#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
TSI Biasakan Main Efektif
05 April 2018 04:15 WIB
BOGOR - Tim TopSkor Indonesia (TSI) U-13 kembali mematangkan persiapan. Sebab kurang dari satu bulan lagi, tim yang diarsiteki Deris Herdiansyah dan Indriyanto Nugroho ini akan tampil di kejuaraan Internasional JSSL di Singapura pada 28-30 April mendatang.

Positioning, passing, kontrol, pengambilan keputusan, dan penyelesaian akhir jadi menu latihan di lapangan Universitas Trisakti, Nagrak, Ciangsana, Bogor, Rabu (4/4) sore itu. Deris menilai meskipun cukup lama tidak berlatih bersama chemistry antarpemain tetap terjaga. Hanya, persoalan komunikasi masih dinilai perlu ditingkatkan lagi. Sebab banyak kesalahan elementer yang terjadi dalam simulasi pertandingan.

“Materi latihan hari ini (kemarin) sejatinya hanya pengulangan. Semua materi sudah saya berikan sejak tahap seleksi sampai terbentuk tim yang berisi 20 pemain ini. Cuma dengan waktu persiapan yang tinggal beberapa pekan lagi, saya ingin tingkatkan kualitas finishing para pemain,” kata Deris.


Baca Juga :
- Isa Fossbi Juara
- Supremasi Pembinaan

Ya, bermain untuk mencetak gol merupakan filosofi yang telah mendarah daging di tim TSI. Dalam latihan kemarin, Deris menekankan kepada semua pemain agar bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun menjadi gol. Entah itu dari permainan build-up, manfaatkan kesalahan lawan, atau bola mati.

“Ini supaya anak-anak terbiasa main efektif. Inti dari permainan sepak bola kan mencetak gol. Tapi kami juga harus memastikan lini pertahanan juga sudah digalang dengan baik,” Deris melanjutkan. Di akhir sesi, Deris mengasah kemampuan tendangan para pemain dari luar kotak penalti.


Baca Juga :
- Mental Bawa ASIOP dan ISA ke Final
- Semifinal Momen Adu Karakter

Latihan ini juga untuk meningkatkan kualitas dua penjaga gawang TSI yakni Wisnu Nuryuda dan Slamet Syarif dalam mementahkan tendangan lawan. Selain itu, simulasi tendangan penalti juga dicoba untuk melatih mental dan keberanian pemain dalam mengeksekusi penalti.
 
“Jangan anggap sepele adu penalti. Harus latihan penalti supaya mental dan kepercayaan diri anak-anak terlatih. Karena kita tidak akan tahu situasi seperti yang akan terjadi pada kejuaraan nanti. Bisa saja ditentukan lewat adu tendangan penalti,” kata Deris.*Furqon Al Fauzi


Daftar Pemain TSI 2004 JSSL, Singapura
Nama                                     SSB
1.    Wisnu Nuryuda           Cibinong Poetra
2.    Syarif Slamet              Saint Prima, Bandung
3.    Vito Ramadyzky         Remaja Masa Depan
4.    Richko Ridho              Remaja Masa Depan
5.    Saptian Dwi                ISA ICKTrisakti
6.    M Faqih Maulana       Tajimalela FA
7.    Afrilliano PW               Persigawa
8.    Jodi Candra Geraldi    Remaja Masa Depan
9.    Raychan Adji              Remaja Masa Depan
10.    Fiore Rafli                 ASTAM
11.    M. Akiel Marjik         Tajimalela FA
12.    Resa Aditya              ISA ICK Trisakti
13.    Andriano Saputra     Salfas Soccer
14.    Arya Rafael               Benteng Muda
15.    Tafrizal Aditya          Garuda Putra
16.    Dicky Daniel             Ragunan SS
17.    Azmiar Al Qadri         ISA ICK Trisakti
18.    Diandra Diaz Dewari  SASWCO, Bandung
19.    M Valeroen               UNI Bandung
20.    Bevan Rulif               ISA ICK Trisakti

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA