#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Eksistensi Parkour Bekasi Kian Terasa
23 Februari 2018 04:15 WIB
Parkour sudah sangat dikenal mulai dari banyak iklan yang menjadikan olahraga ini sebagai tema promosinya. Dunia perfilman pun kerap mengusung tema parkour. Di Tanah Air, parkour pun sudah lama sampai di Bekasi. Febry Toedama salah satu pendiri Parkour Bekasi menceritakan awal mula komunitas ini terbentuk.
 
“Awalnya dari teman-teman yang satu hobi. Kita latihan parkour bareng di Jakarta. Hanya tiga orang yang bisa disebut pendiri,” kata Febry. “Setelah beberapa lama latihan dan mempelajari parkour, kita berkumpul kembali ke Bekasi. Pertama latihan itu di bekas gedung Goro. Jadi, disitu ada bekas perkulakan dan kita latihan di situ. Semakin lama semakin berkembang dan banyak yang ikutan.” 

Parkour Bekasi kini sudah resmi dibawah Parkour Indonesia (PKID). Sedangkan parkour Indonesia sendiri udah resmi dibawah FORMI. Saat ini Parkour Bekasi sedang mengurus untuk legalitas dari FORMI. Parkour Bekasi sudah resmi sejak 2008 jika dihitung sampai 2018 sudah sekitar 10 tahun lamanya parkour ini ada. Parkour Bekasi pun sudah memiliki 180 anggota.

Bahkan, di Parkour Bekasi sudah ada beberapa anggotanya yang berperstasi main iklan dan film. Ada pula yang sudah dikontrak untuk iklan namanya Hami Pratama. Lalu, Hamka Wiratama sudah main film. Parkour sendiri budayanya sudah sedikit berubah lebih ke hiburan seperti halnya olahraga rekreasi lainnya. Kalau mau berprofesi di sini pun sangat bisa.


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan

“Asiknya, Parkour Bekasi cenderung lebih kekeluargaan. Meski di tiap komunitas selalu ada bintang, di parkour ini tidak seperti itu. kita semua itu rata dan saling mendukung,” kata Febry. Setiap tahun Parkour Bekasi mengikuti Jamnas  (Jaming Nasional). Acara perkumpulan parkour seluruh indonesia, dimana di dalam acaranya tempat untuk bertukar pikiran, dan tentunya parkour bareng.  


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

Untuk latihan Parkour Bekasi tiap hari Minggu jam 8 pagi di GOR Bekasi. Tetapi, sedang mengurus untuk tempat yang lebih legal, untuk hari lainnya janjian di Harapan Indah. “Parkour Bekasi ingin resmi dulu untuk tempat latihannya, karena GOR memang pusat latihan olahraga makanya kami latihan sementara di situ. Tapi, kita ingin memiliki tempat sendiri, dan di parkour itu sendiri membutuhkan obstacle untuk melatih skill kita,” ujar Febry. 

Kalau mau bergabung dengan komunitas ini cukup datang saja ke GOR Bekasi saat  latihan. Tidak ada biaya pendaftaran, hanya uang kas saja yang akan dibutuhkan nanti saat event, kebutuhan konsumsi, membuat obstacle, atau training for trainer di bandung. Parkour Bekasi, tahun ini berencana ingin mengadakan event yaitu HANDJOB (Happy Indicate Jamming on Bekasi). Itu sebagai apresiasi selama 10 tahun.*CR6
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA