#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Begini Cara Anthony Engelen Melatih Kelincahan dalam Bertarung
17 January 2020 14:58 WIB
JAKARTA - Dalam dunia seni bela diri campuran (MMA), kelincahan merupakan pilar yang wajib dimiliki setiap atlet profesional. Dipadu dengan berbagai serangan dan berbagai elemen teknis lainnya, dua pilar tersebut akan meningkatkan potensi kemenangan seorang petarung.

Kelincahan (agility) adalah kemampuan untuk bergerak dengan cepat dan indah. Meningkatnya kelincahan gerak kaki (footwork) atlet juga membuat koordinasinya fisik lebih baik, selain menambah kecepatan pengendalian jarak pertarungan. Keunggulan ini akan membawa permainan atlet ke tingkat yang lebih tinggi. 

Karena itu, aspek ini juga sangat penting bagi petarung MMA agar bisa menjaga ketahanan tubuh dan serangan dalam sebuah pertarungan. Atlet dengan daya tahan yang baik akan bisa menjaga tempo pertandingan untuk mengungguli lawan sambil tetap menyerang sesuai strategi atau gameplan. 


Baca Juga :
- Dengan Taktik Khusus, Stamp Fairtex Siap Hadapi Lagi Janet Todd
- Hadapi Mantan Juara Dunia di Singapura, Stefer Rahardian Incar Kemenangan Beruntun

Atlet ONE Championship Indonesia, Anthony “The Archangel” Engelen, mengungkap cara melatih kelincahan dan daya tahan, selain tantangan yang dihadapi untuk mengembangkan kedua aspek tersebut.  

Untuk meningkatkan kelincahan, “The Archangel” menerapkan seluruh kombinasi peningkatan daya tahan dengan sedikit tambahan pribadi. 

“Sesekali, saya menambah persiapan dengan sedikit latihan yoga. Saya tidak melatihnya sesering itu, tapi saat memungkinkan pasti saya lakukan seluruh kombinasi yang sangat berdampak pada kelincahan,” ungkap atlet asal Bali MMA itu. 

“The Archangel” turut menawarkan observasi dan trik jitu dalam latihan daya tahan. 

“Tantangan pertama daya tahan adalah kita akan merasa lelah. Cara mengatasinya? Saat Anda merasa sudah sangat lelah sampai terbaring di lantai sasana, bangkitkan diri untuk terus melatih 1 atau 2 ronde lagi. Saat itulah Anda akan meningkatkan kemampuan,” paparnya. 


Baca Juga :
- Petchmorakot Ungkap Detik-detik Menjadi Juara Dunia di Jakarta
- Teriakan Penonton Jadi Pemicu Kemenangan Cepat Eko Roni Saputra 

“Terkait kelincahan, saya sadar usia terus bertambah dan badan kadang terasa kaku di pagi hari. Butuh sedikit waktu lebih agar pemanasan bisa berdampak pada badan dan otot saya. Kelincahan pasti terdampak oleh usia dan saya menerima kenyataan apa adanya,“ ungkap atlet yang berlaga di ONE: LEGENDARY QUEST lalu. 

“Berlatihlah setidaknya 2 kali sehari, gabungan antara latihan tanding dan strength and conditioning, angkat berat, latihan samsak, lakukan berbagai drill seperti kickboxing-striking-wrestling. Lakukan terus semua drill sampai terbawa mimpi saat Anda tidur. Run, swim, sleep, eat, repeat!” tutup “The Archangel”.

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA