#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Upaya Aziz Calim Untuk Tingkatkan Performa di ONE Championship
13 January 2020 12:01 WIB
JAKARTA - Manusia yang baik, bukanlah mereka yang tak pernah berbuat salah, namun mereka yang belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi hal serupa.

Sebuah pepatah populer ini sering diimplementasikan banyak orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tak terkecuali atlet ONE strawweight asal Indonesia Aziz "The Krauser" Calim.

Petarung asal Han Academy yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah ini menderita kekalahan dalam laga terakhirnya, ketika ia berhadapan dengan atlet asal Jepang Ryuto "Dragon Boy" Sawada dalam ajang ONE: DREAMS OF GOLD yang berlangsung di Bangkok pada tahun lalu.


Baca Juga :
- Hadapi Mantan Juara Dunia di Singapura, Stefer Rahardian Incar Kemenangan Beruntun
- Petchmorakot Ungkap Detik-detik Menjadi Juara Dunia di Jakarta

Ryuto mampu menghentikan perlawanan "The Krauser" pada ronde pertama melalui teknik kuncian rear-naked choke yang dieksekusinya menjelang menit terakhir.

Namun setelah kekalahan ini, Aziz kembali ke sasana Han Academy dibawah bimbingan kepala pelatih Yohan "The Ice Man" Mulia Legowo untuk mengevaluasi kesalahan yang dibuat dalam laga kontra Ryuto, serta menajamkan keahlian striking yang selama ini dijadikan oleh atlet berlatar belakang disiplin bela diri wushu tersebut sebagai senjata utamanya.

"Saya butuh improve ground game saya, waktu itu [melawan Ryuto Sawada] saya belum percaya diri akan kemampuan ground saya," tuturnya

"Maka itu, saya ikut pertandingan grappling di pentas lokal, di ranah striking saya juga ingin menaikan kemampuan saya,” ungkap Aziz.

Beberapa upaya dilakukan “The Krauser” demi memperbaiki kemampuan grappling serta menajamkan kemampuan striking yang dimilikinya. Alhasil, beberapa ajang kickboxing dan grappling lokal dilakoninya.

“Saya berhasil menang di beberapa kancah laga kickboxing lokal termasuk pertanding di pentas Lindu Aji Kickboxing."

"Saya juga bertanding di pentas Cage Grappling, dan saya berhasil memenangkan laga tersebut dengan teknik kuncian side choke,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengaku menaikan intensitasnya dalam berlatih disiplin Brazilian Jiu-Jitsu. Dan tak hanya itu, sekarang Aziz juga rutin berlatih tanding dengan beberapa atlet gulat nasional yang menetap di Kota Solo.

“Saya juga sedang mengimprove kemampuan takedown defense yang saya miliki, dengan berlatih bersama atlet-atlet gulat di Solo. Mereka ingin berkompetisi di seni bela diri campuran juga, jadi saya mengajarkan mereka striking, dan mereka mengajarkan saya gulat."


Baca Juga :
- Teriakan Penonton Jadi Pemicu Kemenangan Cepat Eko Roni Saputra 
- Petarung Indonesia Mengamuk di Senayan

"Biasanya saya berlatih dengan cara saya dikeroyok di tengah untuk menahan bantingan yang mereka lancarkan. Biasanya ada enam orang yang menyerang saya secara bergilir, dan saya harus menahan serangan tersebut dalam kurun waktu tertentu,” pungkasnya.

Segala upaya ini dilakukan “The Krauser” guna menunjukan performa terbaiknya dalam laganya mendatang di The Home Of Martial Arts. “Untuk semua pecinta bela diri di Indonesia tetap dukung saya dan atlet-atlet Indonesia di ONE Championship.”*

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA