#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Inilah Rahasia Teknis di Balik Sukses Man. United
09 December 2019 10:02 WIB
MANCHESTER - Kemenangan fantastis Manchester United FC (MU) Manchester City FC, 2-1, Sabtu (7/12) malam lalu, mencuatkan satu fakta mengejutkan. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer menjelaskan, taktik serangan balik (counter-attacking) yang cepat, terukur, dan efisien, kini sudah menjadi identitas Man. United. Meskipun begitu, ia meminta publik, terutama penggemar MU, tidak melihat negatif taktik ini.

“Kami sudah merancang taktik ini sejak saya kembali (sebagai pelatih) karena itulah (ciri khas) Man. United,” ucap Solskjaer, striker MU pada 1996-2007. “Serangan balik terdengar sangat negatif dalam sepak bola. Bagi saya, ini taktik menyerang cepat yang bertumpu pada aliran bola yang tepat.”

Pada pertandingan pekan ke-16 Liga Primer di Stadion Etihad tersebut, MU langsung menghentak tim juara Liga Primer dua musim terakhir itu di babak pertama. Dalam 30 menit awal, serangan para pemain Setan Merah mampu memaksa kiper City, Ederson Moraes, tiga kali melakukan penyelamatan dan sekali tembakan membentur tiang.


Baca Juga :
- Soal Ketertarikan Madrid Pada Sterling, Ini Jawaban Zidane
- Dapat Tugas Sekolah, Fan Cilik MU Ini Kirim Surat ke Jurgen Klopp, Dapat Balasan

Hasilnya, Man. United mampu mencetak gol dalam tempo kurang dari 30 menit yang masing-masing dicetak Marcus Rashford (penalti) dan Anthony Martial. The Citizens baru mampu membalas sekitar lima menit sebelum peluit panjang lewat bek Nicolas Otamendi memanfaatkan tendangan sudut.

Serangan balik telah menjadi ciri khas Setan Merah sejak Solskjaer datang. Pelatih asal Norwegia itu mulai mengembangkan taktik counter-attacking sekitar enam bulan pertamanya sebagai karteker setelah dipilih pada Desember 2018 lalu.

Man. United terbukti berhasil memaksimalkan taktik tersebut saat melawan City yang musim ini memiliki masalah dengan pertahanan. Dengan kecepatan, teknik, dan visi permainan yang di atas rata-rata, Daniel James, Jesse Lingard, Rashford, dan Martial, memegang peran penting dalam taktik serangan balik cepat Setan Merah.

Dengan taktik counter-attacking, Solskjaer meminta pemainnya untuk tidak terlalu fokus pada penguasaan bola. Pelatih 46 tahun itu lebih menginginkan pemainnya piawai meningkatkan akurasi operan panjang yang cepat.

“MU memiliki pemain yang sangat bagus soal kecepatan dan skill dalam diri James, Lingard, atau Rashford. Dengan pemain seperti itu, kami mampu membuat banyak peluang seperti yang kami lakukan terhadap City,” kata Solskjaer.   

Taktik counter-attacking racikan Solskjaer untuk Setan Merah diperkuat dengan statistik mereka dari 16 pertandingan Liga Primer yang sudah dijalankan. Karena mengandalkan serangan balik, MU bukan berarti tidak mampu unggul penguasaan bola. Dari 16 pertandingan liga, mereka tercatat 10 kali unggul dalam penguasaan bola.

Namun begitu, persentase kemenangan MU ternyata jauh lebih besar saat mereka kalah penguasaan bola dalam lima pertandingan. Mereka mengalahkan Chelsea FC 4-0 (saat penguasaan bola hanya 49 persen), Leicester City FC 1-0 (46 persen), Brighton & Hove Albion 3-1 (47 pesen), Tottenham Hotspur 2-1 (48 persen), dan City 2-1 (31 persen) serta menahan Liverpool FC 1-1 (40 persen).

Keberhasilan menahan Liverpool menjadikan MU satu-satunya tim di Liga Primer musim ini yang mampu mencuri poin dari skuat pelatih Juergen Klopp tersebut. Bagi Solskjaer, kemenangan atas City lalu membuatnya kini hanya dua kali menelan kekalahan dari klub-klub The Big Six (Man. City, Liverpool, Chelsea, MU sendiri, Tottenham, dan Arsenal) di semua kompetisi.


Baca Juga :
- Guardiola Bantah Rumor ke Juventus
- RvP: MU Tak Konsisten, Solskjaer Butuh Waktu

Dari 13 kali berduel melawan kelima klub sebagai pelatih MU, Solskjaer mampu tujuh kali menang, empat imbang, dan hanya dua kali menelan kekalahan. Rasio kemenangannya mencapai 53,8 persen (kekalahan hanya 15,4 persen). Di bawah Solskjaer, MU mampu mencetak rata-rata 1,5 gol per laga melawan The Big Six dengan kemasukan hanya 0,8 per laga.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER  

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA