#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Hadapi Borneo FC, Persipura Memburu Kado Natal untuk Warga Papua
21 December 2019 14:25 WIB
SIDOARJO - Tiga poin menjadi bidikan utama Persipura saat menjamu Borneo FC pada pekan terakhir Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (22/12) sore. Kemenangan akan menjadi kado natal yang indah bagi masyarakat Papua.

 Jika menang Persipura juga dipastikan akan menyabet titel runner-up Liga 1 2019 dan memiliki peluang berlaga di Piala AFC 2020 sebagai “cadangan”. Pasalnya, untuk berlaga di kancah Asia tersebut, Persipura harus menunggu hasil play-off Liga Champions Asia (LCA) yang dijalani Bali United. Jika Bali United lolos ke LCA, maka slot Piala AFC dari Liga 1 akan diambil Persipura. Sebaliknya, jika Bali United gagal ke LCA, maka tim Serdadu Tridatu yang akan mewakili Indonesia pada Piala AFC 2020 bersama jawara Piala Indonesia 2018/19 PSM. Namun, PSM lebih dulu harus berjuang dari fase play-off.

Saat ini tim Mutiara Hitam menduduki peringkat kedua klasemen Liga 1 2019 dengan menorehkan 52 poin. Jika Persipura sukses meraih tiga poin posisi mereka di peringkat kedua tak akan tergeser. 


Baca Juga :
- Pertahanan Persija Belum Aman
- Pembukaan Liga 1 2020 Bakal Viral

Tapi jika gagal meraih poin, otomatis posisi tim yang dihuni Muhammad Tahir dan kawan-kawan bisa merosot ke peringkat keenam, sebab Persipura hanya terpaut dua poin dari tim pesaing yang ada di bawah mereka, Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Madura United yang juga berpeluang finis di posisi kedua.

Pelatih Persipura Jacksen Ferreira Tiago memastikan komposisi terbaik akan diturunkan untuk menjamu Borneo FC. “Semua pemain siap untuk bertanding melawan Borneo FC,” kata Jacksen kepada TopSkor.

“Kami juga baru menggelar latihan bersama jagoan-jagoan kami. Puji Tuhan semua berjalan dengan lancar. Kami cuma berharap bisa mengakhiri musim ini dengan baik.

Supaya kami bisa mempersembahkan sebuah momen Natal yang baik untuk keluarga kami dan masyarakat Papua.”

Terkait kekuatan Borneo FC di paruh kedua kompetisi ini, Jacksen baru akan mempelajarinya bersama pasukan perangnya hari ini. Seperti diketahui, Pesut Etam memiliki gelandang asing yang cukup luar biasa performanya, Renan Silva. 

Ya, pemain berdarah Brasil itu sudah mengoleksi 12 gol dan tujuh assist dari 29 pertandingan yang dilakoninya. Renan juga masuk sebagai kandidat pemain terbaik Liga 1 2019, bersama Fadhil Sausu dari Bali United, dan gelandang Arema FC Makan Konate.

“Kami melawan Renan atau Borneo FC? Jadi kami fokus hadapi Borneo FC secara menyeluruh, kami akan pelajari dan susun perencanaan untuk pertandingan besok (22/12),” ucap mantan pelatih Barito Putera tersebut.

Sedangkan, bek kawakan Persipura, Ricardo Salampessy mengatakan fokus utama tim pastinya ingin mendapat hasil positif. “Tentunya akan menjadi kado natal bagi keluarga,suporter, dan masyarakat Papua,” ucap Ricardo kepada TopSkor.

Tapi, motivasi Pesut Etam, julukan Borneo FC tidak kalah besar dari para pemain Persipura. Sebabnya jika Borneo FC sukses meraih poin tiga, mereka bisa finis di peringkat kedua ataupun ketiga. Hasil ini sesuai target yang dicanangkan manajeman.

Asisten pelatih Borneo FC Charis Yulianto mengakui laga ini tidak mudah untuk dilewati. Charis melihat Persipura sangat berambisi menyelesaikan kompetisi pada posisi runner-up, dan dia juga mengetahui perjalanan Mutiara Hitam di bawah kepemimpinan Jacksen.

“Ya pastinya sebenarnya sih ini kansnya memang agak berat, tapi ini mau tidak mau harus bisa memenangi pertandingan kalau ingin finis di papan atas urutan kedua atau ketiga. Kami tahu akan bermain di kandang Persipura, kami sudah menyiapkan strategi juga, ya kami ingin kemauan dan kerja keras pemain untuk tampil maksimal di pertandingan terakhir yang kami anggap ini pertandingan final," kata Charis.


Baca Juga :
- Liga 1 Indonesia 2020 Digelar Besok, 9 Pertandingan Disiarkan Langsung
- Arthur dan Ambrizal Ribut, Jacksen F. Tiago Sebut Ini Lagu Lama

Menurutnya, Persipura mengalami perubahan yang signifikan sejak dipegang Jacksen. “Saya pikir secara materi tidak ada perubahan, mereka sangat nyaman dan secara mental juga bagus. Kami harus mewaspadai mereka yang juga pastinya tidak mau kalah dan akan tampil mati-matian mempertahankan posisinya," Charis menambahkan.***SUMARGO PANGESTU

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA