#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Wanita & Gunung Utamakan Edukasi Sebelum Mendaki
10 Mei 2018 18:54 WIB
MENDAKI gunung jadi aktivitas yang sangat digemari di semua kalangan. Namun, demi memenuhi unsure keselamatan, pendaki gunung tentu harus mempunyai pengetahuan umum dalam mendaki. Komunitas Wanita & Gunung (WG) hadir sebagai salah satu wadah bagi kaum hawa dalam mengeksplorasi pengetahuan dalam mendaki gunung.

“WG mempunyai program kegiatan dan visi misi yang jelas. Jadi, kami bukanlah komunitas yang sekadar naik gunung bareng atau sekadar perkumpulan saja. Kami mengampanyekan pendakian aman dan nyaman bagi pendaki pemula, khususnya wanita,” kata Rika Masda, salah satu pengurus Wanita & Gunung. 

WG juga bukanlah komunitas yang menawarkan kegiatan di alam bebas atau pendaki gunung saja. Namun, merupakan komunitas pembelajaran yang menerapkan sistem dari dasar dengan media alam bebas untuk pembentukan karakter.
Komunitas yang berdiri sejak Juni 2015 ini mempunyai program yang juga sebagai event tahunan. Diadakan untuk mengedukasi bagi para pemula yang ingin terjun dalam pendakian. Materi yang diberikan yaitu pengetahuan persiapan sebelum mendaki (basic training) dan Jambore. 


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan

Ada pula acara kemping ceria yang berisi cerita pengalaman anggota saat melakukan ekspedisi pendakian. “Program yang diberikan WG bersumber langsung dari orang yang mempunyai background pecinta alam seperti Wanadri,” kata Rika. 

Dari program yang diberikan ini tentunya mempunyai tujuan yaitu meningkatkan Self Awareness atau kemandirian dalam mendaki. “Melakukan pendakian itu butuh proses. Semua perlu persiapan. Mulai dari manajemen perjalanan hingga pengetahuan mengenai kesehatan dalam perjalanan mendaki harus dimengerti terlebih dahulu sebelum naik gunung,” ujar Rika menjelaskan.


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

 Selain beberapa program dan event, WG juga sering mengadakan pertemuan antaranggota ke kota-kota besar. Tentunya untuk saling berbagi cerita mengenai masalah pendakian gunung. Terkadang memang banyak pendaki wanita yang memaksakan dalam petualangan pertama saat naik gunung dengan alasan mendaki bersama teman yang sudah terbiasa mendaki.
 
Hal itu sangat dihindari bagi Komunitas WG tentunya jika ingin mendaki. Sangat diperlukan adanya bekal dalam pengetahuan mendaki gunung. Rika menyatakan pengetahuan dasar dalam mendaki memang sangat penting bagi kaum wanita. “Jadi, ketika nanti mendaki bersama-sama atau dengan pria, kami sebagai wanita tidak hanya menerima enaknya saja. Bisa juga saling membantu dan berperan dalam pendakian,” tuturnya.

Rika juga berpesan untuk para pendaki gunung agar lebih peduli terhadap pendakian. Jangan menganggap bahwa mendaki itu hal yang mudah tetapi berpikir panjang dengan berbagai persiapan yang matang sebelumnya. “Para pendaki wanita juga harus mempunyai respek yang lebih besar dari diri sendiri, untuk orang lain, dan terhadap alam,” ucap Rika menambahkan. Bagi kalian yang ingin ikut dalam bagian WG atau ingin menjadi anggota, silakan masuk ke akun Instagram @wanitagunung yang berisikan berbagai informasi penting dalam mendaki juga mengenai event WG dalam.*CR6

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA