#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Persib Harus Total Dukung Gomez
12 Juli 2018 21:27 WIB
BANDUNG - Aktivitas Ajat Sudrajat tidak pernah lepas dari sepak bola. Selain menjadi instruktur kepelatihan, legenda Persib Bandung itu menjadi sutradara Persikasi Kabupaten Bekasi di Liga 3 Grup A Jawa Barat. Tapi dia tidak pernah melupakan Persib yang pernah membesarkan namanya. Selalu punya waktu untuk melihat denyut keseharian Maung Bandung yang pernah digendongnya jadi juara Divisi Utama Perserikatan 1986.

Bagaimana komentarnya soal sepak terjang Persib di Liga 1 musim ini? Berikut obrolannya dengan TopSkor di Lapangan Progresif, Bandung.

Persib sekarang berada di peringkat 7 jelang putaran pertama berakhir.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Kehilangan Persib Jelang Lawan Madura United
- Viola Kurniawati, Mencari Tantangan Baru Menjadi CEO PSS Sleman

Baguslah itu. Yang penting, di tahun pertama masa kerjanya, Mario Gomez tetap bisa menjaga posisi Persib tetap di 10 besar. Syukur-syukur bisa merangsek ke posisi lima, meski itu sangat sulit.

Akang tidak melihat Persib punya potensi juara di musim ini?

Saya belum melihat kekuatan Persib yang dahsyat untuk jadi yang terbaik di musim ini dan menjadi juara. Bahkan bersaing di lima besar juga sangat sulit. Persaingan antarkontestan dilima besar sangat ketat dan keras.

Apa indikator Persib sulit tembus lima besar dan jadi juara Liga 1 musim ini?

Kualitas pemain utama dan pelapisnya masih jomplang. Persib sering kalah jika pemain utamanya tidak bisa tampil di pertandingan wajib. Makanya komposisi pemain untuk tandang dan kandang selalu sama. Semestinya itu tidak terjadi kalau materi pemain Persib setara.

Pemain seperti apa yang dibutuhkan Gomez agar kualitasnya setara?

Gomez pasti sudah mempunyai pemain incaran untuk putaran kedua nanti. Dia sudah melihat pemain yang beredar di Liga 1. Dan memetakannya untuk timnya. Tinggal bagaimana manajemen memenuhi keinginannya mendatangkan pemain bati berdasarkan posisi yang diinginkannya.

Siapa pemain yang harus dilepas?

Para pemain tua yang sudah kalah bersaing harus dilepas. Masa mereka sudah habis untuk tampil di Liga 1 yang ketat dan panas ini. Umur tidak bisa dibohongi. Teknik oke tapi kecepatan dan daya tahan tidak mendukung buat apa? Piala Dunia Rusia sudah membuktikan. Tim dengan pemain muda dan generasi emas yang masih bertahan di semi final.

Pemain anyar bisa direkrut agar gelar juara bisa diraih?

Saya tetap belum yakin Persib bakal juara di musim ini, meski pemain baru sukses didatangkan. Karena skema dan taktikal yang utama dalam perburuan gelar juara.  Saya melihat Gomez masih agak ragu menyerang frontal. Makanya masih memakai satu striker. Itu bisa membuat Persib kurang agresif. Dan berimbas pada hasil pertandingannya.

Musim depan waktu yang pas buat Persib juara Liga 1?

Kalau melihat dari hasil yang diraih Persib saat ini, Gomez sudah bagus menjadi pelatih Persib. Dia juga sudah meletakkan fondasi yang kuat untuk musim depan. Tinggal keselarasan dan harmonisasi pelatih dengan manajemen tim. Intinya Gomez haus didukung habis-habisan. Jangan diganggu kinerjanya.

Saran buat Persib?

Saya ingin pemain yang ada di Persib punya mental yang kuat. Nyalinya tidak pernah redup. Tidak pernah takut teror penonton saat tandang. Itu penting untuk membesut prestasi dan tampil kompetitif disemua laga wajib. Teknik bagus tapi mental melempem, sama saja bohong. Bakal membuat macet permainan tim.

Masih ada pemain seperti itu di Persib?


Baca Juga :
- Arema Lega Duel Big Match lawan Persib Tidak Jadi Digelar 28 Agustus
- Reaksi Robert Alberts Setelah Persib Diimbangi Tira Kabo

Hahahaha (tertawa). Kalau ada pemain yang sering mengambil kartu kuning agar absen di laga yang berat dan jauh, itu tanda mentalnya jelek. Pemain seperti itu, baik lokal maupun asing, sebaiknya jangan dipakai lagi. Putusin kontraknya.

 

BERITA TERKAIT

news
tukang tulas tulis persib bandung
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA