#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Garuda Putra Satukan Visi
14 Maret 2018 04:10 WIB
JAKARTA - Garuda Putra ketar-ketir. Di dua pekan terakhir putaran grup Divisi Utama Hansaplast Liga TopSkor (HLTS) U-13 2017/18, tim asuhan Sadin Lacandra ini masih terdampar di papan bawah klasemen Grup Top. 

Tepatnya di posisi ke-11 dengan perolehan sembilan poin. Dari 20 pertandingan yang sudah mereka jalani, tim asal Bekasi itu baru meraih tiga kemenangan. Sisanya 14 kali berujung kekalahan dan tiga hasil imbang. Jelas hal ini memunculkan pertanyaan bagi tim juara Divisi I Liga TopSkor U-13 2014 itu.

Sebab pada musim-musim sebelumnya, Garuda Putra, jarang terlempar dari persaingan papan tengah Divisi Utama. Usut punya usut, problem disiplin pemain menjadi faktor utama. Menurut Sadin, kekompakan tim hilang di di pertengahan musim.


Baca Juga :
- TSI Eksplorasi Dua Sayap
- TSI Tidak Pilih Lawan di 8 Besar

“Kami harus bisa maksimalkan dua pekan tersisa untuk meraih kemenangan. Jangan lagi kami kehilangan poin karena Daftar Susunan Pemain (DSP) kurang dari 18. Tadi saya sudah kumpulkan anak-anak di latihan, minta komitmen mereka di dua pekan tersisa. Mereka sepakat untuk bahu-membahu menyelamatkan tim dari degradasi,” kata Sadin.

Upaya yang dilakukan Sadin memang cukup beralasan. Sebab, ia ingin Garuda Putra tetap bertahan di Divisi Utama musim depan. ”Kalau terdegradasi kan sayang. Kasihan anak-anak kelahiran 2005 (12 tahun) yang berkompetisi di Divisi Satu. Mereka akan main di mana kalau kami terdegradasi,” Sadin melanjutkan.

Masalah serupa juga dialami Tunas Merah Putih (TMP). Target awal bisa lolos ke babak delapan besar, meleset. TMP yang saat ini menduduki peringkat keenam (29 poin) tak mungkin lagi mengejar perolehan tim posisi keempat ASIOP Apacinti dengan 37 poin. Sebab dengan dua pekan tersisa, maksimal poin yang bisa diperoleh TMP hanya 35.

Pelatih TMP Yunus Muchtar pun sudah mengetahui akar permasalahan sehingga tim asuhannya kesulitan meraih poin maksimal. Setelah secara mengejutkan mampu mengalahkan ASIOP di pekan ke-18, skor 1-0, TMP justru babak belur di tiga pekan berikutnya. Mereka kalah tiga kali secara beruntun, dua di antaranya dari tim papan bawah Cibinong Raya dan Buperta.


Baca Juga :
- Diandra Bawa TSI ke 8 Besar
- LTS U-15 Hadapi Ricks Sayati di Laga Pertama Festival Football Plus U-16

“Saya melihat permasalahan utama ada pada fokus bertanding anak-anak. Pikiran mereka sudah kemana-mana. Salah satunya kesempatan bermain di kompetisi lain. Padahal saya selalu tekankan kepada mereka fokus satu-satu dan maksimalkan latihan,” kata Yunus.

Namun begitu, Yunus tak patah semangat. Ia akan tetap memotivasi pasukannya untuk menyapu bersih dua pertandingan terakhir dengan kemenangan. “Target tentu sudah lepas. Tapi kami mau memperbaiki posisi di klasemen. Setidaknya kami mengakhiri kompetisi di posisi lima besar,” Yunus melanjutkan.*Furqon Al Fauzi
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA