#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Siapa Pemenang GP AS? Pasti Marquez! Ini Alasannya...
21 April 2017 21:28 WIB
DENGAN judul di atas, bukan berarti ingin mendahului sesuatu yang bahkan belum terjadi. Karena GP Amerika Serikat (AS) di Sirkuit Austin, Texas, putaran tiga MotoGP 2017 baru akan digelar Minggu (23/4) atau Senin dini hari WIB. Wah begadang lagi bro...

Kembali ke soal pemilihan judul. Keyakinan Marc Marquez bakal tampil super kompetitif saat mengendarai Honda RC213V di Austin berdasarkan beberapa faktor.

Pertama Marquez memang sangat sulit dikalahkan di Austin. Dia bahkan punya rekor 100 persen. Ya, pembalap Spanyol ini selalu start sebagai pole position dan finis sebagai pemenang pada lomba di Austin, empat tahun terakhir.


Baca Juga :
- Pembalap MotoGP & Tim Jalani Tes Ofisial
- Rayakan 70 Tahun MotoGP, Para Rider Kenakan Tuxedo

Ini merupakan fakta di atas kertas. Namun ada alasan khusus Marquez begitu digdaya di Austin. Trek yang memiliki panjang 5,5 km ini punya tikungan kiri lebih banyak ketimbang tikungan kanan (11 berbanding 5). Karena banyaknya tikungan kiri, Austin merupakan tipe sirkuit anti-clockwise atau berlawanan arah jarum jam.

Lalu apa hubungannya tipe trek anti-clockwise dengan kehebatan Marquez? Simpel, juara dunia MotoGP tiga kali ini melakukan latihan dirt bike di sirkuit oval sejak mengawali karier. Seperti diketahui, sirkuit oval tidak punya tikungan kanan. Singkatnya, tikungan kiri adalah makanan empuk Marquez.

Kalau pelaku balap Indonesia menyebutnya, pembalap Repsol Honda ini bisa gas pol saat melibas tikungan kiri.

Statisik ciamik Marquez saat tampil di trek anti-clockwise tidak hanya berlaku di Austin. Lihat rapornya ketika berlomba di Sirkuit Sachsenring, Jerman yang punya sepuluh tikungan kiri dan hanya tiga tikungan kanan.

Marquez mencatat tujuh kemenangan berturut-turut (1-125 cc, 2-Moto2, dan 4-MotoGP) GP Jerman. Hebatnya ia memulai semua lomba ini sebagai pole position!. Secara keseluruhan, ia sudah tampil di 22 lomba dengan karakteristik trek anti-clockwise dan 15 di antaranya berakhir sebagai pemenang.

Kesimpulannya, seharusnya Marquez bisa merasakan kemenangan perdana musim ini di lomba GP AS, akhir pekan ini. Terlebih prestasinya saat tampil di tipe trek anti-clockwise lebih baik ketimbang dua pesaing terberatnya: Vinales dan Valentino Rossi.


Baca Juga :
- MotoGP Resmi Luncurkan Gim MotoGP 19
- Hasil MotoGP Italia 2019, Ducati Berjaya di Rumah Sendiri

Jika fakta terjadi sebaliknya dan Vinales lagi yang menang? Bisa dipastikan Marquez kehilangan kesempatan untuk mempertahankan gelar juara dunia.

 

BERITA TERKAIT

news
'Life is a race and you must ready to race'
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA