#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Memacu Andrenalin dengan Flowboarding
17 April 2018 04:23 WIB
FLOWBOARDING dapat dilakukan tanpa harus pergi ke laut. Karena, memainkannya bisa di sebuah arena permainan air yang telah didesain khusus mengeluarkan ombak buatan seperti di laut. Flowboarding merupakan campuran dari beberapa olahraga ekstrem seperti selancar, bodyboarding, wakeboarding, dan skateboarding.

Perkembangan dunia olahraga ekstrem terus menghasilkan berbagai inovasi. Seperti pada olahraga selancar dan bodyboarding yang biasa dilakukan di laut dengan bantuan ombak sebagai dorongan untuk bergerak, sekarang ada alternatif lain. Arena ini disebut Flow Rider, tempat untuk bermain flowboarding.

Ombak buatan dalam Flow Rider memiliki ketebalan air sekitar 3 inci dan memiliki kecepatan hingga 50 km/jam. Air yang menyembur kencang ini akan tertahan oleh lintasan yang didesain melengkung agar terlihat seperti ombak laut sehingga terciptalah ombak buatan.


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan

Tentunya kemunculan inovasi ini sangat memberikan tantangan bagi komunitas atau pecinta olahraga ekstrem terutama di air. Dilihat dari kekuatan ombak buatan yang di suguhkan, sangat dibutuhkan keseimbangan di atas papan selancar. Andrenalin akan terpacu saat ombak buatan menggoyang papan. Jika tidak mempunyai ketahanan dan keseimbangan tentunya rider akan terpental.
  
Dalam menaklukan ombak buatan ini, dibutuhkan juga papan khusus untuk memainkan flowboarding. Papan flowboarding ini biasa disebut stand up board dan tidak jauh berbeda dengan papan wakeboarding. Papan flowboarding memiliki panjang sekitar 910 milimeter sampai 1.070 milimeter. Memiliki lebar sekitar 280 milimeter sampai 356 milimeter atau. Papan dalam flowboarding ini memiliki berat sekitar 1,4-2,8 kilogram.
 
Dalam menaklukan ombak, rider biasanya memberikan trik-trik seperti dalam wakeboarding, bodyboarding, dan skateboarding. Trik yang biasa dilakukan adalah seperti carving (teknik menguasai medan dengan bergerak ke kanan dan kiri). Trik ini dapat dilakukan pemula untuk melatih keseimbangan. Lalu, kick-flips (memberi putaran papan di udara) dan beberapa variasi lainnya. Tak hanya itu, saat melakukan flowboarding juga dapat menggunakan trik dalam bodyboarding dari berbagai macam posisi. Mulai dari posisi tiarap sampai berlutut dengan aksi berputar 90, 180, 360 derajat.

Salah satu olahraga alternatif ini sudah mempunyai induk organisasi yaitu FLOW. Kepanjangan dari Flowboarding League of The World. Organisasi ini dijalankan oleh WhiteWater Inc. Flowboarding juga kerap dipertandingkan dan sudah memiliki kompetisi tetap.


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

Kompetisinya yang terkenal ada di Amerika Serikat. Kompetisi ini dibagi menjadi dua yaitu The North American Flow Tour Prime Events dan Flow Series Event. Di Asia, nama kompetisi ini yaitu Flow Tour Asia. Di Indonesia arena atau tempat untuk memainkan flowboarding terdapat di Ancol dan Snowbay. Dua tempat wisata itu menawarkan flowriding sebagai salah satu wahananya.*CR6


 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA