#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Striker Muda Muenchen Ungguli Sederet Legenda
21 December 2019 13:15 WIB
MUENCHEN - FC Bayern Muenchen mulai intens berpikir soal pengembangan pemain muda. Diturunkannya Joshua Zirkzee kendati hanya beberapa menit saat melawan SC Freiburg di Bundesliga, Rabu (18/12) lalu, membuktikan Muenchen tetap memberikan peluang untuk para pemain muda mereka.

Gol yang dibuat Zirkzee ke gawang Freiburg tidak hanya krusial buat Munchen. Gol penyerang asal Belanda pada masa injury time tersebut ternyata tidak hanya membuat Muenchen berbalik unggul 2-1 hingga akhirnya menang 3-1.

Sampai menit ke-90, Muenchen tidak mampu lagi mencetak gol ke gawang Freiburg. Pelatih Hans Dieter “Hansi” Flick kemudian mengganti Philippe Coutinho dengan Zirkzee. Hanya dua menit di lapangan, penyerang 18 tahun itu mampu mencetak gol (pada menit ke-90+2). Itulah sentuhan pertama Zirkzee di sebuah pertandingan Bundesliga sekaligus menjadi gol pertamanya di kompetisi tertinggi Jerman tersebut.


Baca Juga :
- Bantai Frankfurt, Dortmund Tempel Muenchen
- Bild: Jurgen Klopp Minta Liverpool Rekrut Timo Werner

Gol tersebut ternyata membuat Zirkzee melewati sejumlah legenda dalam kategori pencetak gol termuda Muenchen di Bundesliga. Dengan usia 18 tahun dan 210 hari saat membobol Freiburg, Zirkzee berada di peringkat ketiga rekor tersebut di bawah Roque Santa Cruz (18 tahun dan 12 hari) dan bek sayap Muenchen musim ini, Alphonso Davies (18 tahun dan 135 hari). Cruz membuat rekor itu sekitar 20 tahun lalu sedangkan Davies saat melawan FSV Mainz 05, musim lalu.

Dalam peringkat terkini pencetak gol termuda Muenchen di Bundesliga, Zirkzee kini melewati pemenang dua Ballon d’Or, Karl-Heinz Rummenigge (1980 dan 1981). Rummenigge—eks striker yang kini menjabat Ketua FC Bayern Muenchen—hanya berada di posisi kelima pemain Muenchen termuda pencetak gol termuda Bundesliga (18 tahun, 354 hari).

Zirkzee juga melewati legenda Muenchen lainnya, Uli Hoeness. Mantan penyerang dan Presiden Muenchen itu hanya berada di peringkat keempat termuda dengan usia 18 tahun dan 327 hari. Di lima besar daftar pencetak gol termuda Muenchen di Bundesliga juga tidak terdapat nama beken seperti Thomas Mueller dan David Alaba.


Baca Juga :
- Tinggalkan Liverpool Countinho Malah Bablas di Barcelona, tapi Tidak Ada Penyesalan
- Berakhir Imbang Tanpa Gol, Leipzig Gagal Geser Muenchen

Zirkzee sudah membuktikan potensinya sebagai striker muda dengan teknik kelas dunia. Tugasnya kini adalah menembus tim utama Muenchen. Kans itu tetap ada karena saat ini Die Bayern bisa dibilang hanya memiliki dua striker, Robert Lewandowski yang sudah 31 tahun dan Jann Fiete Arp yang tengah cedera.

Sabtu (21/12) malam, Muenchen akan menjamu VfL Wolfsburg di Allianz Arena untuk laga pekan ke-17 Bundesliga. Dari perkiraan starter, nama Lewandowski akan menjadi striker tunggal dalam formasi 4-1-4-1. Zirkzee diyakini akan kembali menjadi cadangan dalam pertandingan malam nanti.*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER     

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA