#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Spanyol Waspadai Penggunaan VAR di Piala Dunia 2018
12 Mei 2018 14:35 WIB
MADRID -  Timnas Spanyol bukan hanya menghadapi 11 pemain di lapangan. Pelatih La Roja Julen Lopetegui mengingatkan pemainnya juga harus mewaspadai penggunaan video assistant referee (VAR) di Piala Dunia 2018. 

Sebagian besar skuat La Roja merumput di Liga Spanyol dimana tidak menggunakan sistem VAR karenanya tidak memiliki pengalaman.

"Kami perlu mempersiapkannya (VAR) karena akan ada momen yang tidak biasa kami lakukan. Kami harus bersiap untuk penghentian dan memulai kembali," kata Julen Lopetegui. 


Baca Juga :
- Pierluigi Collina Sebut VAR Bisa Kurangi Kesalahan Wasit
- Pemain Termuda Piala Dunia 2018 Itu Resmi Berkostum Manchester City

Dia mengaku harus melakukan persiapan khusus untuk membiasakann anak asuhnya menghadapi kemungkinan putusan melalui VAR. "Kami perlu memahami apa aturannya, apa prioritas wasit sehingga kami bisa bertindak sesuai. Ini sesuatu yang baru bagi kami karena tidak ada di Spanyol dan kami harus siap untuk itu di Piala Dunia."

“Kami akan mempelajari berbagai hal mengenai sistem yang akan dipakai itu dengan para pemain. Kami akan memastikan betul-betul siap menghadapinya. Ini faktor yang betul-betul tak bisa dikesampingkan begitu saja,” urai Lopetegui.

Hal yang paling ditakutkan mantan pelatih FC Porto itu, VAR akan mengganggu ritme permainan timnya yang mengandalkan penguasaan bola. Jeda lama karena putusan yang harus melibatkan teknologi bantuan bisa mengganggu hal itu.


Baca Juga :
- Catat, Persija Akan Hadapi Spartak Moscow
- Terungkap, Totti dan Gattuso Main Kartu Sebelum Final Piala Dunia 2006

“Penggunaan VAR berarti akan ada penghentian laga, lalu mulai lagi. Itu tentu akan berpengaruh terhadap ritme dan kontinuitas permainan,” papar Lopetegui lagi. “Timnas Spanyol suka menguasai bola dalam waktu lama dan menekan lawan. Kami tentu perlu mempersiapkan diri terhadap hal yang akan terjadi dengan adanya hal ini.”

Spanyol salah satu tim favorit juara Piala Dunia 2018. Selain ditopang pemain berkelas, La Furia Roja juga perkasa di kualifikasi. Bahkan Argentina pun digasak 6-1 dalam uji tanding, Maret lalu.* Suryansyah

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA