#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Mencari Batas Kekuatan Fisik dan Mental
19 September 2018 04:22 WIB
ADVENTURE racing adalah kegiatan yang menggabungkan dua aktivitas, berolahraga sambil berpetualang di alam bebas. Peserta yang terdiri dari sejumlah regu atau perorangan akan berlomba melibas medan berat yang di beberapa lokasi bahkan tidak pernah dilewati manusia sebelumnya.
 
Adventure racing adalah eksplorasi, ekspedisi, dan pencarian orang-orang yang selalu lapar akan petualangan. Karena bersifat lomba, adventure racing tentu memiliki sederet aturan. Namun, adventure racing adalah olahraga yang memerlukan kreativitas, kekuatan fisik, ketahanan mental, kerja sama tim, dan pengalaman.

Esensi dari adventure racing sejatinya bukan hanya soal siapa yang tercepat atau terkuat. Ini olahraga petualangan yang lebih terkait soal hubungan antarpersonal. Ketimbang finis sepersekian detik lebih cepat, para peserta adventure racing akan start dan finis bersama-sama dalam kelompok sekitar 10-an orang hingga sampai ratusan.     

Selain beregu – beranggotakan dua sampai lima orang – adventure racing biasanya juga melombakan kategori perorangan. Sebuah lomba adventure racing umumnya terdiri dari tiga disiplin olahraga dan satu tahapan petualangan.  


Baca Juga :
- Lise Leveille : Beralih sebagai Dokter Anak
- Yao Ming : Si Raksasa yang Sukses

Foot travel biasanya berbentuk lari, trekking, atau melibas lintasan berbatu dan bukit, tergantung posisi geografis lomba. Berikutnya ada bersepeda, bisa sepeda gunung atau untuk tim bisa di jalan aspal. Bahkan, bisa saja bersepeda dilakukan di lintasan tunggal off-road.

Disiplin ketiga adalah mendayung berupa kano, kayak, arung jeram. Medan lomba bisa di sungai berarus deras atau biasa, dan bahkan laut. Terakhir adalah navigasi, tahapan paling unik dari adventure racing. Di sini, tim-tim harus mencari jalan dengan menggunakan peta dan kemampuan membaca kompas. Tidak ada tim yang memiliki jalur sama persis. Strategi menjadi hal terpenting pada fase ini.

Terkait durasi lomba, umumnya adventure racing terbagi menjadi tiga atau empat kategori. Ada sprint races dengan berdurasi 3-6 jam yang ideal untuk pemula. Lalu one day adventure race yang bisa memerlukan 12 sampai 24 jam dan sering dijadikan lomba tahunan. Multi-days races biasanya untuk lomba berdurasi lebih dari 30 jam.
Terakhir, expedition races yang bisa memakan waktu 4-10 hari nonstop di alam terbuka. Jenis ini lebih banyak unsur petualangan ketimbang lomba.

Tidak adanya bantuan dari panitia (namun dari tim lain boleh), anggota tim yang harus terus bersama di setiap tahapan lomba (maksimal jarak antaranggota adalah 50 meter), hingga setiap tim harus membawa semua peralatan wajib, hanyalah sebagian aturan wajib dalam adventure racing.

Untuk lomba yang panjang, multi-days races dan expedition races, biasanya akan ada sejumlah titik pemeriksaan atau check point di tahapan-tahapan lomba. Pemenang lomba adalah mereka yang masuk finis lebih cepat.

Ketahanan tubuh menjadi salah satu faktor penting dalam mengikuti adventure racing. Beraktivitas olahraga ekstrem dengan kondisi udara dingin lalu ditimpa panasnya sinar matahari tentu cepat menguras stamina seseorang.
Calon peserta bisa berlatih dengan mengikuti lomba lari, bersepeda, dan mendaki gunung untuk membiasakan menghadapi tekanan fisik dan beragamnya tantangan medan dalam adventure racing.

Jangan lupa juga berlatih dalam kondisi suhu maupun cuaca yang bervariasi. Untuk menghadapi tantangan dan berolahraga dalam cuaca dingin, panas, lembab, peserta juga bisa melatih pernapasan. Salah satunya melakukan yoga. Yoga juga dapat membuat tubuh menjadi rileks saat seseorang menjalani petualangan dan nyaman ketiga berolahraga.

Peserta adventure racing ini kebanyakan datang dari keluarga, komunitas olahraga, dan bahkan para atlet kelas dunia. Olahraga yang mengedepankan kekuatan fisik dan strategi ini sudah dijalankan sejak 1980. Ajang Alpine Ironman di Selandia Baru disebut-sebut pionir olahraga adventure racing. Kini, adventure racing bahkan memiliki organisasi resmi dunia, OCR, yang berdiri pada Mei lalu.*CR6
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Baca Juga :
- Manisnya Sugarpova
- Nova Sukses karena Barang Bekas

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA