#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Difabel tetapi Ingin Jadi yang Tercepat di MTB
21 April 2018 04:22 WIB
STACY Kohut saat ini dikenal sebagai manusia tercepat di dunia apabila melaju dengan sepeda gunungnya. Sebelumnya, nama Stacy sudah terdengar di era 1980-an. Kala itu dia terjun dalam dunia balap BMX dan sepeda motor. Stacy memang terkenal salah satu sosok penggila olahraga ekstrem di dunia. 

Karier Stacy sebagai yang tercepat tidaklah mulus. Pria yang lahir pada 1970 itu telah membuktikan bahwa, dapat berprestasi walaupun dirinya tidak memiliki kesempurnaan sejak 1992. Pada waktu itu Stacy mengalami salah satu insiden yang membuat dirinya terpuruk. Terjatuh saat bermain ayunan dan mengakibatkan patah tulang punggung. Insiden itu memvonis Stacy mengalami kelumpuhan bagian punggung kebawah.

“Suatu saat saya berfikir, rasanya cukup beberapa tahun saya terbaring. Saatnya melakukan sesuatu untuk impian saya menjadi yang tercepat dalam dunia balap. Saya pun memilih sepeda gunung (MTB),” kata Stacy. Tekad Stacy untuk menjadi jawara memang perlu diapresiasi. Dengan segala usaha dan uji coba modifikasi khusus sepeda gunungnya, pada 1999 Stacy menghasilkan MTB beroda empat yang menyerupai kendaraan ATV.


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan

"Saya dapat merasakan kembali, sebagaimana orang-orang melakukan olahraga ini. bedanya ini seperti ATV tanpa mesin. Itu benar-benar terasa seperti sepeda dengan kecepatan tinggi," kata Stacy. 

Pria asal kanada ini tentunya merancang sepeda gunungnya itu sesuai dengan keadaan yang dialaminya. “Saya harus bisa merasakan bagaimana benda ini melaju. Oleh karena itu, bagian tempat duduk didesain agak tinggi. Saya juga memilih ban depan dan belakang berbeda ukuran. Ban depan dengan ukuran 20, ban belakang dengan ukuran 26. Sebagian bahan terbuat dari chromium karena itu memberikan kelenturan,” kata Stacy. Dengan kelumpuhan yang dialami, Stacy hanya mengandalkan tubuhnya sebagai pengarah dalam mengendarai MTB.


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

Ajang Crankworx Air Downhill 2016 di Whitsler, Kanada di mana nama Stacy Kohat kembali mengguncang dunia untuk menunjukan aksi-aksi MTB khususnya tersebut. Menurut Stacy, melaju dengan roda empat pada MTB membuat dirinya yang tercepat pada kategorinya. Namun, Stacy mempunyai misi untuk menandingi kecepatan atlet profesional beroda dua seperti Jill Kintner yang pada musim sebelumnya menjuarai ajang ini. 

Kekurangan fisik bukan akhir dari menggapai prestasi dan cita-cita. Stacy mengatakan jika ingin menjadi yang terbaik, jadilah diri sendiri. Terus berusaha untuk tidak pantang menyerah dan buatlah suasana keceriaan dalam keadaan apapun, saat perjalanan menuju kesuksesan.*CR6 
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA