#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Mueller Cetak Rekor Assist Terbanyak pada Hinrunde
24 December 2019 13:55 WIB
MUENCHEN – Banyak yang memprediksi karier Thomas Mueller sebagai pemain FC Bayern Muenchen bakal semakin redup musim ini seiring usianya yang telah genap 30. Prediksi ini seolah bakal terbukti setelah pemain berjulukan Die Raumdeuter ini jarang dimainkan sebagai starter dalam beberapa pekan pertama Bundesliga.

Apalagi, Mueller tidak kunjung mengakhiri paceklik gol yang telah melandanya di ajang elite Jerman itu sejak pertengahan Maret lalu. Kondisi ini berlangsung hingga 21 laga beruntun sebelum pemain tim nasional Jerman ini berhasil memecah kebuntuan pada 30 November saat Muenchen kalah 1-2 dari Bayer Leverkusen.

Itu adalah satu dari hanya dua gol yang dibukukan Mueller dalam 17 pertandingan di Bundesliga musim ini. Catatan tersebut jadi lanjutan dari penurunan produktivitas gol yang dia alami dalam empat musim terakhir. Mueller memang tak pernah lagi mencapai dua digit gol dalam satu musim di Bundesliga sejak 2016/17.


Baca Juga :
- Klasemen Seri A; Tambah Tiga Poin, Milan Masih Jauh dari Zona Eropa tapi Ada Harapan
- Masih Lama! Ini Prediksi Carles Puyol soal Kapan Messi Pensiun, Bisa Bareng Ronaldo

Tapi, Mueller menebus penurunan produktivitas gol tersebut dengan assist-assist yang disumbangkannya. Umpannya yang dikonversi jadi gol pertama Muenchen oleh Joshua Zirkzee dalam kemenangan 2-0 atas VfL Wolfsburg, Sabtu lalu, adalah assist ke-11 yang ditorehkan sang second striker di Bundesliga musim ini.

Catatan ini mengangkatnya ke puncak daftar Top-Vorbereiter (pencetak assist terbanyak) dengan keunggulan dua assist atas winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho, yang menduduki peringkat kedua. Mueller juga menjadi pemain pertama yang tembus 11 assist pada Hinrunde alias paruh pertama sepanjang sejarah Bundesliga.

Torehan Mueller jadi lebih istimewa lagi mengingat dia hanya 11 kali dimainkan sebagai starter musim ini. Ini kesempatan masuk starting line-up paling sedikit yang pernah diperoleh Mueller sejak dia melakoni musim debutnya bersama Muenchen di Bundesliga pada 2009/10.

Jika bisa melanjutkan tren ini pada paruh kedua, Mueller berpeluang besar menyamai atau bahkan melewati rekor Kevin De Bruyne sebagai pemasok assist terbanyak dalam satu musim di Bundesliga. Rekor itu dibuat gelandang serang asal Belgia tersebut saat masih memperkuat Wolfsburg pada 2014/15 di mana dia membuat 21 assist.

Kepiawaian Mueller dalam membuat assist bukan cerita baru. Dia pernah menjadi pencetak assist terbanyak di Bundesliga 2017/18 dengan 16 assist. Catatan ini lebih baik daripada yang ditorehkan Sancho saat menjadi pencetak assist terbanyak di kompetisi itu musim lalu (14).

Dengan sumbangan dua gol dan 11 assist, Mueller merupakan pemain Muenchen dengan kontribusi gol terbanyak kedua di Bundesliga musim ini (13 gol). Catatannya hanya kalah dari striker Robert Lewandowski dengan 19 gol dan dua assist (21 gol).

Meningkatnya produktivitas Mueller dalam memberikan assist tidak terlepas dari kehadiran Philippe Coutinho. Gelandang serang asal Brasil yang dipinjam dari FC Barcelona ini jadi rival Mueller dalam perebutan tempat di starting eleven Muenchen sehingga mendorong Die Raumdeuter untuk selalu tampil maksimal.

Dalam dua musim sebelumnya, rivalitas itu datang dari James Rodriguez yang dipinjam Muenchen dari Real Madrid. Hasilnya, Mueller mampu membukukan 16 assist di musim 2017/18 dan 12 assist musim lalu.


Baca Juga :
- Start Senin (17/2) dan Finis 6 Maret, Barca Dapat 15 Hari Kerja untuk Cari Striker Baru
- Chelsea Mulai Belanja, Banderol Gelandang Inter Ini Disepakati, Datangnya di Juni 2020

Lewandowski merupakan pemain yang paling diuntungkan oleh assist-assist Mueller. Sebanyak lima dari 11 assist yang dibuat Die Raumdeuter musim ini diberikan kepada striker asal Polandia tersebut. Tidak heran jika Lewandowski berharap Mueller selalu mendampinginya di lapangan.

“Semuanya lebih mudah saat Thomas ada di dekat saya,” kata Lewandowski beberapa waktu lalu. “Dia sangat banyak membantu saya. Kami saling melengkapi dengan sangat baik.”*Rijal Alfurqon

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA