#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Menurut Robert Rene Alberts, Laga Persib Bandung lawan PSKC Cimahi Bukan Uji Coba
08 February 2020 14:29 WIB
BANDUNG – Kian dekatnya kick-off Liga 1 2020 pada 29 Februari membuat Persib Bandung semakin mengintensifkan uji coba. Setelah Kamis (6/2) lalu menghadapi Persib U-20,  kali ini giliran klub kontestan Liga 2, PSKC Cimahi, yang bakal mereka jajal Sabtu (8/2) di Stadion Si Jalak Harupat.  

Meski demikian, pelatih Robert Rene Alberts menilai laga menghadapi Persib U-20 dan PSKC bukan uji coba resmi, melainkan latih tanding. Namun, ini masih satu rangkaian dengan program Robert untuk menyatukan visi dan chemistry pemain satu sama lain.

“Tentu ada perbedaan antara latih tanding biasa dan uji coba. Kalau uji coba itu resmi dan terorganisasi. Sama halnya dengan latih tanding sebelumnya lawan Persib U-20, kali ini pun kami akan menurunkan pemain berbeda selama 90 menit,” ucap pelatih asal Belanda itu di sela latihan, Jumat (7/2).


Baca Juga :
- Sudah Final, Robert Segera Daftarkan 26 Pemain Persib ke PT LIB
- Evaluasi Uji Coba Persib saat lawan Barito, Robert Condong Menggunakan Skema Empat Bek Sejajar

Robert berharap, dari kedua latih tanding tersebut anak asuhnya terbiasa dengan ritme bermain 90 menit. “Melawan PSKC kami akan coba dengan durasi dan sistem yang sama. Berbeda dengan uji coba resmi, kami selalu bermain dengan dua tim berbeda dan masing-masing pemain mendapatkan menit bermain,” ucapnya.

Selama program pramusim, Persib terbilang beruntung karena bisa mendapatkan lawan tanding beragam untuk memanaskan semua amunisinya. Dari lawan yang  levelnya di bawah sampai sepadan akan dihadapi Omid Nazari dan kawan kawan.

Usai menghadapi PSKC, uji tanding Maung Bandung berikutnya akan menghadapi tim sesama Liga 1 Barito Putera, Selasa (11/2) di Stadion Si Jalak Harupat. Lalu, setelah itu, Persib akan menjalani tur ke Jawa Tengah-Yogyakarta menghadapi Persis Solo, 15 Februari dan PSS Sleman pada 17 Februari mendatang.

“Pramusim tahun ini cukup bagus buat tim kami. Di Bandung kami dapat lawan latih tanding dan beruji coba. Di Solo menghadapi Persis dan di Yogyakarta melawan PSS. Dua tim ini sangat ingin melawan kami, dan kami senang karena kami bisa mengukur kekuatan tim,” mantan pelatih PSM Makassar ini menuturkan.

Robert mengaku membutuhkan satu sampai dua kali latihan atau beruji coba sebelum kompetisi digelar. Ia merencanakan dua fase uji coba harus dilakukan paling tidak 10 hari sebelum memasuki kompetisi.

“Kami merencanakan tanggal 21 Februari latih tanding atau uji coba. Kami butuh satu atau dua kali lagi setelah dari Solo dan Yogyakarta. Ya masih kami masih konfirmasikan, yang pasti setelah tur Solo-Yogyakarta masih ada satu kali agenda uji coba,” Robert menambahkan.

Mengomentari perkembangan anak asuhnya, sejauh ini Robert mengaku senang karena ada kemajuan pesat. Menurutnya, latih tanding maupun uji coba merupakan cara untuk melihat standar permainan yang dijalani pemain selama 90 menit.

Saat menghadapi PSKC nanti, Robert juga ingin melihat hasil berbagai latihan yang telah dijalani baik dari segi teknis dan strategi sampai tingkat kebugaran dan konsentrasi. “Sejauh ini sudah cukup bagus kalau kita ukur dari pembentukan tim kami yang baru terbentuk,” katanya.


Baca Juga :
- Enam Kekuatan Baru Persib Siap Mengguncang Liga 1 2020
- Uji Coba Persib vs Barito Putera, Robert Matangkan Skema Baru

Kendati begitu, Robert tidak menutupi kekurangan pemain yang belum bisa beradaptasi. Seperti striker anyar Geoffrey Castillion yang baru sepekan bergabung dengan tim. Tapi pelatih 65 tahun ini mengaku bisa memakluminya.

“Kondisi Castillion tentu berbeda karena dia merasakan iklim berbeda di sini. Lain dengan Zulham Zamrun yang mudah beradaptasi karena dia sudah biasa main di Liga Indonesia. Melawan PSKC akan kita lihat sebagai uji tanding kedua Castillion,” ucap Robert.*Arief Nugraha K

loading...

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA