#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Lisensi Pelatih Hertha Tertinggal di AS
16 January 2020 13:35 WIB
BERLIN - Juergen Klinsmann mungkin lupa bila negara asalnya, Jerman, terkenal dengan disiplin tinggi sekaligus ketat dalam menerapkan aturan. Hal itu baru disadari Klinsmann saat dirinya terancam tidak bisa mendampingi pemainnya dari bangku cadangan saat Hertha Berlin SC menjamu FC Bayern Muenchen untuk laga pekan ke-18 Bundesliga di Stadion Olimpiade, Minggu (19/1).

Seperti dikutip harian terkemuka Jerman, Bild, masa berlaku lisensi melatih Klinsmann sudah habis. Karenanya, pelatih 55 tahun itu kemungkinan besar tidak boleh melatih Hertha untuk sementara.

Selasa (14/1) lalu, menurut Bild, Hertha menerima surat dari Liga Sepak Bola Jerman (DFL) selaku penyelenggara Bundesliga. Isi surat tersebut tak lain peringatan keras dari DFL tentang situasi yang akan dihadapi Hertha bila mereka tidak menyerahkan dokumen lisensi melatih Klinsmann sesegera mungkin. Hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar terkait hasil pertemuan yang rencananya dilakukan DFL dengan Hertha, kemarin.


Baca Juga :
- Juventus Incar Thiago Alcantara Jika Gagal Dapatkan Paul Pogba
- Tinggalkan Liverpool Countinho Malah Bablas di Barcelona, tapi Tidak Ada Penyesalan

Untuk menjadi pelatih di Jerman, DFL mensyaratkan adanya lisensi melatih atau dokumen sejenis dari negara lain yang setara dan dinilai valid. Klinsmann sudah memiliki lisensi melatih namun sudah dibawanya ke luar Jerman lebih dari dua dekade lalu.

Yang menjadi masalah, striker timnas Jerman pada 1987-1998 itu tidak mampu membuktikan bila dirinya sudah membawa lisensi melatihnya itu kembali ke Jerman dan memperbaruinya. Lisensi ini butuh perpanjangan setiap tiga tahun dengan bonus tambahan hak melatih selama 20 jam setelah masa berlaku surat tersebut habis.

Sebelum resmi menangani Hertha pada 29 November lalu, pekerjaan terakhir Klinsmann adalah melatih tim nasional Amerika Serikat (Juli 2011 – November 2016). Menurut Bild, Klinsmann tetap harus menunjukkan lisensi tersebut sesuai regulasi dan agar tetap bisa melatih Hertha.

“Ketika terbang menuju Berlin, saya tidak berpikir bila lisensi dan akreditasi ini masih diperlukan. Pasalnya, saya juga tidak mengira bakal diminta melatih Hertha,” tutur striker yang pernah memperkuat VfB Stuttgart, FC Internazionale, AS Monaco, Tottenham Hotspur, Muenchen, dan UC Sampdoria di akhir 1980 sampai 1990-an itu. “Saat Natal, saya juga lupa membawanya ke Berlin. Saat ini, tidak ada orang di rumah saya di Kalifornia, AS, karena istri tinggal di kota tempat putri kami kuliah. Tetapi, saya akan berusaha memberikan semua dokumen yang diminta DFL.”


Baca Juga :
- Tiga Penyerang Ini Pantas Dilirik Dortmund untuk Gantikan Sancho
- Schalke Lucutkan Ban Kapten Wagner karena Setuju Gabung ke Muenchen

DFL sebetulnya tidak ingin memperpanjang masalah ini. Dalam pernyataannya, DFL memastikan bakal “mencari solusi yang cepat” untuk masalah Klinsmann ini. Menariknya, Bild tidak yakin Klinsmann mampu memenuhi semua permintaan DFL sebelum laga melawan Muenchen.

Meskipun begitu, ada opsi yang bisa menjadi jalan keluar bagi Klinsmann. Untuk menghindari hal seperti ini terulang, DFL bisa meminta Klinsmann mengikuti kongres khusus pelatih level atas pada Februari nanti di Mainz. Acara ini sekaligus pelatihan untuk para pelatih yang akan memperbarui lisensi.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA