#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Sinar Pemain Asing Debutan Liga 1 yang Bakal Masuk Radar Klub Besar
20 December 2019 06:27 WIB
JAKARTA - Kompetisi Liga 1 2019 akan segera berakhir. Salah satu yang menarik untuk dinantikan, bagaimana masa depan pemain asing pendatang baru yang di musim ini tampil menawan.

Performa mengkilap dari beberapa pemain debutan Liga 1 macam Ciro Alves (Tira Persikabo), Yevhen Bokhashvili ataupun Brian Ferreira (PSS Sleman) dipastikan membuat banyak tim tergoda. Bukan hanya menggoda bagi klub papan atas Liga 1, tapi juga klub-klub dari negara tetangga seperti Malaysia atau Thailand.

Sebab, bukan fenomena baru jika pemain asing debutan yang bagus di Liga 1 kerap dipinang klub Liga Malaysia atau Thailand. Dengan bayaran yang lebih tinggi tentu mereka tak ragu untuk menerima tawaran tersebut.


Baca Juga :
- Pertahanan Persija Belum Aman
- Pembukaan Liga 1 2020 Bakal Viral

Sylvano Comvalius, contohnya. Usai namanya melambung bersama Bali United dan menjadi top scorer Liga 1 2017 (37 gol dari 34 penampilan), ia langsung ditarik klub Thailand Suphanburi. Sayangnya, pemain asal Belanda itu tak bisa bersaing di sana dan kemudian hijrah ke Kuala Lumpur FA dan kini balik lagi ke Indonesia membela Arema.

Selain itu ada juga predator asal Brasil David Da Silva. Setelah tampil gemilang bersama Persebaya di musim 2018, David langsung mendapat tawaran dari klub Korea Selatan Pohang Steelers. Juga Fernando Rodriguez Ortega yang hijrah ke Kedah FA usai tampil tajam sebagai ujung tombak Mitra Kukar di 2018.

Kini, dua nama debutan dari klub debutan Liga 1 2019: Yevhen Bokhasvili dan Brian Ferreira juga berhasil menunjukkan pesonanya. Yevhen, pemuda asal Ukraina ini sudah menunjukkan ketajamannya dengan mampu masuk dalam jajaran elite para striker tajam musim 2019. Saat ini, Yevhen sudah mencetak 16 gol. Sedangkan Brian Ferreira,

playmaker berpaspor Irak berdarah Argentina ini sukses menunjukkan kepiawaiannya sebagai pengatur serangan Super Elang Jawa. Namun, kini sang pemain tengah cedera dan torehan golnya terhenti di angka sembilan. Di media sosial, Brian juga disebut-sebut diminati beberapa klub termasuk Madura United.

“Tidak bisa dimungkiri, para pemain asing musim ini punya kontribusi besar dengan kolaborasi yang bagus bersama pemain lokal yang punya motivasi dan semangat yang tinggi saat bertanding,” kata manajer PSS Sudibyo.

Sudibyo pun sadar kiprah menawan pemain asing ini khususnya Yevhen akhirnya juga membuat tim lain melirik. “Saya dapat dari informasi media tentang Yevhen yang kabarnya diminati tim besar seperti Persib. Kalau saya pribadi, tentunya ingin keempat pemain asing musim ini tetap dipertahankan. Namun di PSS, saya tidak sendiri, kami punya tim untuk memutuskan masalah kontrak pemain,” kata Sudibyo. Ini berbeda dengan dua pemain asing lainnya yakni bek Alfonso De La Cruz dan gelandang Guilherme Batata yang sudah kembali diikat untuk musim 2020 mendatang.

Sementara itu dari tim Tira Persikabo, sosok winger Ciro Alves juga banyak diperbincangkan. Mencatat 14 gol sejauh ini membuat pemain asal Brasil ini dikaitkan dengan tim lain musim depan. Salah satu yang paling santer adalah Bali United.

Bahkan foto pemain dengan nomor punggung 77 itu yang mengenakan jersi Bali United usai laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar di pekan ke-32 disebut-sebut sebagai sebuah sinyal. Ini diperkuat dengan reaksi Ciro Alves yang juga sempat menyapa suporter Serdadu Tridatu di tribune Utara usai pertandingan.

“Untuk Ciro Alves, meski dia baru pertama kali main di Indonesia, namun punya potensi besar. Dia mesin gol musim ini dan pasti akan berusaha dipertahankan untuk musim 2020,” ucap manajer Tira Persikabo Rudi Yulianto. Namun, dia menambahkan, semua tergantung manajemen dan juga tentunya pemain bersangkutan apakah akan tetap bertahan atau tidak.

Di sisi lain, Diogo Campos juga menjadi salah satu debutan yang paling menonjol musim ini. Tidak percuma Persebaya mendatangkan Diogo pada putaran kedua Liga 1 musim 2019 ini.

Didatangkan dari Kalteng Putra, Diogo tampil lebih moncer ketimbang dua pemain asing Persebaya sebelumnya Damian Lizio dan Manu Dzhalilov yang akhirnya dicoret. Bersama Persebaya, Diogo mencetak tujuh gol di putaran kedua ini. Jauh lebih produktif ketimbang saat bersama Kalteng Putra di putaran pertama yang hanya mencetak tiga gol. Sebab, itu tidak heran jika dia kemungkinan besar akan tetap dipertahankan oleh manajemen Persebaya.

Selain itu, ada duo latin lain yang tak kalah menggoda yaitu Alex dos Santos dan Rafinha atau Rafael Gomez bersama Persela. Alex saat ini menjadi top scorer sementara tim dengan koleksi 17 gol atau berada di bawa pencetak gol terbanyak Liga 1 Marko Simic. Sedangkan, Rafinha top scorer kedua di Persela dengan sembilan gol. Jika ditotal keduanya sudah menyumbang separuh lebih gol Persela musim ini, 45 gol.***SRI NUGROHO/ M BAHRUL MARZUKI

 

 


Baca Juga :
- Liga 1 Indonesia 2020 Digelar Besok, 9 Pertandingan Disiarkan Langsung
- Arthur dan Ambrizal Ribut, Jacksen F. Tiago Sebut Ini Lagu Lama

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA