#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Indonesia vs Malaysia, Waktu Normal Berakhir 1-1
12 Juli 2018 20:56 WIB
SIDOARJO – Saling menekan dan tampil displin, memaksa Indonesia dan Malaysia bermain 1-1 dalam waktu normal babak semifinal AFF U-19 Championship 2018 di Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (12/7). Laga berlanjut babak adu penalti.

Dalam waktu normal, mengawali inisiatif untuk tampil menyerang, Indonesia berhasil membuka keunggulan saat laga belum genap satu menit. Kejutan yang dilakukan Saddil Ramdani, membuat sektor pertahanan Malaysia melalukan kesalahan pembuka.

Lewat sisiran dari sisi kanan penyerangan, aksi solo-run yang dilakukan Saddil Ramdani ke jantung pertahanan Malaysia, memaksa Nabil Hakim melakukan pelanggaran dia real kotak penalty, saat laga belum genap satu menit.


Baca Juga :
- Gulat Asian Games: Indonesia, India, Jepang, Kazakhstan, dan Korsel Full-Team
- Bionsa Pro United Pesta Gol ke Gawang Bintang Ragunan

Tidak membuang kesempatan, Egy Maulana Vikri yang baru bergabung bersama tim, sukses menaklukan penjaga gawang Malaysia, Muhammad Azri, dan membawa Indonesia unggul 1-0 pada menit 1.

Tidak berselang lama, pemain yang kini merumput di Polandia bersama Lechia Gdansk, secara beruntun melepas dua kali shooting ke gawang Malaysia, tapi sayang, bloking berlapis yang diberikan lawan, membuat skor tidak berubah hingga menit kelima.

Malaysia yang terus mencoba lepas dari tekanan, akhirnya lewat sundulan kapten tim, Muhammad Syaiful, memanfaatkan tendangan sudut dari sisi kiri pertahana Indonesia, berhasil menyamakan kedudukan di menit 13.

Indonesia kembali nyaris menggetarkan jala gawang Malaysia, tapi sayang sayang shooting Egy masih membentur mistar gawang pada menit 20. Pantulan bola jauh, sempat dimanfaatkan lawan lewat serangan balik ke gawang Riyandi, tapi masih bisa dikandaskan Nurhidayat.

Bukan hanya Indonesia, pemandangan serupa juga diperlihatkan Malaysia, dengan mengandalkan dua penyerang, Muhammad Nurfais dan Muhammad Hadi, sebagai ujung serangan beberapa kali terlihat cukup merepotkan lini pertahanan garuda muda.

Skor 1-1 tidak berubah hingga babak pertama berakhir. Memasuki babak kedua, Indra Sjafri melakukan sedikit perubahan, dengan menarik Rafli Mursalim dengan dengan memasukan Todd Ferre, dan mendorong Egy Maulana sedikit maju ke depan.

Laga kedua, tensi terus naik. Sempat terjadi insiden antara gelandang Indonesia Muhamad Rafi dengan defender lawan, Hakim, tapi tidak kartu untuk kedua pemain. Tapi justru Saddil Ramdani yang mendapat ganjaran kartu kuning, usia menabrak pemain Malaysia beberapa menit berselang.

Bukan hanya secara teknis mencoba tidak bermain di bawah tekanan lawan, skuat garuda muda juga terlihat mencoba tidak terpancing emosi. Di luar drama itu, Kehadiran Todd Ferre, berhasil meningkatkan intensitas terkanan Indonesia ke zona pertahanan Malaysia.

Mengandalkan bola daerah dan mengoptimalkan keberadaan Egy di depan, Indonesia nyaris unggul sebelum akhirnya shooting pemain kelahiran Sumatera Utara ini masih di atas mistar gawang Muhammad Azri pada menit 67.

Tidak hanya mengandalkan Egy, Saddil dan Witan Sualemen di depan, pada babak kedua dua wing back Indonesia, Asnawi di kanan dan Firza Andika di kiri, beberapa kali juga membantu serangan. Beberapa shooting juga terlihat dilakukan Firza.

Memasuki menit 80, tekanan dari tengah terlihat lebih coba dilakukan Indonesia lewat Syahrian Abimanyu dan Muhammad Rafi, beberapa bola zonal coba diberikan ke Egy, tapi kesigapan penjaga Muhammad Azri membaca, membuat bola mampu dijauhkan dari areal pertahanan Malaysia.

Memasuki 10 menit jelang berakhirnya laga, tensi permainan tidak terlihat menurun. Indonesia terus mencoba mengepung pertahanan Malaysia, sementara lawan tidak tinggal diam, terus mencoba lewat beberapa serangan balik.

Permasalahan sedikit hadir menyapa Indonesia, saat Egy Maulana harus ditarik keluar karena cedera dan digantikan 19 Hanis Saghara. Situasi yang membuat pemilik nomor punggu 10 ini terlihat menahan tangis kecewa, bahkan saat sudah duduk di bangku cadangan.

Mencoba melanjutkan tugas Egy, Hanis sempat mengancam gawang Malaysia, tapi sayang shooting mendaftarnya masih bisa ditangkap Muhammad Azri saat pertandingan sudah memasuki menit 89. Skor tidak berubah hingga akhir, pertandingan lanjut babak adu penalti

 

INDONESIA (4-3-3)

1 Muhamad Riyandi  GK)

20 Asnawi Mangkualam. 5 Nurhidayat, 2 Kadek Raditya, 11 Firza Andika

17 Syahrian Abimanyu, 10 Egi Maulana Vikri, 6 Muhammad Rafi

15 Saddil Ramdani, 9 Muhammad Rafli Mursalim, 8 Witan Sulaeman

CADANGAN : 30 Muhamad Aqil (GK), 3 Julyano Pratama Nono, 4 Samuel Chrstianson, 7 Mummad Luthfi (17 Syahrian Abimanyu 90”), 14 Feby Eka Putra, 24 Todd Ferre (9 Muhammad Rafli Mursalim 46”), 19 Hanis Saghara (10 Egi Maulana Vikri 87”).

 

MALAYSIA (4-4-2)

22 Muhammad Azri (GK)

5 Muhammad Anwar, 2 Shivan Pillay, 18 Muhammad Syaiful, 6 Nabil Hakim

9 Muhammad Nizarrudin, 17 Thivandaran Karnan, 8 Nik Aktif Syahiran, 4 Muhammad Zahril


Baca Juga :
- Obor Asian Games 2018, Hari Ini Tiba di Garut
- Catat, 2 Mobil dan Ratusan Smartphone Menunggu Pemilik Tiket Asian Games 2018!

7 Muhammad Nurfais, 10 Muhammad Hadi

Cadangan : 1 Muhammad Firdaus (GK), 3 Ahmad Tasnim (4 Muhammad Zahril 65”) , 15 Muhamad Feroz, 12 Awang Muhammad (9 Muhammad Nizarrudin 74”). 19 Muahmmad Zafuan (10 Muhammad Hadi 87”), 21 Muhammad Syahmi

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA