#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Punya Napas Kuat, Cobalah Hoki Air
24 Februari 2018 04:25 WIB
Biasanya khalayak umum memainkan olahraga terfokus di satu jenis saja. Bagaimana caranya jika kita menyukai dua cabang olahraga tetapi ingin melakukannya dalam satu waktu. Tentunya, tidak semua jenis olahraga bisa dikolaborasikan lantaran keterbatasan ruang dan media permainannya.

Satu contoh jenis olahraga yang bisa digabungkan adalah hoki air. Tak hanya membutuhkan keterampilan memukul keping dengan tongkat saja, keahlian berenang dan menyelam juga sangat penting. Hoki air dimainkan di kolam renang dengan keping yang sama dengan di hoki es. Keping tenggelam ke dasar lalu para pemain memburunya ke dasar kolam.

Hoki bawah air bermula di Inggris pada tahun 1954 oleh Allen Blake yang mencoba memikirkan cara untuk membuat anggota klub selamnya sibuk selama musim dingin. Olahraga yang juga dikenal sebagai Octopush ini sudah dibuat dalam format kejuaraan dunia pada 1980 dan dimainkan setiap dua tahun sekali. Saat ini, Negara yang piawai dalam bermain hoki air adalah Prancis, juara dunia pria dan Selandia Baru juara dunia wanita.


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan

Setelah berkembangnya hoki air di Inggris, olahraga ini mulai memasuki wilayah Australia, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan tentu saja sudah berkembang negara Eropa lainnya.  Aturannya mungkin sedikit berbeda secara regional, namun permainan yang dimainkan selama turnamen internasional terdiri dari dua tim. Masing-masing beranggotakan enam pemain dan empat pemain tambahan sebagai cadangan. Pertandingan dimainkan dalam tempo 33 menit dibagi dua babak. Tiap babak berlangsung selama 15 menit dan waktu istirahat 3 menit.

Permainannya dimulai dengan semua pemain menyentuh dinding kolam. Begitu keping dijatuhkan oleh wasit, kedua tim berebut merebut keping yang terdiam di dasar kolam. Pertandingan dimainkan terus menerus sampai sebuah gol dicetak, setelah itu pemain kembali ke posisi awal mereka di dinding. Jika terjadi jeda dalam permainan, biasanya disebabkan oleh dua hal. Pertandingan memang sedang jeda atau terjadi pelanggaran saat laga.


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

Dikarenakan keberadaannya di dalam air, Hoki Air sangat memerlukan kerjasama serta insting yang baik dalam tim. Beberapa kesulitan memang terjadi pada olahraga Octopush ini. Pemain hanya memakai sepatu katak, snorkel, dan harus mempunyai napas yang panjang dalam bermain. Ditambah lagi ketika teman tim sedang menguasai keping, teman yang lain hanya bisa mencari celah di sisi-sisi arena, tidak boleh berada di depan. Jika itu terjadi, dinamakan pemblokiran dan itu pelanggaran yang menguntungkan tim lawan.

Hoki air memang terbilang unik lantaran percampuran dua jenis olahraga. Namun, olahraga ini sudah diakui dunia. Pada Juni 2018 akan diadakan turnamen olahraga hoki air di Colorado, Amerika Serikat bertajuk Underwater Hockey National 2018.*CR6

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA