#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ini Pengakuan Muhammad Ali soal Siapa Lawan Terberatnya, Bukan Foreman atau Frazier
23 January 2020 00:55 WIB
SAMPAI kapan pun Muhammad Ali akan dikenang sebagai salah satu legenda tinju profesional kelas berat. Beberapa pertarungannya pun jadi ikonik dan masih menarik untuk dibahas. Ali pun telah tiada pada 3 Juni 2016 akibat sesak napas berat yang dideritanya. Namun, Ali tetap dikenang.

Salah satunya adalah soal pertarungan terhebat yang pernah dijalaninya. Berbagai referensi masih merujuk bahwa Ali versus Joe Frazier dan Ali versus George Foreman masih yang paling ikonik. Padahal, saat Ali masih hidup dia pernah menuturkan bahwa pertarungan terbaiknya bukan saat lawan Frazier atau Foreman.

“Saya kira, saya ditanya soal pertarungan terberat ini sudah ratusan kali,” kata Ali dalam sebuah wawancara di masa lalu. “Saya pun sering kali menjawabnya dengan jawaban yang berbeda-beda. Memang sulit bagi saya karena semua petinju mengeluarkan kemampuan terbaik mereka sehingga pertarungan selalu berat.”


Baca Juga :
- Derby London Chelsea vs Tottenham, Mourinho Tahu Taktik Lampard, tapi Emoh Beberkan
- Barca Tak Jadi Krisis Pertahanan, Pique-Umtiti Sudah Latihan tapi Araujo Tetap Disiapkan

“Namun, ada satu pertarungan yang tak terlalu berat tantangannya. Sudah pasti levelnya di bawah pertarungan lawan Foreman,” ujar Ali. “Memang, lawan Foreman di Zaire jadi salah satu yang menegangkan bagi saya tapi bukanlah pertarungan terberat dalam karier saya. Ya, Foreman bukanlah lawan terberat saya.”


Baca Juga :
- Realistis! Guardiola Yakin Dipecat jika Dikalahkan Madrid dan Gagal di Liga Champions
- Dampak Virus Corona, Formula 1 GP Cina pun Dibatalkan, Tak Jelas Bisa Digelar atau Tidak

“Lawan terberat saya adalah Sony Liston. Saat itu saya memenangkan gelar juara dunia,” tutur Ali. Pertarungan lawan Liston digelar pada 25 Februari 1964 di Miami, Amerika Serikat. “Liston memiliki jab yang luar biasa. Dia bisa memukul dengan kedua tangannya. Liston juga sangat cerdas di atas ring.”

“Dialah petinju kelas berat paling kuat yang pernah saya temui,” ucap Ali. Tetap saja, Liston bisa dikalahkan Ali. Liston kalah TKO di ronde ketujuh.*

loading...

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA