#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Memanen Manfaat Muay Thai untuk Kaum Hawa
27 April 2018 04:22 WIB
MUAY THAI bela diri yang berasal dari Thailand sudah lama dikenal sebagai salah satu olahraga alternatif untuk kaum wanita. Walaupun terbilang sebagai olahraga untuk laki-laki, muay thai terbukti efektif juga untuk wanita. Mulai materi ketangkasan untuk melawan kejahatan hingga membentuk tubuh menjadi lebih proporsional.

Awalnya, seni bela diri ini identik dengan kekerasan namun kini berbagai teknik muay thai sudah dibuat jauh lebih aman sebagai olahraga yang dapat menjaga kebugaran tubuh. Muay thai juga sudah berkembang dan mulai mengusung teknik pembentukan tubuh atau body shaping yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Muay thai bisa menjadi olahraga pembentuk tubuh yang baik karena gerakannya banyak melakukan putaran. Mulai dari tinju, pukulan, sikutan, hingga tendangan. Berbagai teknik dasar tersebut memberi gerakan untuk memutar pinggang. Otomatis, otot pada bagian paha dan perut pun ikut bergerak sehingga mampu mengencangkan tubuh sekaligus membakar kalori dengan efektif.
 
Sesi pemanasan yang juga diwajibkan sebelum berlatih yaitu dengan skipping maupun sebelum pendinginan dengan melakukan sit up. Dua aktivitas tersebut juga berguna membakar lemak kalori yang cukup besar. Tak tanggung-tanggung dalam satu kali latihan bela diri ini dapat menurunkan 1.000-2.000 kalori. Bahkan, khasiat olahraga muay thai ini terbilang lebih baik dibandingkan aerobik.


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan

Menariknya, olahraga bela diri ini juga cocok bagi wanita hamil. Contohnya, Caley Reece atlet dan pemegang enam gelar juara dunia muay thai asal Australia. Saat kehamilannya, wanita 38 tahun itu selalu tak lepas berlatih muay thai. Bahkan, hingga kehamilanya menginjak pekan ke-39 atau sudah sembilan bulan lebih. “Wanita hamil yang aktif akan mendukung pertumbuhan mental dan fisik janin,” kata Caley.

Aksi Caley menggambarkan bahwa para wanita hamil juga bisa tetap aktif berolahraga. “Melakukan aktivitas muay thai tidak membahayakan janin. Gerakannya juga banyak berfokus pada permainan tangan dan pinggul,” ujar Caley menjelaskan. "Hamil bukan sebuah penyakit atau kelainan. Bukan alasan untuk menghentikan aktivitas. Justru ini saatnya untuk menjaga diri Anda. Anda sedang menciptakan sebuah kehidupan yang kondisi fisik dan mentalnya harus dijaga.”


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

Memang, dengan berolahraga dalam keadaan apa pun harus mempunyai kecenderungan untuk tetap percaya bahwa yang dilakukannya semata-mata demi kesehatan. Ada pun poin penting jika seseorang yang ingin menggeluti muay thay untuk menjaga berat badan serta kebugaran tubuh, maka porsi latihan yang ideal cukup dua kali dalam sepekan selama satu jam. Namun, itu saja tidak cukup. Tentunya juga harus tetap memerhatikan asupan makanan dan pola waktu makan dengan baik.*CR6


 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA