#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Hyundai Percaya Diri di Kejuaraan Reli Dunia
17 January 2020 10:30 WIB
ALZENAU - Tim Hyundai Shell Mobis memiliki target besar di Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 2020. Mereka bertekad untuk meraih gelar pereli dan konstruktor yang gagal didapatkan pada tahun lalu. Kehadiran juara dunia baru Ott Tanak diyakini dapat mendongkrak performa tim sekaligus mewujudkan ambisi besar tersebut.

Tanak sendiri sudah mencoba mobil barunya, Hyundai i20 Coupe WRC, sebagai persiapan mengikuti Reli Monte Karlo, akhir pekan depan. Mengemudikan mobil di medan bersalju, kesan pertama Tanak positif. Ia yakin mampu kompetitif dengan mobil barunya di WRC musim ini.

“Saya masih butuh waktu untuk melihat berbagai area di Hyundai Motorsport. Tidak mudah untuk membiasakan diri ketika berpindah tim. Tapi, sepertinya ini tidak akan memakan waktu yang lama,” kata pereli asal Estonia yang musim lalu mengendarai Toyota Yaris WRC milik Tim Toyota Gazoo Racing tersebut.


Baca Juga :
- Ott Tanak Sebut Reli Finlandia Akan Panas
- Ada Hyundai di Belakang Kostum AS Roma

Hyundai menjadi salah satu konstruktor yang selalu diperhitungkan di WRC dalam beberapa tahun terakhir. Resmi berdiri pada 19 Desember 2012, Tim Hyundai Shell Mobis mampu memenangi 14 lomba WRC sejak debut pada 2000. Tetapi, baru di WRC 2019 lalu mereka mampu menguasai klasemen konstruktor.

Optimisme tim yang berbasis di Alzenau, Jerman, untuk merebut gelar pereli dan konstruktor pada WRC memang masuk akal. Selain Tanak yang baru bergabung, musim ini Hyundai masih diperkuat lima kali runner-up WRC Thierry Neuville, Dani Sordo, dan Sebastien Loeb. Pengalaman Loeb sebagai kampiun WRC terbanyak, sembilan (2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012), diharapkan mampu membantu pengembangan mobil.    

Tahun lalu, Hyundai gagal meraih gelar pereli karena Neuville mengalami insiden di Reli Cile yang membuatnya tidak meraih poin. Padahal, sejak awal musim pereli asal Belgia itu bertarung ketat dengan Tanak dalam perebutan gelar. Memiliki dua pereli dengan kecepatan yang bagus membuat Prinsipal Tim Hyundai Andrea Adamo yakin skuatnya mampu tampil kuat sepanjang musim.

“Kami menyadari para rival bakal lebih kompetitif daripada tahun-tahun sebelumnya. Jadi, kami harus membangun mobil sebaik mungkin. Bersama Ott, Thierry, Dani dan Sebastien, kami akan berusaha tampil cepat. Saya benar-benar tak sabar untuk melihat apa yang bisa kami dapatkan di tahun ini,” kata Adamo.

Neuville sendiri menegaskan dirinya takkan mengendurkan tekanan, bahkan ketika bersaing dengan rekan setim sekalipun, terutama Tanak. Pasalnya, ia juga masih berusaha untuk mencapai targetnya meraih titel WRC.

“Setelah membantu meraih gelar konstruktor, kami lebih termotivasi untuk 2020. Saya finis di posisi runner-up dalam empat tahun terakhir, sekarang saatnya untuk membuktikan. Ini tidak akan mudah karena ada banyak pembalap tangguh. Tetapi, kami telah membuktikan bahwa kami memiliki kecepatan, konsisten dan kuat,” ujar Neuville.***MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA