#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Bukan untuk Menonjolkan Sensualitas
20 September 2018 04:22 WIB
OLAHRAGA pole dance memang terasa sangat asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, olahraga yang mengedepankan nilai estetika ini mulai dirambah oleh masyarakat ibu kota. Perkembangannya memang tidak begitu terlihat. Namun, dipercaya dapat memperindah dan memberikan kebugaran tubuh menjadi alasan utama mengapa pole dance mulai diminati di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir.
 
Sebelumnya, banyak yang mengidentikkan pole dance dengan tarian striptis. Padahal, pole dance adalah murni olahraga. Dilakukan untuk membentuk tubuh sekaligus mendongkrak kebugaran. Sedangkan dalam striptis, seseorang – biasanya wanita – akan menari (juga dengan media pole) untuk kemudian melepas pakaiannya satu per satu hingga telanjang.  

Kini, perlahan sudut pandang masyarakan terhadap pole dance telah bergeser jauh. Pole dance bahkan telah berkembang menjadi satu jenis cabang olahraga.

Selain sudah menjadi menu wajib hampir di berbagai pusat kebugaran (fitness center), kejuaraan-kejuaraan pole dance kini lumrah digelar di negara-negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Australia. Bahkan, Federasi Pole Dance AS (USPDF) sudah rutin menggelar kejuaraan resmi sejak Maret 2009 lalu.
 
Pole dance diartikan sebagai tarian dengan media sebuah tiang (pole dalam Bahasa Inggris) vertikal. Gerakan-gerakan dalam pole dance merupakan gabungan antara tarian, senam, hingga akrobat. Dalam perkembangannya, pole dance bisa dilakukan oleh lebih dari satu orang dengan beberapa tiang sekaligus. Besarnya manfaat pole dance untuk kebugaran dan pembentukan turun membuat olahraga ini digemari baik oleh wanita maupun pria.


Baca Juga :
- Mencari Batas Kekuatan Fisik dan Mental
- Saatnya Hobi Berlari Tidak Ganggu Aktivitas Harian

Cikal bakal dari pole dance sejatinya sudah muncul paling tidak delapan abad lalu. Adalah olahraga tradisional India, malakhamb, yang juga menggunakan media tiang dalam melakukan gerakan-gerakannya. Gerakan-gerakan dalam olahraga malakhamb sangat bergantung pada kekuatan dan ketahanan tiang kayu.

Atlet malakhamb pria biasa melakukan sejumlah trik yang menentang gravitasi. Contohnya saat mereka melompat dari satu tiang ke tiang lainnya.

Di AS, pole dance disebut-sebut mengadopsi kelompok tari yang terdiri dari tiga wanita dengan nama panggung Little Egypt. Mereka melakukan perjalanan pada sekitar 1890-an dan menampilkan beberapa tarian sensual yang memikat publik AS.

Sekitar era 1920-an, para penari di AS mulai menggunakan pole untuk menambah sensualitas gerakan-gerakan mereka. Pada era 1980-an, tarian pole mulai memasukkan gerakan-gerakan atletik seperti memanjat, berputar dan membalikan badan, yang diperkenalkan pertama kali di Kanada dan AS.

Meskipun terlihat mudah melakukan gerakan tari ini mempunyai kesulitan tersendiri. Pada kenyataannya gerakan-gerakan yang dilakukan sangat memerlukan daya tahan otot dan koordinasi yang signifikan. Latihan yang rutin sangat dibutuhkan dalam menguasai teknik serta gerakan pada olahraga ini.

Di Indonesia, instruktur tarian zumba Jun Ko Agus dan instruktur senam terkenal yang juga aktris Vicky Burki, adalah beberapa nama yang memopulerkan pole dance di Tanah Air. Selain mampu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, pole dance juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Terlebih, dalam pole dance juga terdapat gerakan-gerakan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan teknik koreografi.


Baca Juga :
- Menguji Fisik dan Mental dalam Quicksand
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium

Di Indonesia, belakangan pole dance juga menjadi salah satu menu olahraga wajib saat hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD). Saat ini, sudah banyak tempat atau komunitas pole dance yang tersebar di Indonesia.
Pole dance juga sebagai salah satu kegiatan alternatif bagi pencinta aerobik, balet, ataupun gym. Dengan mengandalkan kekuatan otot tangan dan kaki, kelenturan tubuh, dan dibumbui aksi-aksi akrobatik, pole dance memang bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin selalu energik dan memiliki bentuk tubuh bagus.*CR6

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA