#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Dortmund Butuh Winger Muda Inggris Ini
10 December 2019 13:10 WIB
DORTMUND - Borussia Dortmund akan menghadapi laga sangat krusial di Liga Champions. Pada pertandingan keenam Grup F di Signal Iduna Park, Selasa (10/12) malam, Die Borussen akan menghadapi Slavia Praha.

Tapi, target terdekat Dortmund ke 16 besar Liga Champions dipastikan akan sangat berat. Nasib mereka juga bergantung pada hasil yang diraih FC Internazionale. Die Borussen hanya akan lolos jika hasil yang mereka raih saat menjamu Slavia lebih baik daripada yang diperoleh I Nerazzurri lawan FC Barcelona di San Siro.

Untuk membantu memenuhi target tersebut, Dortmund sangat memerlukan peran Jadon Sancho. Winger 19 tahun asal Inggris ini selalu mencetak gol dalam empat laga terakhir di seluruh kompetisi. Ini kali pertama dia melakukan itu sepanjang kariernya.


Baca Juga :
- Carles Perez TIba di Kota Roma
- Paling Banyak! Segini Jumlah Kartu Kuning Pique

Tren ini bermula pada pekan ke-12 Bundesliga lawan SC Paderborn. Sancho mencetak satu gol dalam laga itu yang mengawali kebangkitan Dortmund dari ketertinggalan 0-3 hingga meraih hasil seri 3-3. Dia lalu mencetak satu-satunya gol balasan Die Borussen saat kalah 1-3 dari FC Barcelona pada matchday 5 Liga Champions.

Pada laga berikutnya lawan Hertha Berlin di pekan ke-13 Bundesliga, Sancho kembali mencetak satu gol untuk membantu Dortmund menang 2-1. Aksi terakhirnya lawan Fortuna Duesseldorf akhir pekan lalu bahkan lebih bersinar. Dia menyumbangkan dua gol dan satu assist yang memuluskan kemenangan 5-0 buat Die Schwarzgelben

Ini kali pertama Sancho mencetak brace (dua gol dalam satu laga) musim ini sekaligus yang ketiga dalam kariernya bersama Dortmund. Sebelumnya, dia membuat dua brace di Bundesliga musim lalu, lawan Hertha Berlin dan FSV Mainz 05. Total, Sancho telah mencetak sembilan gol dan 10 assist dalam 20 laga seluruh kompetisi musim ini. 

Artinya, Sancho terlibat langsung dalam proses terciptanya 19 gol musim ini, terbanyak di antara para pemain Dortmund. Dia unggul jauh tiga pemain yang berbagi tempat di urutan kedua dengan kontribusi total 11 gol. Mereka adalah Marco Reus (9 gol, 2 assist), Achraf Hakimi (6 gol, 5 assist), dan Thorgan Hazard (3 gol, 8 assist).

Catatan ini jadi lanjutan dari torehan cemerlang Sancho dalam debut penuhnya musim lalu. Saat itu dia menyumbangkan 13 gol dan 19 assist dalam 43 penampilan di seluruh kompetisi. Performanya yang membaik belakangan ini juga jadi penebus sikapnya yang indisipliner beberapa waktu sebelumnya.

Sancho sempat dijatuhi denda 86 ribu paun (Rp 1,5 miliar) dan dicoret dari daftar pemain Dortmund pada laga Bundesliga lawan Borussia Moenchengladbach 19 Oktober lalu. Pasalnya, dia terlambat kembali usai memperkuat tim nasional Inggris. Sancho kemudian tak masuk starting eleven Die Borussen lawan Barcelona di Liga Champions sebagai sanksi atas keterlambatannya hadir dalam rapat tim.

Ulah tersebut juga membuat Sancho beberapa kali dikritik oleh pelatih Lucien Favre di muka publik. Situasi ini membuat dirinya merasa terhina. Mantan pemain Manchester City ini merasa dirinya dijadikan kambing hitam oleh sang pelatih atas performa buruk Dortmund saat itu.

Kekecewaan itu memunculkan isu yang menyebutkan Sancho ingin segera hengkang dari Dortmund. Klub-klub top Eropa pun mulai mengambil ancang-ancang untuk merayu pemain kelahiran Camberwell ini. Chelsea FC disebut-sebut sebagai peminat terbesar. The Blues bahkan siap merogoh kocek hingga 100 juta paun (Rp 1,8 triliun) untuk membiayai transfer pemain itu ke Stamford Bridge.


Baca Juga :
- Presiden Valencia Berada di Katalan, Rodrigo Selangkah Lagi Berkostum Barca
- Juventus Tawarkan Barcelona Emre Can, Imbalannya Ivan Rakitic

Tapi, direktur olahraga Dortmund, Michael Zorc, membantah kabar tersebut. “Kami akan terus menyusun rencana bersamanya,” ujar Zorc. “Dia pemain fundamental buat kami dan saya tidak pernah membayangkan skenario dia meninggalkan kami. Kami dalam situasi yang bagus. Saat masuk sebagai pemain pengganti lawan Barcelona dan Hertha dia memberikan penampilan terbaik.”

Dortmund jelas tidak akan mau kehilangan Sancho dalam waktu dekat ini. Sebab, dia punya kontribusi penting dalam sukses Die Borussen naik ke peringkat ketiga klasemen Bundesliga akhir pekan lalu. Kini, peran Sancho sangat dibutuhkan skuat Favre untuk memastikan tiket ke babak 16 besar Liga Champions.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA