#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Minim Pengalaman, Kapasitas Arteta Memimpin Arsenal Diragukan
19 December 2019 11:50 WIB
LONDON – Freddie Ljungberg masih dipercaya sebagai caretaker (pelatih interim) Arsenal FC sampai manajemen klub menemukan pelatih tetap. Saat ini kubu The Gunners masih berusaha mendatangkan Mikel Arteta. Mereka memang menginginkan asisten pelatih Manchester City FC tersebut sebagai juru taktik baru bagi Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan.  

Namun rencana untuk mengangkat Arteta mendapatkan hambatan. Pasalnya sejumlah bintang Arsenal meragukan kapasitas pria asal Spanyol tersebut. Maklum, selama ini ia belum pernah menjadi pelatih kepala sejak pensiun pada 2016 lalu. Tetapi, The Gunners meyakini pengalaman tiga tahun menjadi tangan kanan juru taktik Josep “Pep” Guardiola di Man. City sudah cukup bagi mereka. 

Keraguan juga tidak datang dari para pemain. Pelatih legendaris Arsenal Arsene Wenger pun mengungkapkan kekhawatirannya. Pria yang mengasuh The Gunners pada periode 1996 hingga 2018 lalu menilai Arteta bakal terbebani bukan hanya untuk mengangkat tim dari keterpurukan, melainkan juga membuktikan kapasitasnya sebagai peramu taktik yang kompeten.


Baca Juga :
- Madrid dan Atletico Berebut Aguero
- Agen Bantah Sterling akan Hengkang dari City

Namun apabila petinggi klub memilih Arteta, semua pihak, termasuk pemain dan suporter Arsenal perlu mendukungnya 100 persen. Le Professeur, julukan Wenger, juga percaya bahwa mantan anak asuhnya tersebut telah menimba banyak pelajaran dari menjadi asisten Guardiola selama tiga tahun terakhir. Hal tersebut bakal menjadi modal berharga jika nantinya Arteta memimpin skuat Emirates.    

“Arteta jelas memiliki masa depan yang hebat (sebagai pelatih). Dia tentu telah belajar banyak dalam pengalamannya sebagai asisten pelatih (Man. City),” kata Wenger yang melatihnya pada 2011 hingga 2016. “Hanya saja, Arteta harus menghadapi kenyataan banyak yang meragukan karena belum berpengalaman. Ini menjadi tantangan besar baginya dan dia harus bisa mengambil dukungan dari semua pihak di klub.”

Pernyataan Wenger itu beralasan. Meskipun mampu mendampingi Pep di Man. City, bukan berarti jaminan bagi Arteta bisa sukses sebagai pelatih utama. Memang ada sejumlah contoh pelatih minim pengalaman yang langsung sukses dalam debutnya. Misalnya, Pep ketika mengasuh FC Barcelona pada 2008/09 dan Zinedine Zidane dengan Real Madrid CF 2016/17. Namun kondisi The Gunners jelas berbeda dengan  dua raksasa Spanyol tersebut.


Baca Juga :
- Guardiola Cocok Melatih Juventus
- Del Piero: Guardiola Cocok untuk Juventus

“Arsenal sedang melalui masa yang sangat sulit. Saya juga menderita seperti fan lainnya,” kata Wenger yang kini menjabag sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA. Walaupun sudah setahun meninggalkan Emirates, faktanya Le Professeur tetap mengikuti perkembangan klub yang pernah dilatihnya selama 22 tahun tersebut. Tak jarang, dia kerap memberikan tips atau komentar membangun untuk The Gunners.

“Saat ini, saya mendukung pelatih yang bertanggung jawab, yaitu Freddie Ljungberg. (Namun), ketika nantinya Arteta yang memimpin, saya juga pasti akan memberi dukungan terhadapnya,” tutur Wenger.*CHOIRUL HUDA

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA