#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Haornas di Ternate: Momentum Evaluasi Olahraga Nasional
07 September 2018 15:25 WIB
TERNATE - Tari soya soya mengawali kegiatan gebyar Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 di Ternate, Maluku Utara, Jumat (8/9). 

Gebyar Haornas di Gedung Dhuafa Center Kota Ternate ini berbeda dengan edisi sebelumnya. Ini kali pertama sepanjang sejarah Haornas  yang sudah 35 kali digelar diluar Pulau Jawa. 

Keterlibatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga memberi warna tersendiri. Mereka terlibat aktif dengan memamerkan karyanya yang bermanfaat bagi masyarakat.


Baca Juga :
- Diikuti 32 Tim, Kejurnas Voli U-17 2018 Dimulai
- Charity for Palu, Donggala, dan Sigi demi Bangkitkan Spirit Anak Muda

Dari SKPD Kemenpora misalnya menampilkan stan Museum Olahraga Nasional. Di tempat ini dihamparkan foto-foto para peraih medali emas Indonesia di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. 

Ada juga kegiatan olahraga tradisional serta promosi Asian Para Games 2018 yang akan digelar di Jakarta pada 6-13 Oktober. Pun perlengkapan olahraga yang pernah dipakai para legendaris atlet nasional Indonesia.

Sebut saja Rudi Hartono yang menghibahkan raket dan sepatunya ketika ia menjuarai All England 8 kali. Sepasang raket peraih medali emas Olimpiade Barcelona Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti.

Atlet binaraga Levi Rumbewas yang kondang pada tahun 1980-an juga tak ketinggalan menghiasi pernak pernik Museum Olahraga Nasional. Dia menghibahkan 4 keping medali yang diraihnya di pentas internasional.

Atlet renang disabilitas Abdul Azis juga memperkaya museum yang berdiri di Jakarta itu dengan 3 medali emas yang diraihnya di Asian Para Games 2015 Singapura.

Menurut Juhantika, kurator koleksi museum, tempat ini untuk mengapresiasi para atlet nasional yang berprestasi. Nama besar dan prestasi mereka kata Juhantika akan dikenang dan bisa menjadi inspirasi bagi pecinta olahraga.

"Kedepan Museum Olahraga akan menggunakan aplikasi Siji. Jadi bisa dilihat langsung di smartphone, apa saja yang ada di Museum Olahraga Nasional," ujar Juhantika.

Raden Isnanta, Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dalam sambutannya mengaku terkejut dengan giat Gebyar Haornas ini.

Menurut Raden Isnanta Gebyar Haornas ini lebih meriah dari  sebelumnya. Terutama dari segi partisipasinya. SKPD ikut mamerkan karyanya yang bisa jadi edukasi bagi masyarakat.

"Ini bisa menjadi inspirasi. Ini pendidikan lapangan, anak-anak sekolah mesti diperkenalkan tempat ini. Banyak hal yang bisa menjadi inspirasi buat mereka," imbuh Isnanta.

Isnanta menambahkan, Haornas merupakan momentum terbaik untuk evaluasi olahraga nasional. 

"Kita harus menatap menatap lebih optimis ke depan dengan tema: Ayo Membangun Olahraga Indonesia. Artinya olahraga membangun semua lini. Dalam kontek olahraga membangun kegiatan dan prestasi olahraga," kata Isnanta.


Baca Juga :
- Komisi X DPR RI Dukung Sepeda Nusantara
- Permainan Kolongan Selingi Sepeda Nusantara Kendal

Sementara itu Wali Kota Ternate Burhan Abdulrahman menyebut Harornas ini menjadi sesuatu yang positif bagi perkembangan olahraga di Ternate khususnya dan Indonesia umumnya.

"Haornas itu bisa dijadikan pembangunan karakter dan mental. Untuk itu pentingnya disiplin, sportivitas dan sinergitas untuk meningkatkan sebuah prestasi," kata Burhan.

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA