#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Mayoritas Pelatih di Piala Dunia 2018 Berbahasa Spanyol
14 Juni 2018 05:18 WIB
Filippo Maria Ricci
dari Madrid

KURSI pelatih di Piala Dunia 2018 berbicara bahasa Spanyol, plus dengan aksen Argentina. Lebih tepatnya ada 11 pelatih, jadi lebih dari sepertiga pelatih punya bahasa ibu Spanyol. Terbanyak dari Argentina saat ada 4 pelatih dari negara itu. 

Kecenderungan ini menunjukkan adanya tren meningkat. Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ada 7 pelatih berbahasa Spanyol, kemudian di Brasil ada 9 pelatih. 


Baca Juga :
- Begini Cara Timnas Inggris Bersenang-senang di Kolam Renang
- Ini Rekor Kartu Merah Tercepat di Piala Dunia

Tentu saja jumlah ini makin bertambah karena ada pelatih asal Amerika Latin, Roberto Martinez, misalnya yang melatih Belgia, kemudian Hector Cuper melatih Mesir. Lalu ada Juan Antonio Pizzi melatih Arab Saudi.

Jangan lupa ada Jorge Sampaoli yang melatih timnas Lionel Messi, Ricardo Gareca melatih Peru dan Jose Pekerman bersama Kolombia. Panama akan memainkan Piala Dunia ketiga bersama Gomez dan Juan Carlos Osorio melatih Meksiko. 

Sedangkan para pelatih lain yang berbicara bahasa Spanyol adalah Julen Lopetegui, penerus Del Bosque (sekarang sudah diganti Fernando Hierro, red), Oscar Ramirez dan maestro Tabarez yang meski sakit, akan tetap mengambil bagian dalam Piala Dunia keempat, ketika berturut-turut setelah pengalaman di Italia tahun 1990.

Tabarez, mantan pelatih AC Milan bersama Joachim Loew adalah yang paling awet, mereka melatih sejak 2006 buat tim yang sama. Dan, salah satu dari tujuh pelatih yang juga hadir di Piala Dunia 2014. 

Juga ada pelatih asal Portugal Carlos Queiroz bersama Iran sejak 2011 dan Fernando Santos dari Yunani kembali melatih negara kelahiran. Dan, perlu ditambahkan Sampaoli yang sebelumnya berlaga di Piala Dunia 2014 bersama Cile. seperti Santos pada akhirnya kembali melatih negara asal: negara yang mempercayakan pelatih sendiri ada 19, diantaranya dua tim asal Afrika: Tunisia dan Senegal.


Baca Juga :
- Pembunuh Juara Bertahan Jerman Itu Layak Bermain di Liga Inggris
- Jelang Kontra Kolombia, Timnas Jepang Diuncang Gempa Bumi

Dua pelatih berasal dari Prancis: Deschamps dan Renard dengan Maroko. Dari Jerman ada Loew dan Rohr di Nigeria, Spanyol dan Kroasia (Dalic dan Petkovic bersama Swiss) semuanya memiliki dua pelatih, sedangkan tidak ada dari Italia. 

Sebelumnya di Piala Dunia 2014 bersama Prandelli ada Capello (Russia) dan Zaccheroni (Jepang). Piala Dunia kali ini akan berbahasa Spanyol, meski 11 pelatih yang berbahasa Spanyol memiliki cara main yang berbeda, terkadang berlawanan jika berbicara mengenai Sampaoli dan Cuper: satu bahasa tapi banyak ide.*

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA