#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Prediksi Kroasia Vs Inggris: Satu Tekad, Pahat Sejarah
11 Juli 2018 05:56 WIB
MOSKOW - Kroasia dan Inggris belum pernah bentrok di Piala Dunia. Duel di semifinal ini tentu sangat menarik. Keduanya bertekad menembus sejarah. 

Kroasia terakhir masuk 4 besar pada Piala Dunia 1998. Davor Suker dan kawan-kawan kala itu dihentikan Prancis 2-1. Tim Negeri Balkan akhirnya menempati posisi ketiga usai menang 2-1 atas Belanda. 

Sementara itu, Inggris terakhir juara pada 1966 di negeri sendiri. Setelah melipat Portugal di semifinal, Inggris mengalahkan Jerman Barat 4-2 lewat extra time. Lalu pada 1990 Inggris tumbang di kaki Jerman Barat lewat drama adu penalti di semifinal.


Baca Juga :
- Prediksi Sepak Bola Asian Games 2018, Timnas U-23 Indonesia Tidak Dianggap
- Prediksi Persija Vs Bali United, Duel Terbaik Pekan ini

Bila menilik sejarah, Inggris lebih dijagokan. Inggris juga punya catatan apik dalam tujuh kali pertemuan di panggung berbeda. The Three Lions mengemas empat kemenangan. Kroasia hanya dua kali menang. Satu duel lagi berakhir imbang.

Tapi, Kroasia kali ini berbeda. Di fase grup Luka Modric dan kawan-kawan memangkas Argentina 3-0. Denmark dipulangkan dalam drama adu penalti di babak 16 besar. Pun tuan rumah Rusia dihentikan secara dramatis di perempat final. 

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menegaskan bahwa skuatnya saat ini berbeda dengan skuat sebelumnya. "Kami adalah tim yang kuat dan kami tidak takut kepada siapapun," tandas Dalic, dilansir FIFA.

Jika melihat materi pemain The Blazers, rerata sarat pengalaman. Mereka pemain penting di klubnya masing-masing. Di jantung pertahanan ada Dejan Lovren dan Domagoj Vida sera Vedran Corluka.

Duet playmaker Barcelona (Ivan Rakitic) dan Real Madrid (Luka Modric) di barisan tengah sangat kompak. Keduanya bisa berbagi peran untuk menyerang maupun bertahan. Mereka-lah kunci permainan The Blazers. 

Ivan Perisic dan Ante Rebic yang bergerak dari sayap akan menopang Mario Mandzukic yang dislot di sendi depan. 

Dalic tak menutup mata, Inggris begitu impresif. Pemain-pemain muda Inggris sama sekali tak canggung bermain di pentas terakbar yang tekanannya jelas jauh lebih berat ketimbang di liga. 

"Pemain muda mereka hebat-hebat. Tapi saya pastikan bahwa kami masih punya energi berlebih," kata Dalic. 

Gareth Southgate, juru racik Inggris, mengaku siap menghadapi Kroasia. Duel di Luzhniki Stadium Moskow, Kamis, 11 Juli dini hari WIB menurutnya, bakal berlangsung ketat. Soalnya, kedua tim sama-sama membidik kemenangan. 

"Kami bisa sampai ke tahap ini karena semua orang sudah bekerja keras di lapangan dan akan terus melakukannya," kata Southgate.

Tapi, dia mengingatkan pertahanan Kroasia akan ancaman Harry Kane. Striker Tottenham Hotspur itu sudah koleksi 5 gol. Satu hal lagi, 'Singa Muda' Inggris seperti Kieran Trippier, Dele Alli dan Jesse Lingard di sendi tengah sangat militan. Mereka tampil energik, lepas, bebas. 

Southgate sendiri sukses memahat sejarah. Dia mengikuti jejak dua pelatih legendaris Inggris lainnya, Alf Ramsey (1966) serta Bobby Robson (1990). 

Jika jika Inggris lolos ke final dan kemudian memenangkan Piala Dunia di Rusia, Southgate bisa dipastikan banjir sanjungan setinggi langit.

"Saya sama sekali tak mengira dia menjadi pelatih ketiga yang mampu membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia," bilang Davis Seaman, legendaris Inggris, dikutip dari BT Sport. 


Baca Juga :
- Prediksi Madura United Vs Perseru, Peluang Pesta Gol
- Ganggu Final Piala Dunia, Pussy Riot Ajukan Tuntutan

Inggris atau Kroasia yang ke partai puncak? Mari kita tunggu sama-sama!*

Rekor Pertemuan:
24-04-1996: Inggris vs Kroasia, 0-0 (Persahabatan)
20-08-2003: Inggris vs Kroasia, 3-1 (Persahabatan)
21-06-2004: Kroasia vs Inggris, 2-4 (Piala Eropa)
11-10-2006: Kroasia vs Inggris, 2-0 (Piala Eropa)
21-11-2007: Inggris vs Kroasia, 2-3 (Piala Eropa)
10-09-2008: Kroasia vs Inggris, 1-4 (Kualifikasi Piala Dunia)
09-09-2009: Inggris vs Kroasia, 5-1 (Kualifikasi Piala Dunia)

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA