#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Tim Boccia Indonesia Optimistis Hadapi Asian Para Games 2018
13 Januari 2018 07:03 WIB
JAKARTA - Nama boccia boleh jadi masih terdengar asing di dunia olahraga di Indonesia. Namun, olahraga ini telah lama diperlombakan dalam berbagai ajang kompetisi olahraga difabel.

Boccia adalah permainan strategi dan ketepatan yang pada awalnya dirancang untuk dimainkan oleh orang-orang dengan cerebral palsy.

Kini, olahraga tersebut mencakup atlet dengan gangguan kemampuan motorik ringan hingga berat.


Baca Juga :
- Menkominfo Fasilitasi Media Centre Asian Para Games 2018
- Genap 50 Tahun, IFI Siap Amankan Asian Games 2018

Boccia memberikan kesempatan bagi mereka untuk bisa menghargai dan memberikan kesempatan berlomba atau berkompetisi walau mengalami gangguan motorik yang demikian," kata Fadilah Umar, Pelatih Sepakbola Cerebral Palsy Indonesia seperti dikutip dari Antara.

Fadilah sendiri mengenal boccia sejak Asean Para Games 8 Singapore 2015, yang kemudian ditugaskan Presiden National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun untuk mengembangkannya di Indonesia.

Menurut Fadilah, boccia dapat menanamkan jiwa kompetisi, jiwa semangat tinggi, jiwa berjuang, jiwa menghargai, serta jiwa kerja sama bagi kaum cerebral palsy berat.

Nah, tim Boccia Indonesia akan melakoni debutnya di Asian Para Games 2018. Meski ini partisipasi perdana di level internasional, mereka menargetkan bisa meraih emas. Itu diungkapkan Salah satu atlet yang lulus seleksi tim nasional, Muhammad Afriyal Syafa.

“Saya tidak menyangka bisa mewakili Indonesia. Itu karena saya belum pernah ikut turnamen internasional sebelumnya. Meski begitu, saya tidak tegang. Orang tua mendukung dan saya akan terus berlatih. Target medali emas,” siswa kelas delapan tersebut, menambahkan.

Boccia pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada tingkat pelajar nasional yaitu Peparpenas (Pekan Paralimpian Pelajar Nasional) pada 7-14 November 2017 di Solo.


Baca Juga :
- Konsep Merah Berani dan Penuh Semangat untuk Asian Games 2018
- Menko PMK Tekankan Pentingnya Sinergitas di AG dan APG 2018

Pertandingan tersebut diikuti oleh tujuh provinsi yang lolos kualifikasi, di mana terdapat 15 provinsi yang berpartisipasi mendaftarkan diri saat itu.

Setelah itu, untuk pertama kalinya, Indonesia berencana mengirimkan perwakilannya untuk cabang olahraga boccia pada perhelatan Asian Para Games 2018.***

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA