#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Menjaga Momentum Positif
14 Agustus 2018 04:13 WIB
QINGDAO – Tim Hansaplast TopSkor Indonesia (TSI) U-14, membukukan kemenangan perdana dalam Gothia Cup Cina 2018. Menghadapi tuan rumah Fayouhui FC, Dicky Daniel dan kawan-kawan menang besar, enam gol tanpa balas. Karenanya TSI U-14 memuncaki klasemen Grup 5 kategori Boys 14. 

Meski tampil dengan kekuatan terbaik, kemenangan tidak didapat dengan mudah. Butuh waktu 15 menit untuk merusak pertahanan lawan, sehingga terjadinya gol pembuka. Pelatih TSI U-14 Indriyanto Nugroho, menilai tim seharusnya bisa menang dengan jumlah gol lebih banyak. 

Menurut pengamatan tim pelatih, demam panggung menjadi kendala utama. “Sejujurnya, ini bukan cara bermain yang tim pelatih harapkan. Anak-anak bisa main lebih baik dari ini. Mungkin karena persoalan mentalitas atau gugup, sebab ini pertandingan pertama,” kata Indriyanto. 


Baca Juga :
- Fullback Kanan Modern
- LTS Bandung : Ayah Tularkan Bakat Sepak Bola

Sebagai solusi, Indri akan intensif menjalin komunikasi persuasif atau bicara empat mata dengan pemain. Bila setiap individu punya mental bagus, niscaya mentalitas tim akan ikut terkatrol. Dalam ajang internasional, mental sering menjadi kendala. Namun, hal itu dianggap wajar, sebab jam terbang pemain masih minim.
 
Kemenangan pada laga perdana setidaknya bisa menjadi moril yang bagus. Motivasi pemain diyakini akan meningkat. “Kuncinya adalah bermain tenang, jangan pikirkan berapa gol yang harus diciptakan tapi bagaimana memenangkan pertandingan lewat permainan yang sesuai keinginan pelatih,” kata Indri.

Adapun gol-gol TSI U-14, yang adalah pemain seleksi Liga TopSkor U-13 musim ini, tercipta lewat aksi Resa Aditya, Aaron Byron, Diandra Diaz, Muhammad Akiel Marjik, dan Dicky Daniel. Gol pembuka dari Resa memberi pengaruh pada pemain lainnya, sebab gol ini tercipta lewat skema apik. 

Untuk laga kedua menghadapi CY No.15 MS, Selasa (14/8) siang ini, rotasi starter akan diberlakukan. Ini sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri pemain yang sebelumnya tampil sebagai pengganti. Secara perlahan, Indri ingin semua pemain mencapai puncak performa dari laga ke laga.

“Dengan durasi pertandingan tidak begitu lama, sebisa mungkin kami harus mencetak gol cepat. Jangan sampai lawan yang mencuri momen itu, dan membuat kami justru tertekan karena tertinggal. Saya tekankan kepada pemain untuk fight tapi juga harus pintar dalam mengatur stamina supaya tidak cepat habis tenaga,” ujar Indri.*Furqon Al Fauzi

 

Hasil Pertandingan Grup 5
Senin, 13 Agustus 2018 
Fayouhui FC 0-6 TSI U-14
CY No. 15 MS 0-2 AC Academy

Jadwal Pertandingan Grup 5 
Selasa, 14 Agustus 2018 
AC Academy vs Fayouhui FC
TSI U-14 vs CY No. 15 MS

 

Klasemen Sementara Grup 5

No

Klub

Mn

M

S

K

SG

P

1.

TSI U-14

1

1

0

0

6-0

3

2.

AC Academy

1

1

0

0

2-0

3

3.

CY No. 15 MS

1

0

0

1

0-2

0

4.

Fayouhui FC

1

0

0

1


Baca Juga :
- Kecerdikan Pelatih Meracik Strategi
- LTS Bandung : Tim Mapan Unjuk Gigi

0-6

0

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA