#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Perjalanan Die Roten Bullen Mirip Dongeng
29 November 2019 13:15 WIB
LEIPZIG - RB Leipzig berhasil mewujudkan mimpi. Mereka untuk kali pertama menembus fase knock-out Liga Champions. Adalah hasil imbang saat menjamu klub dari Portugal, SL Benfica, 2-2, pada matchday kelima Grup G di Red Bull Arena, Rabu (27/11).

Keberhasilan melangkah ke 16 besar Liga Champions ini menjadi babak berikutnya dari riwayat hidup Leipzig yang mirip kisah dongeng. Didirikan pada 2009, Die Roten Bullen hanya butuh waktu tujuh tahun untuk menembus Bundesliga (2016/17).

Pada musim berikutnya (2017/18), mereka sudah mampu berlaga di Liga Champions. Kini, skuat pelatih Julian Nagelsmann sudah termasuk 16 tim terbaik di Eropa. Ini sesuai judul Leipziger Lebenstraum (Kehidupan Impian Leipzig) yang ditulis harian Bild.


Baca Juga :
- Paling Banyak! Segini Jumlah Kartu Kuning Pique
- Presiden Valencia Berada di Katalan, Rodrigo Selangkah Lagi Berkostum Barca

“Bagi sebagian dari kami, impian panjang akhirnya jadi kenyataan. Terutama buat beberapa pemain yang telah bersama kami sejak divisi 3 dan 2,” kata Nagelsmann yang juga baru pertama kali lolos ke babak 16 besar sebagai pelatih setelah tersingkir di fase grup bersama TSG Hoffenheim musim lalu.

Lolos ke fase knock-out Liga Champions bukan hanya mengangkat gengsi Leipzig, tapi juga menambah pundi-pundi mereka. Pasalnya, setiap tim yang mencapai babak 16 besar berhak atas bonus 9,5 juta euro (Rp147,4 miliar). Sejauh ini Die Roten Bullen telah mengantongi total 33,750 juta euro (Rp523,6 miliar).

Hasil melawan Benfica membuat Leipzig naik ke puncak klasemen Grup G dengan 10 poin, unggul tiga poin atas Zenit Saint Petersburg dan Olympique Lyon yang menempati peringkat kedua dan ketiga. Dengan hanya satu laga tersisa, Die Roten Bullen dipastikan finis minimal sebagai runner-up berkat keunggulan head-to-head atas Zenit.

Leipzig bahkan hanya butuh satu poin dalam pertandingan terakhir lawan Lyon 10 Desember nanti untuk memastikan keluar sebagai juara grup. Di pihak lain, Benfica dipastikan tersingkir. Tapi, As Aguias masih berpeluang finis di peringkat ketiga dan melanjutkan aksi di Liga Europa.

Keberhasilan Leipzig lolos ke fase knock-out terasa lebih manis mengingat mereka sempat tertinggal 0-2 lantaran gol-gol Pizzi dan Carlos Vinicius. Situasi ini berlangsung hingga pengujung laga sebelum Emil Forsberg muncul sebagai pahlawan dengan memborong dua gol balasan pada menit ke-90 dan 96.

“Menembus fase knock-out untuk kali pertama dalam sejarah klub ini menunjukkan bahwa kami melakukan hal yang benar dan maju ke arah yang benar,” kata Forsberg. “Kami punya tim fantastis dengan banyak pemain muda yang sangat potensial. Saya tidak akan pernah melupakan pertandingan ini. Atmosfernya luar biasa dan ini sebuah sukses besar buat suporter dan klub kami.”

Dengan lolosnya Leipizig, kini sudah dua dari empat wakil Jerman di fase grup Liga Champions musim ini yang sudah pasti lolos ke 16 besar, Leipzig dan FC Bayern Muenchen. Die Bayern bahkan telah memastikan keluar sebagai juara grup. Dua tim Bundesliga lainnya, Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen masih berpeluang menyusul.

Dortmund harus meraih poin lebih banyak daripada FC Internazionale pada matchday terakhir untuk finis sebagai runner-up Grup F di bawah FC Barcelona. Di pihak lain, Leverkusen bakal lolos ke 16 besar jika menang atas Juventus FC pada laga terakhir Grup D dan Atletico Madrid gagal mengalahkan Lokomotiv Moscow.

Seperti Jerman, Spanyol dan Inggris pun baru memastikan masing-masing dua tim yang lolos ke 16 besar dari empat  yang berlaga di fase grup. Tapi, baru satu dari empat wakil Italia yang menembus fase knock-out yaitu Juventus FC.

La Liga meloloskan Real Madrid dan Barcelona sementara Atletico dan Valencia CF masih harus berjuang di matchday terakhir. Los Rojiblancos akan lolos jika menang atas Lokomotiv atau jika Leverkusen gagal mengalahkan Juventus. Sebaliknya, Los Che butuh kemenangan atas AFC Ajax atau meraih poin yang sama dengan peroleh Chelsea FC lawan Lille OSC.

Tottenham Hotspur dan Manchester City adalah dua wakil Liga Primer yang sudah lolos. Tapi, perjuangan juara bertahan Liverpool FC dan Chelsea belum berakhir. The Reds hanya butuh hasil imbang pada laga terakhir lawan Red Bull Salzburg sedangkan The Blues harus menang lawan Lille. Hasil seri pun akan cukup buat skuat Frank Lampard dengan syarat Valencia kalah dari Ajax.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Situasi Usai Lima Laga Fase Grup Liga Champions 2019/20

Tim-tim yang Telah Lolos ke 16 Besar
Grup A:
Paris Saint-Germain (juara), Real Madrid (runner-up)
Grup B: Bayern Muenchen (juara), Tottenham (runner-up)
Grup C: Manchester City (juara)
Grup D: Juventus FC (juara)
Grup E: Belum ada
Grup F: FC Barcelona (juara)
Grup G: RB Leipzig
Grup H: Belum ada

Tim-tim yang Masih Berpeluang Lolos ke 16 Besar
Grup A:
Tidak ada
Grup B: Tidak ada
Grup C: Shakhtar Donetsk, Dinamo Zagreb, Atalanta BSC
Grup D: Atletico Madrid, Bayer Leverkusen
Grup E: Liverpool FC, SSC Napoli, Red Bull Salzburg
Grup F: FC Intermazionale, Borussia Dortmund
Grup G: Zenit Saint Petersburg, Olympique Lyon
Grup H: AFC Ajax, Valencia CF, Chelsea FC

Tim-tim yang Telah Tersingkir
Grup A:
Club Brugge*, Galatasaray SK*
Grup B: Red Star Belgrade*, Olympiacos FC*
Grup C: Belum ada
Grup D: Lokomotiv Moscow
Grup E: KRC Genk
Grup F: Slavia Praha
Grup G: SL Benfica*
Grup H: Lille OSC
Keterangan: *Masih berpeluang finis di peringkat ketiga dan transfer ke Liga Europa.

 

 


Baca Juga :
- Spurs Dekati Milan untuk Dapatkan Piatek
- Setelah Datangkan Politano, Napoli Akan Lepas Callejon

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA