#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Tiga Penyerang Ini Pantas Dilirik Dortmund untuk Gantikan Sancho
17 January 2020 11:10 WIB
DORTMUND - Borussia Dortmund siap melakukan langkah-langkah antisipatif jika Jadon Sancho pergi pada musim panas mendatang. Saat ini, Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc dan jajarannya dikabarkan tengah mencari calon pengganti penyerang sayap (winger) kanan asal Inggris itu.

Meskipun begitu, bukan pekerjaan mudah bagi Dortmund untuk mencari pengganti winger 19 tahun tersebut. Sancho—yang dibeli dari Manchester City FC pada Agustus 2017 dengan harga hanya 8 juta paun namun kini ditaksir 102,5 juta paun—adalah tipe sayap komplet. Tidak hanya mampu bermain di kedua sisi sayap, Sancho juga piawai merusak pertahanan lawan serta mampu membuat gol.

Musim ini, Sancho sudah membuat sembilan gol dan 10 assist hanya dalam 15 kali dimainkan di Bundesliga. Untuk assist, Sancho hanya kalah satu dari Thomas Mueller, second striker sarat pengalaman FC Bayern Muenchen.


Baca Juga :
- Terungkap! Kroos Tidak Perpanjang Kontrak di Bayern Karena Guardiola
- Hakimi Minta Jatah Tim Utama Jika Dipulangkan ke Madrid

Melihat perkembangan terakhir, paling tidak ada tiga nama pemain muda yang bisa menjadi pertimbangan Die Schwarzgelben untuk menggantikan Sancho.

Milot Rashica menjadi salah satu pemain muda di Bundesliga dengan prospek sangat menjanjikan. Pada musim pertamanya membela SV Werder Bremen di Bundesliga, 2017/18, penyerang asal Kosovo itu hanya mencetak satu gol. Pada musim keduanya, performa Rashica meningkat dengan mencetak sembilan gol dan lima assist. Dalam 12 pertandingan untuk Bremen musim ini, Rashica sudah mengemas delapan gol dan tiga assist di Bundesliga dan Piala Jerman.

Rashica mungkin tidak langsung mampu menjadi pengganti tepat bagi Sancho. Namun, kemampuan Rashica merusak pertahanan lawan lewat kecepatan dan teknik mengubah manuver dribel dengan cepat untuk mencetak gol (cunning), sangat sulit dibantah. Satu lagi kelebihan Rashica, ia kerap membuat sulit klub-klub besar Bundesliga seperti Muenchen dan Dortmund.  

Nama kedua yang harus dipertimbangkan Dortmund adalah Adam Hlozek. Kemampuannya bermain sebagai penyerang tengah (striker) dan sayap menjadi kelebihan. Pasalnya, Dortmund takkan pusing bila Paco Alcacer, Mario Goetze, dan Sancho, pergi bersamaan.

Dengan tinggi mencapai 186 cm, Hlozek terkesan lambat sebagai winger. Tetapi, manuver Hlozek kerap membuat lawan bingung. Kecepatan kakinya juga membuat Hlozek mampu memaksa lawan kehilangan posisi. Dari situlah ia biasanya melepas operan untuk rekan yang berdiri lebih bebas atau tembakan.


Baca Juga :
- Jadon Sancho Akan Lebih Bersinar Bersama MU
- AS Roma Pernah Punya Peluang Rekrut Haaland, Namun Mereka Tolak

Faktor lain yang membuat peluang Hlozek ke Signal Iduna Park adalah Tomas Rosicky. Pria yang kini menjadi Direktur Olahraga Sparta Praha itu pernah berkarier dan dibesarkan Dortmund. Referensi dari Rosicky diyakini takkan mempersulit kepindahan Hlozek.

Dortmund juga bisa mempertimbangkan Calvin Stengs untuk pengganti Sancho. Seperti Hlozek, penyerang muda Belanda ini juga memiliki postur jangkung (182 cm). Kelebihan Stengs adalah kemampuannya melepas operan—baik pendek, panjang, maupun silang—secara akurat dari berbagai posisi bermain. Selain empat gol dan tujuh assist di Eredivisie, Stengs juga sudah mengemas dua gol dan dua assist di Liga Europa.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA