuh, Begini Komentarnya
- Line Up Sementara Rider MotoGP Musim 2020 Saat Ini

Honda menuturkan, Marquez menjalani operasi di Rumah Sakit Universitari Dexeus-Quiron, Spanyol, Rabu (27/11) waktu setempat. Ia ditangani oleh Dr. Xavier Mir, Dr. Victor Marlet dan Dr. Teresa Marlet. Proses tersebut turut dibantu para ahli dari Institut Katalan Traumatologi dan Kedokteran Olahraga (ICATME).

Namun, masih belum diketahui apakah cedera bahu kanan Marquez bakal berdampak terhadap kelajutan tes pramusim pembalap 26 tahun itu. Honda hanya memastikan, cedera bahu kanan yang dialami Marquez hampir sama dengan bahu kiri di pengujung 2018. Saat itu, Marquez sedikit kesulitan tampil agresif di lintasan.

“Musim dingin ini, saya akan menikmati liburan karena telah melewati tahun ini dengan luar biasa. Tapi, sebelum itu, ini saat yang tepat untuk operasi bahu kanan. Seperti yang kalian tahu, tahun lalu saya mengoperasi bahu kiri yang sudah benar-benar rusak. Keputusan ini saya ambil untuk menghindari itu,” katanya.

Untuk memulihkan kondisinya dengan cepat, Marquez bakal beristirahat di Cervera, Spanyol, kampung halamannya. Seperti yang dilakukannya tahun lalu setelah mengoperasi bahu kiri. Di sisi lain, dirinya akan menjalani serangkaian terapi demi mempercepat proses pemulihan dan segera kembali ke lintasan bersama Honda.

“(Proses pemulihan) ini akan memakan waktu kurang lebih sama seperti pemulihan bahu kiri, musim dingin lalu. Kemudian, kami akan tetap bekerja dengan cara sama agar tes di Malaysia bisa dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya,” kata Marquez soal pramusim di Sirkuit Internasional Sepang, 7-9 Februari 2020.

Pada tes pramusim di Sirkuit Internasional Sepang, Honda berharap Marquez dan Takaaki Nakagami, hadir. Sekadar informasi. pembalap asal Jepang tersebut sudah menjalani operasi bahu kanan, 29 Oktober lalu. Menjalani operasi lebih awal membuat Nakagami harus absen dalam tiga putaran terakhir MotoGP 2019.


Baca Juga :
- Marquez Tiga Kali Persembahkan Triple Crown untuk Honda
- Jatuh Saat Berusaha Salip Marquez, Vinales Merasa Bangga

Untuk itu, posisinya dalam LCR Honda digantikan Johann Zarco. Nakagami diharapkan kembali lebih cepat agar bisa beradaptasi, mengingat persaingan musim depan diyakini bakal lebih sulit. Tentunya, dengan kondisi fisik 100 persen agar tak kesulitan mengendarai motor di lintasan. 

Bagaimanapun, Marquez sebagai andalan Honda sangat diperlukan untuk mengembangkan motor terbaru. Pasalnya, pada tes di Sirkuit Jerez dan Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Honda belum mendapat setelan tepat pada RC213V 2020. Itu juga membuat Marquez kerap terjatuh ketika menjajal setelan yang berbeda.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA