#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Presiden Joko Widodo: Kalau Pasang Target Seperti NPC
02 October 2017 11:37 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo bangga dan kagum dengan prestasi atlet disabilitas Indonesia yang berjuang di ASEAN Para Games (APG) 2017. "Mestinya pasang target seperti NPC, 107 medali emas, malah dapat 126 emas," ujar Joko Widodo saat menerima kontingen APG Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/10).

Perjuangan 196 atlet Indonesia di ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 17-23 September lalu, memang luar biasa. Dalam ajang olahraga dua tahunan ini, Indonesia meraih 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Padahal, National Paralympic Commitee (NPC) hanya menargetkan 107 medali emas. Tuan rumah Malaysia mengekor membawa 90 emas, 85 perak, 82 perunggu. Kemudian Thailand 68 emas, 72 perak dan 92 perunggu.

Presiden Joko Widodo pun mengapresiasi perjuangan kontingen yang dipimpin Chef de Mission (CdM) dr Bayu Rahardian Sp.Kj. "Ini kebanggaan bangsa. Ini bukan prestasi biasa. Targetnya 107 dan dapatnya 126 emas. Yang begini kita mau," ujar Jokowi dihadapan 65 atlet, pelatih, dan ofisial kontingen APG.


Baca Juga :
- Kemenpora Guyur Bonus Peraih Medali SEA Games dan ASEAN Para Games 2017
- Cacat, Pria Ini Tetap Ingin Berlari

Tapi, presiden meminta para atlet tidak puas diri. Tidak besar kepala atau larut dalam euforia. Presiden meminta para atlet harus terus giat berlatih demi mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan meningkatkannya ke level lebih tinggi.

Karena itu, Presiden meminta untuk Asian Para Games 2018 di Jakarta nanti bisa menembus peringkat 5. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu itu berjanji akan mengapresiasi prestasi yang telah dibukukan para atlet. Dia mendukung soal bonus dan atlet jadi Pegawa Negeri Sipil (PNS). Prosedurnya semua diserahkan kepada Menpora Imam Nahrawi.

"Selamat atas kerja kerasnya mengharumkan nama bangsa," ucap Jokowi.

Sementara itu menurut Sapta Kunta Purnama Koordinator Tim Teknis APG 2017, kontingen Indonesia merasa bangga dengan apresiasi yang diberikan presiden. "Kami dari NPC juga merasakan sambutan yang luar biasa dari Presiden Joko Widodo. Salah satunya beliau menginstruksikan para atlet untuk berfoto satu per satu," tuturnya.

"Hari ini luar biasa bagi saya dan juga kontingen. Pak Presiden begitu menghargai prestasi kami. Beliau juga memotivasi kami untuk terus berprestasi. Kami senang satu per satu bisa foto bersama beliau," timpal Guntur, peraih lima medali emas dari cabang renang.

Menurut CdM Bayu Rahardian suasana kekeluargaan benar-benar terhampar di Istana Negara. Komunikasi antara presiden dan atlet juga mencair layaknya seorang bapak terhadap anak. Presiden dengan tekun menyimak apa yang diutarakan para atlet dan pelatih.


Baca Juga :
- Begini Kehebatan Para Disabilitas Indonesia
- Medali Emas Digigit Menpora, Ini Permintaan Guntur Senter

"Kami bangga bisa diterima di istana dan disambut seperti keluarga oleh orang nomor satu di Indonesia. Beliau benar-benar memberikan apresiasi dan memotivasi kami untuk terus berkarya lewat olahraga demi mengibarkan bendera Merah Putih," ujar CdM dr Bayu.* Suryansyah

 

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA