#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Napak Tilas Medali Emas SEA Games 1987 dan 1991
09 December 2019 20:46 WIB
MANILA - Dari 7 kali masuk final SEA Games, Timnas Indonesia baru dua kali meraih medali emas. Masing-masing pada SEA Games 1987 Jakarta dan SEA Games 1991 Manila.

Dua pelatih yang sukses mengantarkan Indonesia meraih emas adalah Bertje Matulapelwa dan Anatoly Polosin. Bertje untuk SEA Games 1987, kemudian Polosin di SEA Games 1991.

Di final 1987 Indonesia mengalahkan Malaysia. Beberapa pemain andalan Indonesia saat itu adalah M. Yunus, Jaya Hartono, Roby Darwis, Marzuki Nyak Mad, Azhari Rangkuti, Ribut Waidi, Hery Kiswanto, Ricky Yacob, Rully Nere, hingga Budi Wahyono.


Baca Juga :
- Reward untuk Aguero, Boleh Kapan Saja Cabut dari Man City, Ini Alasannya
- Valverde Tamat Beneran, Penggantinya Eks Pelatih Real Betis, Kandidat Lama

Saat itu Indonesia menang dengan skor 1-0. Gol penentu kemenangan Indonesia dicetak Ribut Waidi. Pertandingan berlangsung sampai perpanjangan waktu. Gol hadir pada menit ke-91.

Lalu di final 1991, Indonesia mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti. Skor selama 90 menit, plus perpanjangan waktu adalah 0-0. Indonesia menang adu penalti dengan skor 4-3.

Deretan pemain Timnas Indonesia di final 1991 itu antara lain Ferryl Raymond Hattu, Aji Santoso, Robby Darwis, Sudirman, Maman Suryaman, Kas Hartadi, Widodo C. Putro, Rochy Putiray, hingga Bambang Nurdiansyah.


Baca Juga :
- Ibrahimovic Pergi, LA Galaxy Datangkan Chicharito, Pembeliannya Jadi Rekor Klub
- Full Squad! Ada 20 Wakil Kita di Indonesia Masters 2020, Ayo Kejar Prestasi

Kini Indonesia lolos lagi ke final SEA Games 2019. Dengan pelatih Indra Sjafri. Beberapa pemain andalannya adalah Nadeo Argawinata, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, sampai Osvaldo Haay.

Akankah Indonesia mampu mengulang sukses medali emas 1987 dan 1991? Kita tunggu saja.*Ari DP

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA