#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Galeri Foto World Press Briefing 2018
05 April 2018 18:01 WIB

PAGI itu di jantung ibu kota, matahari bersinar dengan malu-malu. Sekitar 200 jurnalis dari media nasional dan internasional sudah bersiap menyelesaikan sarapan. Mereka segera menuju lima venue Asian Games 2018 di tiga lokasi berbeda di Jakarta.

Ya, Selasa (3/4) merupakan hari kedua dari World Press Briefing yang diselenggarakan Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC). Tujuannya, untuk menjelaskan situasi terkini dari pesta olahraga antarnegara Asia ini.

Bisa dipahami mengingat peserta World Press Briefing ini berasal dari 25 negara. Mereka tidak hanya dari negara peserta Asian Games 2018 saja. Melainkan juga non Asia seperti Reuters, AP, dan AFP.

“Kegiatan bersama media ini rutin digelar INASGOC. Tahun lalu, dengan AGMF 2017 di Jakarta dan Palembang,” ujar Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto dalam sambutannya di Hotel Borobudur, Senin (2/4) terkait Asian Games Media Forum yang juga TopSkor.id ikuti pada 27-28 November lalu.

Erris mengakui, peran media dan broadcast sangat penting demi kesuksesan Asian Games 2018. Itu mengapa, INASGOC berusaha untuk menyajikan pelayanan yang maksimal kepada peliput. Baik itu jurnalis, fotografer, videografer, kameramen, dan sebagainya.

Sama seperti AGMF 2017, World Press Briefing ini berlangsung dua hari. Bedanya, saat ini hanya di ibu kota saja dibanding sebelumnya yang menyertakan Palembang. Meski begitu, ratusan media tetap mendapat informasi terkini terkait Asian Games 2018.

Pada hari pertama, INASGOC menerjunkan langsung perwakilan di berbagai bidang terkait teknis peliputan. Misalnya, terkait media dengan paparan dan diskusi dari Direktur Media dan PR INASGOC Danny Buldansyah, Raymond Synarso (Departement Sport), Nasir (Departement Venue), Indra Gamulya (Direktur Arrival and Departure), Josephine Tampubolon (Departement Transportasi), Ahmed Solihin (Deputi 3), Linda Wahyudi (Direktur Broadcast Production and Operational), dan Tito Loho (Departement Accreditation).

Malam harinya, Flores Ballroom disulap untuk Gala Dinner dengan menonjolkan suasana sportif yang mengusung tema sepak bola dan basket.

Tamu media dari 25 negara menikmati santap malam berkelas dari hotel bintang lima. Tak lupa, ada aneka lomba, atraksi olahraga, pembagian doorprize, live performance, dan penampilan angklung Saung Mang Udjo.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada perwakilan media dari Tanah Air, negara peserta Asian Games 2018, dan internasional. Harapan kami, Anda semua terpuaskan dengan informasi sepanjang World Press Briefing yang bisa jadi masukan agar penyelenggaraan berjalan lebih baik,” Ketua INASGOC Erick Thohir, mengungkapkan.

Pada hari kedua, media diajak untuk mengunjungi berbagai venue yang mayoritas sudah jadi dan tinggal finishing saja. Itu meliputi Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta International Equestrian Park (Pulomas), dan Jakarta International Velodrome (Rawamangun).

Setelah itu, rombongan menuju Kantor Pusat PT Bank Negara Indonesia (BNI) di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Media dan perwakilan INASGOC santap siang bersama di lantai 32 sambil menikmati pemandangan memesona dari berbagai sudut ibu kota.

“Kami bangga jadi bagian penting Asian Games 2018 sebagai Official Prestige Partners. BNI berusaha untuk mewujudkan partisipasi demi mensukseskan dan mengangkat nama Indonesia pada pesta olahraga akbar ini,” tutur Corporate Secretary BNI Ryan Kiryanto.

BNI merupakan salah satu dari puluhan sponsor resmi Asian Games 2018. Mereka terbagi dalam empat kategori yang meliputi Official Prestige Partners, Official Partners, Official Sponsor, dan Supporting Sponsors.

World Press Briefing diakhiri dengan kunjungan ke Komplek Gelora Bung Karno (GBK). Mulai dari Aquatic Center, Istana Olahraga (Istora) Senayan, dan Stadion Utama GBK. Kebetulan, ketiga venue ini sudah selesai direnovasi dan digunakan pada test event Asian Games 2018 pada 8-15 Februari lalu.

Usai World Press Briefing, hitung mundur jelang pesta olahraga terbesar kedua di kolong langit setelah Olimpiade ini pun berlanjut.***
 

Daftar Perusahaan yang Turut Mendukung Asian Games 2018

Official Prestige Partners (11)
- Telkom Indonesia
- Telkomsel
- Pertamina
- Bank BNI
- Bank BRI
- Bank Mandiri
- Astra
- Grab
- Tissot
- 361
- SsangYong

Official Partners (4)
- Indofood
- Pocari Sweat
- Canon
- APP Sinarmas

Official Sponsors (4)
- Aqua
- Samsung
- Tanoto Foundation
- Alice

Supporting Sponsors (9)
- PLN
- Bank BTN
- PGN
- Alfamart
- Jiwasraya
- Wika
- Pembangunan Perumahan
- Waskita
- Adhi Karya

Official Supplier (5)
- Angkasa Pura II
- Jasa Marga
- TransJakarta
- Kereta Api Indonesia
- Combiphar

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Komentar
ARTIKEL SEBELUMNYA